sign up SIGN UP

Capek Nggak Sih Jadi Bahan Gosip di Kantor? Coba Lakukan 5 Cara Ini Supaya Rekan Kerja Tak Lagi Membicarakanmu!

Justina Nur | Rabu, 18 Aug 2021 23:15 WIB
Capek Nggak Sih Jadi Bahan Gosip di Kantor? Coba Lakukan 5 Cara Ini Supaya Rekan Kerja Tak Lagi Membicarakanmu!
caption

Saat bekerja di sebuah perusahaan, tentu kita semua ingin memiliki hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja. Hubungan yang baik dengan rekan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja kita.

Hal ini karena saat bekerja, kita terhubung dengan hasil kerja dari rekan kerja kita. Jika hubungan pertemanan memburuk, maka hal ini bisa menurunkan kinerjamu. Salah satu hal yang bisa menurunkan kinerjamu adalah karena menjadi subjek gosip di kantor.

Tentu sangat menyakitkan jika mengetahui ada rekan kerja membicarakan sesuatu tentangmu di belakangmu. Tak cukup hanya sampai situ, gosip juga dapat merusak reputasi hingga karirmu. Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu mencegah menjadi subjek gosip di kantor. Ikuti yuk tips berikut ini, Beauties.

1. Jangan Bagikan Informasi Pribadi

Jangan Bagikan Informasi Pribadi
Jangan Bagikan Informasi Pribadi/Imdb.com/20th Century Fox

Jika kamu terlalu memberikan banyak informasi dengan rekan kerjamu, maka semua orang akan mengetahui hal-hal tentangmu yang mungkin tidak akan kamu sukai. Cobalah untuk berhati-hati membicarakan masalah keluarga, masalah pernikahan, detail tentang kehidupan cintamu, atau masalah keuangan yang sedang kamu hadapi.

2. Jangan Terlibat Hubungan Asmara dengan Rekan Kerja

Jangan Terlibat Hubungan Asmara dengan Rekan Kerja
Jangan Terlibat Hubungan Asmara dengan Rekan Kerja/Imdb.com/20th Century Fox

Jika kamu terlibat hubungan asmara dengan sesama rekan kerja di kantor, maka hal tersebut akan menempatkanmu pada risiko menjadi subjek gosip di tempat kerja. Bahkan, tanpa perlu membagikan informasi dengan rekan kerjamu, mereka justru langsung menyaksikannya di depan mata. 

Menjaga rahasia hubungan asmara memang sulit, terutama jika kamu dan kekasihmu ada di tim yang sama. Jika sudah terjadi, setidaknya berhati-hatilah saat berkencan. Jangan pamerkan hubunganmu di depan rekan kerja yang lain.

3. Tahan Emosimu

Tahan Emosimu
Tahan Emosimu/Imdb.com/20th Century Fox

Bagi sebagian orang, tidak ada yang lebih menghibur daripada melihat seseorang kehilangan kesabaran. Saat kamu emosi dan tidak dapat mengontrol kesabaran diri, maka rekan kerjamu akan bersemangat untuk mengamati wajah dan perilakumu. Setelah itu, mereka akan menghabiskan hari-hari berikutnya dengan kamu sebagai topik gosip selanjutnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, jika sesuatu di tempat kerja dapat membuat kamu kesal, luangkan waktu beberapa saat untuk menenangkan diri sebelum kamu mencoba mengatasinya. Jika kamu tidak bisa berbicara tanpa berteriak atau memaki, cobalah tunggu dulu sampai kamu bisa tenang untuk mengungkapkan pikiranmu.

4. Perhatikan Perilaku di Luar Kantor

Perhatikan Perilaku di Luar Kantor
Perhatikan Perilaku di Luar Kantor/Imdb.com/20th Century Fox

Kamu mungkin berpikir bahwa perilaku di luar jam kerja atau di luar kantor bukanlah urusan bos atau rekan kerjamu. Lagi pula, tidak ada yang akan mengetahuinya kecuali kamu memberi tahu mereka.

Akan tetapi, bisa saja, ada seorang rekan kerjamu yang kebetulan menyaksikan perilakumu. Kamu juga tak akan pernah tahu siapa yang akan kamu temui pada waktu yang tidak tepat.

5. Berpakaian yang Pantas

Berpakaian yang Pantas
Berpakaian yang Pantas/Imdb.com/20th Century Fox

Terlepas dari baik atau buruknya perilaku orang yang suka menilai dari penampilan, kenyataannya orang-orang memang suka bergosip tentang penampilan. Oleh karena itu, hal tersebut adalah alasan yang cukup untuk membuatmu berhati-hati dalam memilih pakaian untuk kerja.

Selalu kenakan pakaian yang sesuai untuk bekerja. Jika kamu ingin mencari aman, cobalah untuk menggunakan kemeja atau blouse yang dipadukan dengan celana bahan dengan potongan lurus yang ukurannya tepat dengan tubuhmu.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id