sign up SIGN UP

BOLD MY LIPS

Dea Aurora: Apapun Kesalahannya, Dihukum dengan Kekerasan Bukanlah Cara yang Tepat!

Rini Apriliani | Selasa, 23 Nov 2021 12:30 WIB
Dea Aurora: Apapun Kesalahannya, Dihukum dengan Kekerasan Bukanlah Cara yang Tepat!
Pandangan Dea Aurora Founder Sadar Ibu Terhadap Kekerasan pada Perempuan/Foto: Dok. Dea Aurora
Jakarta -

Kasus kekerasan pada perempuan makin marak terjadi. Tidak perlu jauh-jauh, hal ini dapat dengan mudah ditemui di sekeliling kita. Salah satu yang sering dijumpai adalah kasus kekerasan dalam rumah tangga.

Jika masih dalam status pacaran, mungkin tidak terlalu banyak pertimbangan untuk lepas dari zona ini. Namun, berbeda halnya dengan kekerasan dalam rumah tangga. Dimana perlu banyak pertimbangan, salah satunya masalah anak untuk keluar dari zona menyesakkan hati tersebut.

Pelajaran Berharga dari Abusive RelationshipKekerasan pada Perempuan/ Foto: Freepik.com

Dalam Campaign #Bold My Lips, Tim Beautynesia sempat berbincang santai dengan Dea Aurora, selaku founder dari Sadar Ibu, yang merupakan support system platform untuk teman-teman perempuan, supaya tidak merasa sendirian dan lebih optimal dalam menjalankan perannya.

"Saya pribadi pastinya sangat sedih melihat fakta bahwa masih banyak kasus kekerasan dalam rumah tangga. Namun saya paham, tidak mudah bagi para korban untuk keluar dari hubungan tersebut," ujar Dea Aurora, saat dihubungi melalui WhatsApp, Jumat (19/11).

Ia pun menjelaskan, cara seperti apa yang akan dilakukannya ketika ada teman atau keluarga terdekat yang menjadi korban dalam kekerasan perempuan ini.

"Saya akan meminta mereka untuk mengambil gambar (foto) bekas luka atau tanda hasil kekerasan yang dilakukan oleh pelaku setiap hari (agar terlihat perubahannya) dan mengirimkan ke orang yang mereka percaya dan merasa nyaman untuk bercerita. Kemudian memberikan akses kepada korban untuk menghubungi jasa psikolog semampu mereka. Karena korban kekerasan seringkali mengalami trauma dan mereka butuh dikuatkan kembali sehingga bisa tau apa langkah selanjutnya yg bisa mereka ambil," jelasnya.

Edukasi Adalah Salah Satu Cara untuk Meminimalisir Kasus Kekerasan pada Perempuan

Pelajaran Berharga dari Abusive RelationshipKekerasan pada Perempuan/ Foto: Freepik.com

Demi memerangi dan meminimalisir kasus kekerasan perempuan yang marak terjadi di sekeliling kita, Dea Aurora menjelaskan jika edukasi tentang peran mereka di lingkung sosial dan di dalam rumah tangga penting untuk dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. 

"Edukasi. Buat saya edukasi untuk perempuan dan laki-laki tentang peran mereka di lingkup sosial dan juga di dalam rumah tangga adalah hal yang krusial. Edukasi tentang power yang mereka punya dan bagaimana menggunakannya dengan baik,"

Tak perlu dinanti-nanti, menunggu waktu, dan sebagainya. Ia menyampaikan jika edukasi ini penting untuk dilakukan sedini mungkin.

"Dan edukasi ini bisa dilakukan dari sedini mungkin," tambahnya.

Pesan untuk Korban Kekerasan dari Dea Aurora, Founder Sadar Ibu

Pelajaran Berharga dari Abusive RelationshipKekerasan pada Perempuan/ Foto: Freepik.com

Dalam sesi perbincangan bersama Tim Beautynesia, Dea Aurora pun menyampaikan pesan untuk mereka yang menjadi korban kekerasan perempuan. 

"Saya ingin teman-teman perempuan tau bahwa kamu berharga. Kamu tidak sempurna dan bisa melakukan kesalahan namun apapun kesalahannya, dihukum dengan kekerasan bukanlah cara yang tepat. Apabila kamu sudah sering menerima kekerasan, itu tidak mengurangi nilai diri kamu. Kamu tetap berharga dan kamu berdaya. Kamu mampu dan berhak memutuskan jalan hidup kamu," tutupnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id