sign up SIGN UP

LIFE

6 Makanan yang Perlu Hindari agar Cepat Kurus

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 10 Jan 2021 13:15 WIB
6 Makanan yang Perlu Hindari agar Cepat Kurus
caption

Mendapatkan tubuh yang ideal sejatinya membutuhkan usaha yang kuat dan konsisten. Salah satu hal paling relevan yang bisa dilakukan adalah membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terkait hal itu, ternyata ada beberapa makanan yang paling perlu untuk dihindari supaya tubuh lebih cepat kurus. Apa saja?

Kopi

Kopi yang mengandung gula banyak harus dihindari/freepik.com
Kopi/freepik.com

Apakah kamu salah satu pecinta kopi yang ingin kurus? Jika ya, maka di antara keduanya harus ada yang dikorbankan. Dilansir dari HaiBunda.com, ini berkaitan dengan kandungan gula dan pemanis yang terlalu banyak di dalam kopi. Hal ini tidak menutup kemungkinan karena beberapa kedai kopi masih membubuhkan gula dan pemanis yang terbilang banyak ke dalam seduhan kopi mereka.

Pemanis ataupun gula ini merupakan sumber lemak tambahan dan juga kalori yang akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Alhasil, jika ingin kurus, kamu harus pandai membatasinya ya.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji harus dihindari saat ingin kurus/freepik.com
Makanan cepat saji/freepik.com

Ingin kurus tapi masih doyan dengan makanan yang serba praktis alias cepat saji? Apabila jawabannya “ya”, maka bersiaplah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak jagung yang sering digunakan dalam pembuatan kentang goreng mengandung lebih banyak lemak trans dibandingkan jenis minyak nabati lainnya.

Sebagai solusinya, saat berkunjung ke restoran, pilihlah menu seperti salad ataupun menu lain yang diolah tanpa proses penggorengan. Adanya lemak trans dalam makanan yang dikonsumsi berisiko memperbanyak penumpukan lemak sehingga ukuran lingkar pinggang akan semakin besar.

Minuman Soda

Minuman soda sebaiknya dihindari jika ingin kurus/freepik.com
Minuman soda/freepik.com

Adanya gula tambahan dalam minuman soda bisa membuat keinginan kurus jadi terhambat. Pasalnya, penelitian yang diterbitkan pada jurnal Sirkulasi menyebutkan bahwa hasil evaluasi terhadap 1000 orang dewasa yang mengonsumsi minuman dengan gula tambahan mengalami peningkatan lemak abdominal lebih tinggi.

Selain itu, gula tambahan dalam soda ini juga dievaluasi terhadap 750 orang dewasa dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsinya mengalami penambahan ukuran lingkar pinggang.

Popcorn

Popcorn harus dihindari saat diet/freepik.com
Popcorn/freepik.com

Makanan yang identik dengan kegiatan menonton ini juga menjadi salah satu yang harus dihindari jika ingin kurus. Popcorn mengandung lemak trans yang sejatinya berbahaya bagi kesehatan jantung. Terlebih lagi untuk popcorn yang dibuat dengan cara dipanaskan dalam microwave.

Berdasarkan FDA tahun 2018, sebagian minyak akan terhidrasi menjadi sumbet lemak trans. Hingga saat ini, jumlah makanan yang mengandung lemak trans semakin banyak ditemukan. Untuk itu, lebih selektiflah dalam mengonsumsi sesuatu.

Kue dan Pastry Kemasan

Kue dan pastry kemasan sebaiknya dihindari saat ingin kurus/freepik.com
Kue dan pastry kemasan/freepik.com

Makanan berupa kue dan pastry kemasan yang siap olah juga perlu dihindari karena tidak baik untuk program kurus kamu. Walaupun rasanya enak, penelitian mengungkap bahwa kedua makanan ini mengandung lemak trans yang tinggi sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Terlebih lagi untuk wanita yang sudah dewasa dan mengalami menopause. Untuk itu, jika ingin kurus, hindarilah kue dan pastry kemasan seperti donat, muffin dan yang lainnya.

Roti Putih

Roti putih dari gandum olahan sebaiknya dihindari jika ingin kurus/freepik.com
Roti putih/freepik.com

Tepung terigu merupakan bahan utama pembuatan roti putih. Hal ini perlu dibedakan dengan roti yang dibuat dengan gandum utuh karena jumlah serat dan nutrisinya berbeda. Roti putih yang terbuat dari tepung terigu kandungan nutrisi dan seratnya tidak sebanyak roti yang terbuat dari gandum utuh.  

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan pada 2800 orang dewasa yang menemukan bahwa semakin banyak mengonsumsi biji olahan maka semakin tinggi pula peningkatan lemak di bagian perut.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id