sign up SIGN UP

Nggak Akan Rugi, Ini 5 Manfaat Memiliki Teman dengan Banyak Perbedaan Denganmu

aqillah diaz | Sabtu, 20 Nov 2021 21:00 WIB
Nggak Akan Rugi, Ini 5 Manfaat Memiliki Teman dengan Banyak Perbedaan Denganmu
Manfaat Memiliki Teman dengan Banyak Perbedaan Denganmu/Foto: Pexels.com/KindelMedia

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda, mulai dari latar belakang pekerjaan, hobi, budaya, sifat, dan lainnya. Perbedaan tersebut dapat membawa keunikan di dalam hubungan pertemanan dan bahkan perbedaan tersebut dapat menjadi salah satu hal yang berwarna, serta membuat kita saling menghargai sudut pandang atau pemikiran orang lain. 

Banyak yang mengira untuk menjadi teman atau sahabat harus memiliki kesamaan yang sama dengan diri kita. Namun, di balik adanya perbedaan diri kita dengan orang lain, ternyata juga nggak kalah seru, lho! Kalau kamu dan teman-temanmu memiliki latar belakang yang berbeda, setidaknya kamu memiliki manfaat dan keuntungan yang bisa kamu rasakan bila berteman dengan orang yang berbeda-beda. Berikut manfaatnya, Beauties!

1. Menjadi Lebih Terbuka dan Bisa Menerima Banyak Hal

Menjadi Lebih Terbuka dan Bisa Menerima Banyak Hal / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Menjadi Lebih Terbuka dan Bisa Menerima Banyak Hal / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah kamu bisa menjadi lebih terbuka dan bisa menerima banyak hal. Berada di sekitar orang yang memiliki banyak perbedaan dapat membantu kita menjadi lebih memahami diri sendiri dan dapat membuat kita menjadi open-minded. 

Pemikiran open-minded ini dapat membuat kita menerima dan berpikir lebih luas akan perbedaan latar belakang teman kita. Sehingga hal ini dapat membuat kita bisa terhindar dari pemikiran mana yang benar dan salah atau pemikiran mana yang hal baik dan buruk.

2. Memiliki Relasi yang Luas

Memiliki Relasi yang Luas / foto : pexels.com/HelenaLopes
Memiliki Relasi yang Luas / foto : pexels.com/HelenaLopes

Memiliki teman yang berbeda latar belakang, baik itu suku, agama, budaya akan membuat kita memiliki relasi yang luas. Hal ini berpeluang baik untukmu, entah itu untuk pekerjaan, bisnis ataupun keperluan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memiliki banyak teman dan bisa saling terkoneksi.

Hal ini tentu menjadi salah satu peluang bagimu untuk memiliki kesempatan lebih, karena kamu dapat mencoba hal baru di hidup kita. 

3. Saling Menghargai Perbedaan dan Membuat Pribadi Semakin Bijak

Saling Menghargai Perbedaan dan Membuat Pribadi Semakin Bijak/ foto : pexels.com/HelenaLopes
Saling Menghargai Perbedaan dan Membuat Pribadi Semakin Bijak/ foto : pexels.com/HelenaLopes

Setiap orang pasti memiliki pandangan dan karakteristik yang berbeda, dan hal itu adalah wajar. Kamu hanya perlu menyikapinya dengan bijak. Dengan adanya perbedaan tersebut, bukan berarti kita harus menjadi musuh, melainkan semakin kita mengerti dan menghargai, kita akan menjadi pribadi yang semakin bijak.

Tidak hanya itu, kita juga dapat dengan mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. Kamu bisa mencoba dirimu untuk bersosialisasi di lingkungan baru, sehingga kamu dapat berkembang di lingkungan yang berbeda.

4. Saling Melengkapi Kekurangan Teman

Saling Melengkapi Kekurangan Teman / foto : pexels.com/ArchieBinamira
Saling Melengkapi Kekurangan Teman / foto : pexels.com/ArchieBinamira

Perbedaan bukan menjadi penghalang satu sama lain untuk saling melengkapi, justru hal tersebut yang bisa membuat kamu dan temanmu saling melengkapi. Kamu juga bisa saling back up kekurangan temanmu dengan kelebihan yang kamu miliki dan begitu juga sebaliknya. 

Hal ini dapat membuat kamu dan temanmu saling bekerja sama untuk  mengatasi suatu masalah yang ada. 

5. Mudah Berpikir Kritis dan Memudahkan untuk Mengambil Keputusan

Mudah Berpikir Kritis dan Memudahkan untuk Mengambil Keputusan / foto : pexels.com/SHVETSproduction
Mudah Berpikir Kritis dan Memudahkan untuk Mengambil Keputusan / foto : pexels.com/SHVETSproduction

Ketika kamu memiliki teman yang berbeda latar belakang, kamu dapat mengetahui pandangan orang tersebut dan hal itu dapat membuat kamu saling terbuka. Hal ini dapat mengubah persepsi yang ada dan membuat kita menjadi lebih kritis, serta memiliki pandangan yang lebih luas.

Tidak hanya itu, adanya perbedaan juga dapat membuatmu mampu melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda dan dapat memudahkanmu untuk mengambil keputusan yang tepat.

Itulah beberapa manfaat memiliki teman yang berbeda latar belakang. Adanya perbedaan di dalam pertemanan, nggak melulu membuat kita saling berjauhan atau berselisih, justru hal ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. So, meskipun ada perbedaan, kalian tetap bisa saling mendukung, bukan? 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id