sign up SIGN UP

FASHION

7 Tips Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Yuk Coba!

Fauziana Hilda | Sabtu, 19 Sep 2020 23:00 WIB
7 Tips Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Yuk Coba!
caption

Kamu ingin mewarnai rambut sendiri di rumah, Ladies? Bisa kok, caranya juga enggak terlalu sulit.

Yuk simak informasinya di bawah ini!

Hindari Mengubah Warna Rambut Secara Drastis

Jangan Melakukan Perubahan Warna Rambut yang Drastis
Hindari Merubah Warna Rambut Secara Drastis/ Foto: Freepik.com

Tips pertama sebelum mewarnai rambut adalah hindari merubah warna rambut secara drastis. Jika kamu ingin merubah warna rambut lebih dari tiga warna, sebaiknya temui ahlinya.


Rambut berwarna cerah umumnya membutuhkan dasar yang terang dan menjadi sangat gelap jika warna cat rambut tidak merata. Kamu bisa mengunjungi salon rambut jika ingin melakukan perombakan yang ekstrem.

Beli Pewarna Rambut Lebih dari Satu Box

Beli Pewarna Rambut Lebih Dari Dua Warna
Beli Pewarna Rambut Lebih Dari Dua Warna/ Foto: Freepik.com

Jika kamu memiliki rambut yang panjang, kasar atau tebal, disarankan untuk membeli lebih dari dua pewarna rambut. Hal ini untuk menghindari warna rambut yang tidak merata saat melakukan proses pewarnaan rambut. 

Pilih Warna Rambut yang Cocok

Pilih Warna Rambut yang Cocok
Pilih Warna Rambut yang Cocok/ Foto: Freepik.com

Tips untuk mewarnai rambut sendiri selanjutnya adalah memilih warna rambut yang cocok. Sebaiknya pilih warna rambut berdasarkan warna kulit kamu.

Banyak merek pewarna rambut yang menawarkan beberapa corak warna. Panduan warna yang terdapat di dalam kotak biasanya akan memberitahu warna hangat atau sejuk yang cocok untuk warna rambut kamu. 

Lakukan Satu Atau Dua Uji Tempel

Lakukan Satu Atau Dua Uji Tempel
Lakukan Uji Tempel/ Foto: Freepik.com

Sebelum memulai pewarnaan rambut, sebaiknya kamu lakukan uji tempel pada kulit untuk memastikan pewarna rambut tidak memberikan reaksi alergi atau efek samping pada kulit. Uji tempel dilakukan pada bagian kecil rambut yang tersembunyi. Kamu perlu juga memperhatikan tekstur rambut saat melakukan uji tempel tersebut.

Semakin halus rambutmu, maka akan semakin cepat warnanya berkembang. Jika kamu memiliki tekstur warna rambut yang lebih kasar dan kering, kamu bisa melakukan pewarnaan sesuai waktu yang disarankan di kotak cat rambut. 

Hindari Menggunakan Sampo

Hindari Menggunakan Sampo
Hindari Menggunakan Sampo/ Foto: Freepik.com

Jika kamu melakukan pewarnaan rambut setengah permanen atau permanen, disarankan untuk satu atau dua hari tak menggunakan sampo sebelum mewarnai rambut. Proses ini memungkinkan munculnya minyak alami kulit kepala yang bertindak sebagai penghalang terhadap iritasi. Kamu juga bisa mengoleskan Vaseline atau krim kental ke garis rambut untuk mendapat perlindungan ekstra sebelum melakukan pewarnaan.

Membagi Bagian Rambut

Membagi Bagian Rambut
Membagi Bagian Rambut/ Foto: Freepik.com

Dalam proses pewarnaan rambut, tentu ada beberapa strategi yang perlu kamu ikuti. Sebelum mewarnai rambut, mulailah membelah rambut menjadi empat bagian yang sama dimulai dari belakang. Kamu akan mendapat dua bagian di depan telinga dan dua di belakangnya. 

Kemudian, mulai mengaplikasikan pewarna pada akar terlebih dahulu. Lalu, aplikasikan pewarna dari belakang ke depan untuk memastikan pewarna menempel di bagian belakang rambut paling lama.

Warnai dua area garis rambut depan pada akhir pewarnaan. Sisir pewarna rambut yang sudah menempel selama sepuluh menit terakhir pemrosesan, sehingga warna rambut terlihat sedikit lebih terang dari rambut asli kamu. 

Tunggu Beberapa Saat Sampai Rambut Berubah Warna

Tunggu Beberapa Saat Sampai Rambut Berubah Warna
Tunggu Beberapa Saat/ Foto: Freepik.com

Setelah proses pewarnaan rambut, biarkan rambut tidak tertutup selama waktu yang ditentukan dalam petunjuk. Untuk memastikan pewarna rambut sudah rata, kamu bisa taburkan sedikit air di kepala sebelum dibilas. Taburkan air dengan menggunakan tangan, hindari garis dan goresan yang keras agar air tidak meresap.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id