sign up SIGN UP

Ups! Ternyata Serum Wajah Nggak Akan Berguna Jika Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini, Lho!

Retno Wulandari | Beautynesia
Kamis, 05 May 2022 19:00 WIB
Ups! Ternyata Serum Wajah Nggak Akan Berguna Jika Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini, Lho!
caption
Jakarta -

Serum adalah salah satu jenis skincare yang berperan penting untuk merawat kulit wajah. Mengandung konsentrasi bahan aktif yang cukup baik, nggak heran jika skincare satu ini banyak diminati karena dipercaya memberi banyak keuntungan.

Alih-alih bantu mengatasi masalah kulit yang dihadapi, ternyata serum wajah nggak akan berguna alias sia-sia jika kamu masih melakukan empat hal ini, lho, Beauties. Apa saja? Dilansir dari Well and Good, berikut jawabannya!

Mengabaikan Eksfoliasi

Ilustrasi kesalahan menggunakan serum
Ilustrasi kesalahan menggunakan serum / Foto: Freepik @lookstudio

Eksfoliasi adalah salah satu tahap penting dalam merawat kulit wajah. Selain bekerja menyingkirkan sel-sel kulit mati, eksfoliasi juga bisa bantu serum yang kamu gunakan lebih mudah meresap ke kulit. Jika kamu nggak melakukan eksfoliasi, maka sel-sel kulit yang mati di permukaan kulit bisa membuat serum nggak meresap dengan sempurna.

Umumnya eksfoliasi dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu. Untuk menghindari kulit wajah bermasalah, pilihlah produk eksfoliasi yang cocok dan sesuai dengan kondisi wajah kamu, ya, Beauties.

Urutan yang Salah

Ilustrasi kesalahan menggunakan serum
Ilustrasi kesalahan menggunakan serum / Foto: Freepik @yakobchuk

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat serum nggak bekerja maksimal adalah urutan dalam mengaplikasikannya yang salah.

Umumnya tahapan skincare dimulai dengan cleanser, berlanjut ke tahapan eksfoliasi jika perlu, lalu toner, kemudian serum. Jika kamu melakukan tahapan skincare dengan benar, semua produk skincare yang kamu gunakan pasti akan bekerja maksimal, khususnya serum.

Cara Mengaplikasikan Serum yang Salah

Ilustrasi kesalahan menggunakan serum
Ilustrasi kesalahan menggunakan serum / Foto: Freepik @freepik

Selain urutan pemakaiannya, kamu juga perlu memerhatikan bagaimana cara mengaplikasikan serum dengan benar agar bekerja maksimal. Hindari menggosok wajah saat mengaplikasikan serum karena berpotensi membuang produk serum.

Gantil cara pemakaian serum dengan menepuk-nepuk agar terjadi penetrasi yang baik ke dalam kulit wajah kamu, Beauties.

Mencampur Beberapa Produk

Ilustrasi kesalahan menggunakan serum
Ilustrasi kesalahan menggunakan serum / Foto: Freepik @freepik

Mencampur beberapa produk ternyata berpotensi menghilangkan manfaat dari bahan aktif yang terkandung dalam serum, lho. Selain itu, mencampur beberapa produk sekaligus juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Karena risikonya cukup berbahaya, sebaiknya pilih campuran formula yang sudah teruji pada sebuah produk serum. Jadi, buat kamu tipe yang suka mencampurkan beberapa serum, harus berhati-hati lagi, ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id