sign up SIGN UP

BOLD MY LIPS

Kirana Kejora: Jika Masih Ada Kasih Sayang, Nggak Bakal Ada yang Namanya Kekerasan!

Rini Apriliani | Kamis, 25 Nov 2021 10:00 WIB
Kirana Kejora: Jika Masih Ada Kasih Sayang, Nggak Bakal Ada yang Namanya Kekerasan!
Pandangan Kirana Kejora Terhadap Kekerasan pada Perempuan/Foto: Instagram.com/kiranakejora
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, dari hari ke hari kasus kekerasan pada perempuan makin marak terjadi. Apalagi dalam suatu hubungan, hal ini sudah banyak sekali terjadi sampai memakan korban. 

Melihat hal ini, Tim Beautynesia sempat melakukan perbincangan santai dengan Kirana Kejora, seorang penulis perempuan, dimana ia aktif menuangkan beragam ide dan gagasannya dalam sebuah karya tulis.

"Saya turut prihatin. Perempuan jadi kelompok yang semakin termarjinalkan kalau saya lihat. Terlepas urusannya apa, tapi saat ini sudah semakin banyak kasus kekerasan terhadap perempuan," ujar Kirana Kejora saat dihubungi melalui WhatsApp, Rabu (10/11).

Ilustrasi Kekerasan dalam Rumah Tangga/Foto: Pexels.com/Alex GreenKekerasan Terhadap Perempuan/Foto: Pexels.com/Alex Green

Ia pun mengatakan jika di jaman saat ini, yang dibutuhkan adalah kasih sayang, bukan hanya cinta saja. Hal ini karena banyaknya kasus kekerasan yang bersumber dari hubungan asmara. 

"Di jaman ini, sudah butuh banyak sekali orang untuk menyadari apa arti kasih, jangan cinta saja. Karena kalau cinta kan lebih ke hasrat ya. Jadi yang saya lihat, kebanyakan kekerasan yang dialami oleh perempuan itu dari sisi asmara. Ada banyak luka, kesedihan, pasti ada unsur asmara di dalamnya," tambahnya. 

Ia pun menjelaskan, cara seperti apa yang akan dilakukannya ketika ada teman atau keluarga terdekat yang menjadi korban dalam kekerasan perempuan ini.

"Ketika teman saya mengalami kekerasan dalam hubungan, yang sudah parah banget ya, saya akan memberikan dua saran, yaitu take it or leave it. Apalagi jika jiwanya sudah benar-benar tertekan, saya akan sarankan untuk konseling. Tapi jika itu sudah dilakukan, dan psikis mentalnya sudah semakin parah, maka harus segera ditinggalkan," kata Kirana Kejora.

Hubungan adalah Kasih Sayang

Manfaat sebuah pelukanHubungan adalah Kasih Sayang/Foto: Freepik.com

Kirana Kejora kembali mengatakan, jika hubungan adalah kasih sayang. Saat ada salah satu pihak saja yang mulai memukul, maka hubungan tersebut sudah tidak sehat dan perlu ditinggalkan. 

"Dalam hubungan, jika ada salah satu saja yang memukul berarti itu sudah tidak sehat. Salah satu saja memukul, itu harus ditinggalkan. Artinya jika memang tidak bisa diperbaiki ya tinggalkan. Namanya hubungan itu untuk kasih sayang, bukan cinta aja. Jika masih ada kasih sayang, nggak bakal ada yang namanya kekerasan. Jadi saya akan memberikan pilihan itu kepada teman saya," kata Kirana.

Cari Tahu Tentangnya Sebelum Memutuskan untuk Bersama

RelationshipCari Tahu Tentangnya Terlebih Dahulu/Foto: Freepik.com/tirachardz

Demi memerangi dan meminimalisir kasus kekerasan perempuan yang marak terjadi di sekeliling kita, penulis perempuan ini menjelaskan jika sebelum kita memutuskan untuk bersama dan menjalin hubungan, penting untuk kita mencari tahu tentang dirinya terlebih dahulu.

"Ketika kita memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, kita harus tahu siapa dia. Cari tahu tentang dia. Karena tidak menutup kemungkinan dia juga mencari tahu tentang kamu. Terus bicarakan dengan baik, jaga diri dengan baik, jangan terlalu bucin juga, karena saat bucin terkadang kita sampai kehilangan akal. Lalu, jangan terlalu posesif sampai mengganggu dirinya, karena lelaki bisa menjadi muak. Care boleh, tapi care yang terlalu berlebihan akan menjadi boomerang untuk diri kita,"

Pesan Kirana Kejora untuk Mereka Korban Kekerasan 

Deretan Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Lingkungan Kampus Selama 2021Pesan untuk Korban Kekerasan/ Foto: Pexels/Engin Akyurt

Dalam sesi perbincangan bersama Tim Beautynesia, Kirana Kejora pun menyampaikan pesan untuk mereka yang menjadi korban kekerasan perempuan.

"Kembali lagi kita tetap koreksi diri. Sebelum kita memutuskan untuk berjalan dengan siapapun, menjalin hubungan, resmi maupun menikah. Kalau menurut saya cinta itu bisa tanpa alasan, tapi kalau untuk berjalan bersama butuh 1001 alasan. Untuk yang belum atau sudah terjadi, menurut saya penting untuk pakai logika. Cinta itu berhitung, berjalan bersama dengan seseorang itu harus berhitung. Karena saat ini berbeda dengan dulu," ucap Kirana Kejora.

Terakhir, ia menambahkan jika penting untuk kita tidak meneruskan sebuah hubungan yang dapat membuat luka. 

"Kita harus pakai logika aja deh, buang perasaan-perasaan yang membuat kita sakit. Asmara itu hanya bagian dari hidup, bukan tujuan. Hidup ini terlalu luas jika hanya sekadar soal asmara. Jika kita hanya berharap pada asmara, pada cinta, kita bisa tersakiti. Ketika satu kali kamu tersakiti, lebih baik tinggalkan. Jangan pernah meneruskan sebuah hubungan yang pernah membuat luka," tutupnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id