sign up SIGN UP

LIFE

Terapkan Gaya Hidup Minimalis, Simpel dan Bikin Keuangan Tetap Sehat

Dian Aprilia | Rabu, 14 Apr 2021 07:00 WIB
Terapkan Gaya Hidup Minimalis, Simpel dan Bikin Keuangan Tetap Sehat
caption

Siapa yang sudah mengenal gaya hidup minimalis? Konsep hidup minimalis ini berasal dari negeri sakura, Jepang. Gaya hidup ini mengadopsi prinsip "less is more" yang berasal dari ajaran Buddhism Zen. Jika kamu ingin mempelajarinya, kamu bisa membaca buku Goodbye, Things – Hidup Minimalis ala Orang Jepang yang ditulis oleh Fumio Sasaki.

Gaya hidup minimalis menuntun seseorang untuk menerapkan konsep hidup yang sederhana, bersih, rapi dan juga tetap seimbang. Gaya hidup ini dimulai dengan aktivitas membereskan barang-barang yang sudah tak terpakai, fokus pada kebutuhan dan fungsi, dan menyadari bahwa materi bukan satu-satunya sumber kebahagiaan dan kekayaan.

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan konsep hidup minimalis, diantaranya adalah

Gaji Semakin Awet

Gaji
Gaji/pexels.com

Gaya hidup minimalis mengantarkan kamu untuk terbiasa hidup hemat. Pasalnya gaya hidup ini menuntutmu untuk mengurangi barang-barang yang tidak terpakai. Selain itu, jika hendak membeli barang kamu juga harus benar-benar memikirkan kemanfaatan dan lama pakainya.

Hal ini menahanmu untuk belanja barang-barang yang tidak penting dan mendesak. Alhasil gaji bulanan kamu jadi lebih awet dan bisa dialokasikan untuk dana investasi. Hidup jadi lebih simpel dan gak ribet serta keuangan jadi lancar. 

Pikiran Lebih Tenang

Pikiran tenang
Pikiran tenang/pexels.com

Pernah gak sih kamu merasa sumpek saat melihat pakaian yang berjubel di dalam lemari atau perkakas dapur yang memenuhi seluruh sudut dapur, dan lainnya. Hal ini menjadi bukti bahwa semakin banyak barang bukan malah memudahkan, tapi sebaliknya malah menyusahkan.

Dengan hidup gaya minimalis, barang-barang yang kamu miliki hanyalah barang yang memang dibutuhkan. Hidup jauh lebih tenang karena tak perlu memikirkan perawatan dan penyimpanan barang-barang yang tidak begitu penting.

Fokus pada Tujuan Hidup

Fokus tujuan
Fokus tujuan/pexels.com

Karena pikiran menjadi lebih tenang, tentu beban hidup jadi semakin berkurang. Sisa energi yang kamu miliki bisa dioptimalkan untuk fokus mencapai tujuan hidup, dibandingkan fokus merawat, menjaga dan menyimpan barang-barang yang tidak penting.

Kamu jadi punya energi yang besar untuk aktivitas penting yang perlu kamu capai. Seperti halnya pilihan karir, finansial, keluarga, pendidikan dan lainnya. Semakin sedikit gangguan yang mengacaukan fokusmu, semakin besar dan lancar jalanmu untuk mencapai berbagai impian.

Waktu Luang Bertambah

Waktu luang
Waktu luang/pexels.com

Terakhir, waktu luang bertambah banyak dan bisa dioptimalkan untuk melakukan hal-hal yang berguna. Jika biasanya minggu jadi agenda rutin untuk bersih-bersih rumah karena banyaknya barang, dengan gaya hidup minimalis rumahmu akan tampak selalu rapi.

Bahkan kamu hanya perlu waktu sebentar untuk membersihkan rumah. Jadi banyak waktu luang yang kamu miliki, yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Seperti melakukan hobi, refreshing, ikut pelatihan dan meningkatkan karier.

Itulah 4 keuntungan menjalani gaya hidup minimalis, tertarik untuk mencobanya?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id