sign up SIGN UP

LIFE

5 Makanan dan Minuman Fermentasi untuk Meningkatkan Pencernaan

Intan Dwi | Selasa, 06 Oct 2020 11:30 WIB
5 Makanan dan Minuman Fermentasi untuk Meningkatkan Pencernaan
caption

Makanan dan minuman yang difermentasi biasanya memiliki rasa yang asam dan aroma yang buruk, sehingga banyak orang tak menyukainya Fermentasi merupakan proses yang melibatkan bakteri dan ragi untuk memecah kandungan gula dalam makanan. Selain membantu meningkatkan pengawetan makanan, konsumsi makanan fermentasi juga bisa meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan, seperti probiotik.

Bakteri probiotik ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk pencernaan yang lebih baik dan menurunkan berat badan. Berikut ini ada lima makanan dan minuman fermentasi yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan pencernaan.

Yogurt Probiotik

Yogurt ini mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti kalsium, kalium, fosfor, riboflavin dan vitamin B12.
Yogurt Probiotik/freepik.com

Kalian semua pasti tahu dengan yang satu ini, yogurt dihasilkan dari susu yang difermentasi dengan bakteri asam laktat. Yogurt ini mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti kalsium, kalium, fosfor, riboflavin dan vitamin B12. Yogurt juga dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, seperti membantu menurunkan tekanan darah.

Studi lain menemukan bahwa asupan yogurt yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan kepadatan mineral tulang dan fungsi fisik pada orang dewasa yang lebih tua. Tapi ingat, tidak semua jenis yogurt mengandung probiotik karena bakteri menguntungkan ini sering terbunuh selama pemrosesan. Pilihlah yougurt dengan lactobacillus acidophilus untuk memastikan kamu mendapatkan dosis probiotik.

Tempe

Selain kandungan probiotiknya yang mengesankan, tempe kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
Tempe/freepik.com

Tempe terbuat dari kacang kedelai hasil fermentasi yang telah dipres, tempe juga bisa menjadi pengganti daging berprotein tinggi. Kamu bisa coba memasaknya dengan cara dipanggang, dikukus atau tumis sebelum mengkonsumsinya. Selain kandungan probiotiknya yang mengesankan, tempe kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Misalnya, protein kedelai telah terbukti membantu mengurangi faktor resiko penyakit jantung tertentu.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa tumbuhan tertentu dalam tempe dapat berperan sebagai antioksidan. Ini membantu mengurangi penumpukan radikal bebas yang merupakan senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Kimchi

kimchi memiliki beragam manfaat kesehatan dan sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi resistensi insulin.
Kimchi/freepik.com

Pecinta drama Korea pasti tau dengan makanan fermentasi yang satu ini, kimchi merupakan makanan pendamping Korea yang biasanya dibuat dari kubis yang difermentasi. Tak hanya kubis, kimchi juga bisa dibuat dari sayuran fermentasi lainnya, seperti lobak. Selain lezat, kimchi memiliki beragam manfaat kesehatan dan sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi resistensi insulin.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 21 orang pradiabetes, mereka mengkonsumsi kimchi yang difermentasi selama 8 minggu mengalami penurunan resistensi insulin, tekanan darah, dan berat badan. Menariknya, asupan kimchi yang lebih tinggi bisa menurunkan gula darah, kolesterol darah dan kolesterol jahat.

Natto

Natto merupakan makanan probiotik pokok dalam masakan tradisional Jepang. Sama seperti tempe, natto juga dibuat dari kedelai yang difermentasi.
Natto/healthline.com

Natto merupakan makanan probiotik pokok dalam masakan tradisional Jepang. Sama seperti tempe, natto juga dibuat dari kedelai yang difermentasi. Sehingga memiliki rasa yang sangat kuat dan memiliki tekstur yang licin. Makanan ini mengandung jumlah serat yang baik, dimana serat dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan sehingga mengurangi sambelit.

Natto juga tinggi vitamin K, nutrisi penting yang terlibat dalam metabolisme kalsium dan berperan penting dalam kesehatan tulang. Fermentasi natto juga menghasilkan enzim yang disebut nattokinase yang membantu mencegah dan melarutkan penggumpalan darah. Enzim ini juga membantu mengurangi tekanan darah diastolik dan sistolik.

Kefir

Kefir merupakan sejenis produk susu yang dibudidayakan, itu dibuat dengan menambahkan biji kefir yang terdiri dari kombinasi ragi dan bakteri ke dalam susu.
Kefir/freepik.com

Kefir merupakan sejenis produk susu yang dibudidayakan, itu dibuat dengan menambahkan biji kefir yang terdiri dari kombinasi ragi dan bakteri ke dalam susu. Nantinya ini akan menghasilkan minuman yang kental dan rasa yang tajam. Membuat rasa kefir sering dibandingkan dengan yogurt.

Kefir memiliki banyak manfaat untuk tubuh mulai dari pencernaan hingga peradangan hingga kesehatan tulang. Minuman kefir tidak hanya membantu meningkatkan pencernaan laktosa, tetapi juga mengandung lebih sedikit laktosa daripada susu. Kefir juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, seperti tulang yang lemah dan keropos.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id