sign up SIGN UP

LIFE

Galau Cari Kerja? Persiapkan 5 Hal Ini untuk Fresh Graduate Sebelum Memasuki Dunia Kerja!

Ni Made Dwi Agustina | Senin, 19 Jul 2021 16:30 WIB
Galau Cari Kerja? Persiapkan 5 Hal Ini untuk Fresh Graduate Sebelum Memasuki Dunia Kerja!
Persiapan fresh graduate sebelum mulai bekerja/ sumber: freepik.com/ Jcomp

Lulus kuliah dengan nilai yang terbaik bukanlah akhir dari perjuangan kamu. Perjuangan yang sesungguhnya adalah saat memasuki dunia kerja. Pada akhirnya, para lulusan kuliah atau biasa disebut fresh graduate berbondong-bondong untuk melanjutkan ke dunia kerja untuk meneruskan cita-cita.

Dunia kerja tentunya akan berbeda dengan dunia perkuliahan. Ada banyak perbedaan antara dunia kerja dan dunia perkuliahan, salah satunya adalah dunia kerja mengharuskan kita untuk memiliki sikap professional dan loyalitas tinggi. Dunia kerja akan menentukan kehidupan di masa depan, sehingga banyak hal yang harus dipersiapkan untuk masuk dalam dunia kerja. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan para fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja.

Menyiapkan Mental

Mental yang baik untuk fresh graduate
Mental yang baik untuk fresh graduate/ sumber: freepik.com/ benzolx

Hal utama yang harus dimiliki para fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja adalah menyiapkan mental. Hal ini penting dilakukan karena suasana yang dihadapi tentunya akan berbeda dengan suasana pada saat diperkuliahan. Selain itu, menyiapkan mental juga berguna untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. Kamu harus siap beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, menghadapi berbagai persoalan-persoalan pekerjaan, bersedia dengan segala resiko yang dihadapi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, mental yang kuat sangat diperlukan untuk memasuki dunia kerja.

Punya Target

Fresh graduate menyusun target
Fresh graduate menyusun target/ sumber: freepik.com/ wayhomestudio

Seseorang di hidupnya pasti memiliki tujuan atau target yang hendak dicapai. Sama halnya sebelum memasuki dunia kerja, kita harus memiliki target untuk masa depan. Menentukan target bertujuan sebagai upaya memahami diri sendiri. Maksudnya, kamu bisa mengetahui pencapaian yang ingin diperoleh setelah masuk ke dunia kerja. Untuk itu, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Dengan demikian, pekerjaan yang kamu ambil tersebut dapat dijadikan sebagai ‘jembatan’ untuk mencapai target yang telah kamu tentukan untuk masa depan.

Membangun Kepribadian yang Baik

Sifat seorang fresh graduate
Sifat seorang fresh graduate/ sumber: freepik.com/ gpointstudio

Kepribadian yang baik juga salah satu hal yang penting sebelum memasuki dunia kerja. Kepribadian baik yang harus dimiliki adalah sikap jujur, bertanggungjawab, konsisten, rendah hati, gesit, dan masih banyak lagi. Memiliki kepribadian yang baik ini akan menghasilkan banyak keuntungan. Adapun keuntungan memiliki kepribadian yang baik, misalnya setiap pekerjaan yang kamu lakukan nantinya akan terasa lebih ringan sebab kamu bisa ikhlas menjalankan setiap pekerjaan yang diberikan. Lebih lanjut, kamu akan memperoleh kepercayaan dari berbagai pihak serta dapat memperluas networking yang akan mempermudah pekerjaan.

Giat Mengasah Kemampuan

Sikap yang dibutuhkan fresh graduate
Sikap yang dibutuhkan fresh graduate/ sumber: freepik.com

Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan yang berbeda-beda. Kemampuan itulah yang harus dikembangkan, termasuk di dunia kerja. Dunia kerja adalah dunia dimana kamu dapat menunjukkan eksistensi dirimu dan yang bisa ditunjukkan hanya kemampuan yang kamu miliki. Mengasah kemampuan menjadi ‘bekal’ yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftar lowongan kerja. Pelajari lebih lanjut kemampuan yang kamu miliki dan perbaiki jika ada kekurangan. Kamu harus yakin dengan kemampuan yang kamu miliki, jangan pernah berhenti belajar, karena di dunia kerja pun kamu akan terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan demikian, tetaplah giat mengasah kemampuan agar kamu memiliki kesiapan untuk bekerja.

Melakukan Riset

Informasi untuk fresh graduate
Informasi untuk fresh graduate/ sumber: freepik.com/ cookie_studio

Melakukan riset ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan kerja yang akan kamu pilih. Riset penting dilakukan sebelum kamu memasuki dunia kerja. Melakukan riset bertujuan untuk agar memiliki kenyamanan saat bekerja, sehingga kamu akan lebih mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan kerja tersebut. Kamu bisa memulai riset dengan mencari info loker yang diinginkan, mencatat kantor atau perusahaan yang berhasil didapatkan, kemudian mencari informasi terkait kantor atau perusahaan tersebut melalui official website maupun pengalaman dari seseorang. Lakukan riset ini dengan teliti agar kamu mendapatkan lingkungan kerja yang sesuai dengan keinginan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id