sign up SIGN UP

LIFE

Soda dan 4 Makanan Ini Ternyata Dapat Membuat Wajah Kusam!

Fahira mahza | Rabu, 07 Apr 2021 20:00 WIB
Soda dan 4 Makanan Ini Ternyata Dapat Membuat Wajah Kusam!
Makanan dan minuman penyebab kulit kusam/ foto: freepik.com

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, konsumsi makanan dan minuman bergizi harus dipenuhi. Namun, sekarang banyak sekali makanan maupun minuman yang mengandung bahan pengawet serta tidak bermanfaat untuk tubuh. Bahkan kandungannya dapat berdampak pada tubuh loh.

Selain itu, hal ini akan berdampak pada kesehatan kulit. Makanan dan minuman yang tidak sehat akan membuat kulit menjadi sensitif sehingga lebih mudah kusam ataupun berjerawat. Nutrisi yang kurang memadai dari konsumsi makanan dan minuman tersebut membuat kulit juga tidak ternutrisi dan berakhir mengalami penurunan kondisi. Karena itu, cobalah untuk menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan wajah kusam ini!

Alkohol

Alkohol
Alkohol/foto: freepik.com

Jika kamu mengkonsumsi alkohol, maka produksi hormon anti-deuretik atau hormon yang mengatur kadar air dalam tubuh akan terhambat. Ketika hormon ini terhambat, maka tubuh akan mengeluarkan cairan berlebih sehingga menimbulkan dehidrasi (kekurangan cairan).

Air yang ada di dalam kulit pun tentunya akan ikut tertarik keluar sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Alkohol juga menghambat vitamin dan mineral masuk ke dalam sel kulit, akibatnya kulit akan tampak kusam tak bercahaya. 

Makanan tinggi gula 

Makanan tinggi gula
Makanan tinggi gula/foto: freepik.com

Konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi akan mengakibatkan tubuh meningkatkan produksi insulin agar gula dapat masuk dalam sel. Tapi, kenaikan kadar insulin mendadak dan intens dapat berdampak buruk bagi kulit. Karena lonjakan insulin, maka kulit akan memproduksi minyak berlebih dan membuat pori jadi lebih mudah tersumbat. Selain itu kadar gula tinggi dapat memicu peradangan yang dapat merusak jaringan kolagen kulit sehingga kulit jadi kusam dan keriput. 

Soda

Soda
Soda/foto: freepik.com

Soda mungkin merupakan salah satu minuman favorit banyak orang karena rasanya yang menyegarkan. Soda merupakan minuman berkarbonasi dimana karbon dioksida (CO2) diinfuskan dalam air. Namun, minuman bersoda dapat mengganggu keseimbangan pH dalam tubuh. Nilai pH ini sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Terganggunya keseimbangan pH dapat membuat pH kulit terganggu dan menyebabkan kulit kusam dan mudah berjerawat. 

Makanan instan olahan

Makanan instan olahan
Makanan instan olahan/foto: freepik.com

Makanan instan olahan mungkin memang praktis dan cepat disajikan sehingga tidak memakan banyak waktu. Namun, makanan instan olahan cenderung mengandung sedikit serta serta indeks glikemiknya tinggi. Belum lagi pengawet yang digunakan dalam makanan instan juga perlu diperhatikan terutama kandungan natrium atau garam yang tinggi.

Mengkonsumsi makanan instan olahan yang rendah nutrisi juga berdampak pada kesehatan kulit. Kulit tidak mendapat asupan dari makanan sehingga akan nampak kusam. 

Makanan berminyak

Makanan berminyak
Makanan berminyak/foto: freepik.com

Hampir kebanyakan makanan terutama yang digoreng pastinya menggunakan minyak. Namun, makanan yang terlalu berminyak tidak baik bagi tubuh dan kulit. Biasanya makanan berminyak identik dengan lemak jenuh atau lemak jahat. Lemak jenuh dapat menyumbat pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah ke sle terhambat.

Selain itu, makanan berminyak juga menjadi salah satu faktor peradangan dan radikal bebas tubuh. Kulit akan tampak kusam dan keriput bila terlalu sering konsumsi makanan ini. 

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari karena rendah nutrisi dan dapat berakibat buruk pada kulit. Konsumsilah makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id