sign up SIGN UP

Perlu Dicatat, Ini 5 Kesalahan Eksfoliasi yang Bisa Sebabkan Iritasi pada Ibu Hamil!

Pangastryan Wisesa Pramudiah | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 15:30 WIB
Perlu Dicatat, Ini 5 Kesalahan Eksfoliasi yang Bisa Sebabkan Iritasi pada Ibu Hamil!
caption
Jakarta -

Beauties, tahu nggak sih, kalau sel kulit mati pada wajah, akan terus menumpuk jika nggak dibersihkan? Akibatnya, kulit wajah akan terlihat kusam dan berjerawat. Duh, kalau hal ini terjadi, bisa-bisa, jadi nggak percaya diri lagi, deh!

Nah, ternyata  permasalahan kulit tersebut, juga banyak dirasakan oleh ibu hamil (bumil), lho, Beauties. Apalagi saat hamil, hormon androgen akan mengalami peningkatan, sehingga membuat kulit ibu hamil menjadi kusam, dan berjerawat. Untuk mengatasinya, kamu harus rutin melakukan perawatan kulit dengan eksfoliasi, Beauties.

Eksfoliasi sendiri, merupakan salah satu perawatan kulit yang bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhartikan bumil, agar nggak melakukan kesalahan saat eksfoliasi.

Kesalahan Eksfoliasi yang Malah Bikin Iritasi!

Kesalahan eksfoliasi/ Foto: Pexels: Piacquadio
Kesalahan eksfoliasi/ Pexels/ Piacquadio

Beauties, saat hamil, biasanya kulit akan lebih sensitif dari biasanya. Maka dari itu, sebelum melakukan eksfoliasi, kamu harus lebih teliti, agar nggak membuat kulit malah jadi iritasi! Berikut beberapa kesalahan eksfoliasi yang sering terjadi pada bumil:

1. Nggak Teliti Memilih Kandungan Eksfoliasi

Kandungan eksfoliasi/ Pexels/ Karolina Grabowska
Kandungan eksfoliasi/ Foto:pexels/ Karolina Grabowska

Beauties, kesalahan eksfoliasi pada bumil yang paling umum adalah nggak teliti terhadap kandungan produk yang digunakan. Masih banyak bumil yang nggak sadar, kalau selama hamil, kulit akan lebih sensitif, sehingga kandungan produk yang digunakan sebelum hamil, sebenarnya nggak cocok saat digunakan selama kehamilan.

Sebaiknya, kamu memilih kandungan eksfoliasi yang minim iritasi, seperti AHA yang berasal dari Mandelic Acid. Berdasarkan penelitian, Mandelic Acid sangat aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Bukan hanya karena nggak menyebabkan iritasi saja, tapi juga terbukti nggak membahayakan kesehatan janin, lho.

2. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Terlalu sering eksfoliasi/ Pexels/ Andrea Piacquadio
Terlalu sering eksfoliasi/ Foto:pexels/ Andrea Piacquadio

Terlalu sering melakukan eksfoliasi juga akan membuat kulit menjadi iritasi, lho. Jika dilakukan terlalu sering, baik oleh ibu hamil ataupun bukan ibu hamil,  akan membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, eksfoliasi sebaiknya dilakukan secara rutin 2-3 kali saja dalam seminggu, ya, Beauties!

3. Nggak Menggunakan Pelembab Setelah Eksfoliasi

Pelembab/ Pexels/ Cottonbro
Pelembab/ Foto:pexels/ Cottonbro

Ibu hamil sering mengabaikan penggunaan pelembab setelah melakukan eksfoliasi. Hal ini nggak baik untuk kulit wajah, karena kulit akan menjadi kering dan mudah iritasi, lho. Jadi untuk menghindarinya, gunakan pelembab setelah melakukan eksfoliasi, agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

4. Nggak Disiplin Pakai Dan Reapply Sunscreen

Sunscreen/ Pexels/ Moose Photos
Sunscreen/ Foto:pexels/ Moose Photos

Tahu nggak sih, eksfoliasi membuat sensitivitas kulit terhadap sinar matahari lebih meningkat, lho. Makanya penggunaan sunscreen setiap hari itu wajib, walaupun sudah rutin melakukan eksfoliasi. Nyatanya, masih banyak bumil yang nggak pakai sunscreen, karena merasa hanya melakukan aktivitas di dalam rumah. Duh salah besar, Beauties!

5. Menggunakan Eksfoliator yang Nggak Sesuai Jenis Kulit

Jenis eksfoliator/ Foto:pexels/ Monstera
Jenis eksfoliator/ Foto:pexels/ Monstera

Beauties penting, lho, untuk mengenali tipe kulit sebelum melakukan eksfoliasi. Hal ini akan menentukan, jenis eksfoliator apa yang cocok dengan tipe kulitmu. Jika kamu salah menggunakan eksfoliator, yang ada kulitmu akan iritasi!

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, gunakan physical exfoliator. Sedangkan, kulit kering dan sensitif, gunakan chemical exfoliator dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id