sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bukan Teman Biasa, Ini Ciri-ciri Perselingkuhan Emosional yang Harus Kamu Tahu!

Dian Aprilia | Sabtu, 22 May 2021 19:00 WIB
Bukan Teman Biasa, Ini Ciri-ciri Perselingkuhan Emosional yang Harus Kamu Tahu!
caption

Perselingkuhan bukan melulu dilakukan dengan hubungan seksual, melainkan bisa juga dengan hubungan emosional. Walaupun secara fisik tidak bertemu, tapi jika seseorang lebih fokus dan terikat secara emosional dengan orang lain selain pasangan, maka sudah tergolong perselingkuhan emosional.

Biasanya perselingkuhan emosional diawali dengan hubungan persahabatan. Mulanya mungkin hanya sekedar curhat, tapi lambat laun timbul chemistry, tertarik secara seksual dan pada akhirnya bisa kebablasan melakukan hubungan seksual. Berikut beautynesia.id telah merangkum ciri-ciri perselingkuhan emosional yang harus kamu tahu:

Sering Curhat

Sering curhat
Sering curhat/pexels.com

Jika setiap hari kamu sering mengobrol melalui chat, telepon atau video call dengan lawan jenis selain pasangan, maka kamu perlu berhati-hati. Sebab perilaku ini bisa menjadi gejala awal sebuah perselingkuhan. Apalagi jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan sembunyi-sembunyi dari suami.

Diperparah lagi jika hubungan tersebut dibumbui dengan saling curhat. Kamu terbiasa mengungkapkan masalah-masalah yang kamu hadapi termasuk masalah rumah tangga kepada orang tersebut. Sebaliknya, dia pun melakukan hal yang sama kepadamu. Hal ini menunjukkan ada keterikatan emosional yang cukup erat.

Sering Memikirkan dalam Waktu Lama

Sering memikirkan dalam waktu lama
Sering memikirkan dalam waktu lama/pexels.com

Coba cek apakah kamu sering memikirkan pria selain pasanganmu dalam waktu yang lama. Hal ini bisa jadi sinyal bahwa perasaanmu dengan pasangan sudah berkurang. Sebaliknya, kamu mulai ada rasa dengan pria lain. Apalagi jika muncul gejala-gejala seperti berdebar bak jatuh cinta. Sadari hal itu sesegera mungkin agar tidak berlanjut dan merusak hubungan rumah tanggamu.

Membandingkan dengan Pasangan

Membandingkan dengan pasangan
Membandingkan dengan pasangan/pexels.com

Perselingkuhan emosional juga kerap ditandai dengan sering membandingkan pria lain dengan pasanganmu. Apalagi jika kamu lebih sering menyoroti keunggulan pria lain dan menilai pasanganmu adalah pria yang buruk. Padahal, penilaian tersebut bisa jadi semu dan tidak selalu objektif.

Sebab pengenalan kamu dengan pria lain baru sebentar dan belum tahu menyeluruh mengenai kepribadiannya. Sadari bahwa setiap orang punya kelemahan dan kelebihan, termasuk suamimu. Cobalah untuk kembali mengingat kebaikan suami agar tidak tergoda menjalin hubungan dengan pria lain.

Saling Menyimpan Rahasia

Menyimpan rahasia
Menyimpan rahasia/pexels.com

Tanda lainnya adalah saling menyimpan rahasia dengan orang lain. Saat sudah memiliki suami atau pasangan, hendaknya bisa saling terbuka. Kalaupun ada hal yang perlu dirahasiakan, seharusnya tidak memilih lawan jenis atau pria lain. Kamu bisa memilih untuk bercerita pada keluarga, sahabat dan lainnya.  

Menghabiskan Banyak Waktu Bersama

Menghabiskan waktu bersama
Menghabiskan waktu bersama/pexels.com

Tanda terakhir adalah sering menghabiskan banyak waktu bersama. Saat sudah berkeluarga, sudah seharusnya banyak waktu yang dihabiskan dengan keluarga, anak-anak, dan suami. Jika pun menghabiskan waktu dengan orang lain, itu bukan karena alasan personal, melainkan lebih pada pekerjaan atau urusan bisnis.

Meski begitu, tidak ada alasan yang membenarkan perilaku menghabiskan banyak waktu bersama dengan pria lain dalam jangka waktu panjang. Sebab setiap pasangan harus menjaga keseimbangan dalam hidup, termasuk mengatur waktu antara keluarga, pekerjaan, dan pertemanan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id