sign up SIGN UP

4 Mindset Keliru yang Sering Dimiliki oleh Kaum Jomblo tentang Hubungan Percintaan, Bisa Tebak?

Nadya Quamila | Senin, 22 Nov 2021 23:30 WIB
4 Mindset Keliru yang Sering Dimiliki oleh Kaum Jomblo tentang Hubungan Percintaan, Bisa Tebak?
4 Mindset Keliru yang Sering Dimiliki oleh Kaum Jomblo tentang Hubungan Percintaan/Foto: Pexels
Jakarta -

Ketika kamu sedang single alias jomblo dalam waktu yang cukup lama dan melihat hubungan romantis dari orang-orang sekitar atau dari pasangan yang kamu lihat di media sosial, mungkin timbul keinginan untuk menjalin suatu hubungan. Pernah merasakan hal ini, Beauties?

Mungkin rasanya manis dan indah ketika memiliki seseorang yang ada di sampingmu, memperhatikanmu, dan bisa berbagi kisah. Lalu timbul berbagai mindset tentang hubungan yang membuat kamu begitu menginginkannya.

Keinginan yang begitu kuat inilah yang terkadang bisa menimbulkan pemikiran atau mindset yang keliru tentang hubungan. Misalnya, kamu merasa tidak akan pernah kesepian ketika menjalin hubungan. Padahal faktanya, tidak seperti itu, lho, Beauties!

Lantas, mindset keliru apa saja yang sering dipikirkan oleh orang yang jomblo tentang sebuah hubungan? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Menjalin Hubungan Artinya Tidak Akan Pernah Merasa Kesepian

Pasangan akan berdiam dan mengabaikan dirimu dengan  tujuan membuatmu semakin merasa bersalah.Ilustrasi pasangan/Foto: Freepik.com/DCStudio/ Foto: Novianty Aulia

Tak sedikit yang mengira bahwa ketika berada dalam suatu hubungan, tidak akan ada yang namanya kesepian. Faktanya, tak sedikit orang-orang yang berada dalam hubungan, bahkan dalam ikatan pernikahan sekalipun, cenderung merasa lebih kesepian.

Memiliki pasangan tidak menjamin bahwa kamu tidak akan merasa kesepian. Bahkan, rasa sepi yang dialami mungkin lebih menyakitkan. Sebab, kamu memiliki pasangan namun tidak bisa terkoneksi dengannya. Menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak tepat pun bisa membuat kamu merasa kesepian.

Oleh karena itu, sebelum kamu berkomitmen pada suatu hubungan, pastikan bahwa kamu bisa 'menemani' dan merasa cukup dengan diri sendiri.

Pasangan Akan Membuatmu Bahagia dan Merasa Aman

Libra dan Aquarius adalah pasangan hidup yang cocokIlustrasi pasangan/Foto: Unsplash/Charly PN/ Foto: Raistamala Nediasani

Menjalin hubungan yang perhatian dan penuh kasih sayang tentu akan membuat kamu merasa aman, damai, serta bahagia. Hal ini menjadi salah satu yang didambakan oleh para jomblo di luar sana.

Namun bagaimana jika pasangan kamu adalah seorang yang pemarah, cuek, dan parahnya, kasar secara verbal maupun fisik? Tentu harapannya dalam memilih pasangan, kamu bisa mendapatkan sosok yang penyayang.

Namun, bukankah terkadang sifat asli seseorang baru terkuak setelah beberapa bulan atau tahun bersama? Jika sifat-sifat buruk yang tidak bisa ditolerir ada pada pasanganmu di masa depan, jangan ragu untuk segera mengakhiri toxic relationship tersebut ya, Beauties!

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Tidak perlu menunggu orang lain untuk menciptakan rasa aman, nyaman, dan bahagia. Pasalnya, semua hal tersebut bisa kamu rasakan dari dalam diri sendiri.

Berada dalam Hubungan Akan Membuatmu Merasa Berharga

Keuntungan Miliki Pasangan Lebih MudaIlustrasi pasangan/Foto: Freepik.com/lookstudio/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Jika kamu mencari pasangan hanya untuk membuat kamu merasa berharga, besar kemungkinan kamu akan berakhir dengan seseorang yang juga mencari hal yang sama.

Hubungan yang sehat hanya bisa terjadi ketika dua individu sudah merasa berharga akan dirinya masing-masing. Bukan berharap pada pasangan untuk memberikan rasa tersebut. Pemikiran bahwa kamu bisa mendapatkan rasa berharga tersebut dari pasangan adalah konsep yang salah besar.

Jika kamu merasa tidak berharga dan tidak layak dicintai, kamu akan terus merasa seperti itu, tidak peduli seberapa besar rasa cinta yang diberikan oleh pasangan. Bahkan, kamu mungkin akan merasa kesulitan menerima cinta tersebut karena merasa tidak pantas mendapatkannya.

Pasangan Mampu Melengkapi dan Mengisi Kekosongan

Foto : Manfaat dari Pacaran/freepik.com/freepikIlustrasi pasangan/Foto: Freepik/ Foto: Ratih Dewi

Mindset yang juga sering timbul ketika berada dalam suatu hubungan adalah kamu percaya bahwa pasangan mampu melengkapi dirimu dan mengisi kekosongan. Padahal, ini tidak benar, lho, Beauties!

Jika kamu membuat pasangan bertanggung jawab atas perasaan yang timbul, kamu mungkin akan malah merasa lebih hampa dan kosong. Hal tersebut karena kamu tidak punya kendali atas sikap dan tindakan dari pasangan.

Bukan tugas pasangan untuk mengisi kekosongan dalam dirimu. Kamu hanya akan merasa 'penuh' ketika kamu belajar untuk mencintai diri sendiri dan membagikan cinta yang ada dalam diri ke orang lain. Bukan menunggu cinta dari orang lain untuk melengkapi dan mengisi kekosongan dalam diri.

Jadi, sebelum memulai hubungan, cobalah untuk mencintai diri sendiri dan berdamai dengan perasaan dan masalah yang ada. Hal inilah yang menjadi kunci untuk menjalin hubungan yang sehat dan penuh kasih sayang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id