sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Sayang untuk Dilewatkan, 3 Film Jepang Ini Membahas Soal Mental Health, Lho!

Aqida Widya | Kamis, 15 Jul 2021 22:00 WIB
Sayang untuk Dilewatkan, 3 Film Jepang Ini Membahas Soal Mental Health, Lho!
Drama Jepang/ Foto: mydramalist.com

Ternyata nggak hanya film Korea saja nih, Beauties yang seru buat ditonton, tapi film Jepang juga oke nih buat ditonton selama PPKM Darurat supaya nggak bosan di rumah saja. Sama halnya dengan film atau drama Korea yang punya banyak genre, film maupun drama Jepang juga sama.

Nah, kali ini Beautynesia mau merekomendasikan film dan drama Jepang yang mengangkat isu mental health. Buat yang penasaran, yuk langsung baca ulasannya!

1.Ordinary Miracles

Drama jepang tentang mental health
Drama Jepang/Foto: mydramalist.com

Drama Jepang yang bertemakan tentang mental health pertama adalah Ordinary Miracles atau dalam bahasa Jepang disebut Arifureta Kiseki. Drama berjumlah 11 episode ini menceritakan tentang Ryo Kase dan Yukie Nakama yang berhasil menyelamatkan seorang pria yang hendak bunuh diri. Ketika ditanya kenapa ingin bunuh diri, pria tersebut justru mengatakan ia tidak ingin bunuh diri, namun Ryo Kase dan Yukie Nakama bisa merasakan bahwa sebenarnya pria tersebut memiliki luka emosional yang dalam sama seperti mereka. Intinya, drama ini ingin menyampaikan pesan bahwa seseorang yang di luar terlihat baik-baik saja, tapi sebenarnya jauh di dalam hati mereka menyimpan luka emosional yang dalam. 

2. Welcome to The Quiet Room

Film jepang tentang mental health
Film Jepang/Foto: mydramalist.com

Film Jepang yang satu ini mengisahkan tentang seorang penulis lepas berusia 28 tahun yaitu Sakura Asuka (Yuki Uchida) yang tiba-tiba terbangun dan mendapati dirinya dalam keadaan terikat di sebuah ruangan berwarna putih. 

Ruangan tersebut rupanya sebuah bangsal yang berbentuk single room di rumah sakit jiwa khusus untuk pasien yang memiliki resiko bunuh diri yang tinggi. Dalam ingatan terakhirnya, ia jatuh tak sadarkan diri akibat penggunaan alkohol berat dan overdosis obat-obatan. Akhirnya ia pun mencoba untuk berbicara dengan perawat maupun dokter agar mereka mau melepaskannya, namun sayangnya baik dokter maupun perawat tidak ada yang mau mendengarkan. Di sisi lain, ada pasien lain bernama Miki (Yu Aoi) yang menderita eating disorder. 

3. My SO Has Got Depression

My SO has got depression adalah film jepang bertema mental health
Film Jepang tentang mental health/Foto: asianwiki.com

Selanjutnya ada My SO Has Got Depression, sebuah film yang juga mengangkat isu mental health. Sang suami, Mikio (Masato Sakai) adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan asing yang memiliki cabang di Jepang. Pekerjaannya yang begitu banyak menyebabkan ia mengalami depresi. Sementara sang istri, Haruko adalah seorang komikus. Ia merasa sangat menyesal karena tidak memperhatikan tanda-tanda depresi pada suaminya. Namun, ia tetap berusaha tegar di depan Mikio.

Film asal negeri Sakura ini nggak hanya menceritakan tentang bagaimana kedua pasangan ini menghadapi depresi, tapi kita juga bisa melihat bagaimana pasangan ini saling mendukung satu sama lain. Haruko yang selalu mendukung Mikio untuk bisa sembuh dari depresinya, sementara Mikio mendukung Haruko untuk menjadi komikus meskipun belum ada penerbit atau orang lain yang tertarik dengan komik buatan istrinya itu.

Nah, itulah film dan drama Jepang yang mengangkat isu mental health. Cocok untuk ditonton selama masa PPKM Darurat, nih.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id