sign up SIGN UP

LIFE

Biar Empuk, Masak Daging dengan Menggunakan Bahan-bahan Berikut Ini

Neysa Alicia | Senin, 19 Jul 2021 16:15 WIB
Biar Empuk, Masak Daging dengan Menggunakan Bahan-bahan Berikut Ini
caption

Tidak terasa, besok sudah hari raya Idul Adha. Salah satu ritual yang wajib dilakukan saat merayakan Idul Adha adalah memasak daging kurban, berupa daging sapi atau daging kambing.

Mengolah daging membutuhkan teknik yang tepat agar tekstur daging menjadi empuk. Dilansir dari detikfood, berikut ini ada bahan-bahan mulai dari buah-buahan sampai bumbu dapur yang ternyata sangat ampuh untuk mengempukkan daging. Simak informasi lengkapnya di sini ya!

1. Nanas

Nanas / foto: freeimages.com/Pada SmithNanas / foto: freeimages.com/Pada Smith

Buah berwarna kuning yang satu ini terkenal dengan kombinasi rasa asam, manis, dan juga segar. Biasanya, nanas paling cocok dinikmati dalam kondisi dingin setelah didiamkan di dalam kulkas, atau dicocol bersama bumbu rujak.

Namun siapa sangka kalau buah nanas ternyata dapat digunakan untuk mengempukkan daging? Nanas memiliki kandungan Bromelain enzim protease yang berkhasiat untuk membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Kamu bisa menggunakan nanas yang telah dipotong kecil-kecil sebagai bahan tambahan ketika memarinasi daging, sebelum dimasak.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis / foto: freeimages.com/AnsonmiaoJeruk Nipis / foto: freeimages.com/Ansonmiao

Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menghilangkan aroma amis pada daging dan ikan. Selain itu, jeruk nipis memiliki rasa kecut yang segar sehingga juga sering digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakkan.

Jeruk nipis memiliki senyawa asam yang mampu mengempukkan daging. Caranya adalah dengan melumuri permukaan daging sapi atau kambing yang akan kamu masak dengan air perasan jeruk nipis. Namun yang paling penting untuk diperhatikan, jangan membiarkannya terlalu lama karena bisa merusak cita rasa dari daging itu sendiri. 

3. Jahe

Jahe / foto: freeimages.com/GrafvisionJahe / foto: freeimages.com/Grafvision

Sama seperti jeruk nipis, jahe masuk dalam jajaran bumbu dapur yang mampu menambah aroma dan cita rasa pada masakkan. Di dalam jahe terdapat kandungan enzim proteolitik yang dapat mengurangi ikatan protein pada daging, sehingga mampu membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Selain itu, aroma amis pada daging juga dapat hilang kalau kamu membalur seluruh permukaan daging dengan parutan jahe sebelum memasaknya.

4. Soda Kue

Soda Kue / foto: freeimages.com/EKramarSoda Kue / foto: freeimages.com/EKramar

Selama ini soda kue hanya digunakan untuk membuat kue mengembang dan membersihkan kerak pada peralatan dapur. Padahal, soda kue juga ampuh untuk mengempukkan tekstur daging.

Soda kue memiliki kandungan yang dipercaya dapat menghancurkan serat pada daging. Jika ingin menggunakan soda kue untuk membuat daging jadi empuk, kamu bisa merendam irisan daging dengan larutan 1 sendok teh soda kue selama 3-6 jam sebelum memasaknya.

 Beauties, itu dia buah-buahan sampai bumbu dapur yang ternyata sangat ampuh untuk mengempukkan daging. Selamat memasak ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id