sign up SIGN UP

LIFE

5 Tanda Penyakit Jantung Berdasarkan Kondisi Kulit

Henny Alifah | Jumat, 09 Oct 2020 09:45 WIB
5 Tanda Penyakit Jantung Berdasarkan Kondisi Kulit
caption

Dokter kulit mungkin jadi orang pertama yang mendeteksi tanda penyakit jantung seperti penyakit arteri koroner (CAD), serangan jantung, hingga stroke. Tapi, bagaimana bisa?

Organ jantung yang berada di dalam tubuh nyatanya dapat mempengaruhi kondisi kulit dan kuku. Ketika dokter kulit melihat gejala tak biasa pada kondisi kulit, ia dapat merekomendasikan pasien untuk menjalani tes kesehatan jantung.

Berikut adalah beberapa tanda penyakit jantung yang paling umum terjadi di kulit seperti yang disarikan dari laman WebMD.

1. Ruam, beruntusan oranye-kekuningan

ilustrasi: ruam dan beruntusan oranye-kekuningan pada kulit bisa jadi tanda penyakit jantung
Kondisi Kulit Tanda Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com

Kadar trigliserida yang sangat tinggi dapat membuat kulit berjerawat di sekitar ruas jari tangan dan kaki serta di bagian pantat. Banyak lemak dalam darah dapat berperan dalam pengerasan arteri, dan jumlah lemak tinggi juga seringkali terkait dengan risiko penyakit jantung atau stroke.

2. Perubahan warna kulit

ilustrasi: kondisi kulit yang berubah warna ke biru, abu-abu, atau ungu bisa jadi tanda penyakit jantung
Kondisi Kulit Tanda Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com

Kondisi kulit yang mengalami perubahan warna juga bisa jadi pertanda jantung dalam keadaan tidak baik. Jari tangan dan kaki yang berwarna biru atau abu-abu mungkin berasal dari buruknya sirkulasi darah yang kaya oksigen, seringnya karena kelainan jantung bawaan atau penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

Kulit yang ungu dengan pola berkerawang dan belang-belang dapat muncul saat serpihan plak kolesterol yang menumpuk terlepas, kemudian tersangkut di pembuluh darah kecil. Mungkin juga timbul bercak darah tepat di bawah kulit di bagian dalam tangan dan telapak kaki saat menderita endokarditis.

3. Bercak beledu gelap

ilustrasi: kondisi kulit acanthosis nigricans yang berupa bercak beludu gelap di lipatan kulit seperti leher, ketiak, dan selangkangan bisa jadi tanda penyakit jantung
Kondisi Kulit Tanda Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com

Kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans ini biasanya ditemukan di lipatan kulit seperti leher, ketiak, dan selangkangan ketika tubuh kesulitan menggunakan hormon insulin. Jika seseorang tidak sedang dirawat karena resistensi insulin, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2, disarankan menemui dokter untuk membantu mengendalikan gula darah dan melindungi jantung.

4. Bintik hitam di bawah kuku

ilustrasi: bintik hitam di bawah kuku bisa jadi tanda penyakit jantung
Kondisi Kulit Tanda Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com

Jika tiba-tiba kulit di bawah kuku tangan atau kaki muncul bintik hitam meskipun tidak terbentur atau terluka, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda penyakit jantung. Titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku mungkin disebabkan adanya infeksi pada lapisan jantung atau katup yang disebut endokarditis. Bercak darah ini juga dapat terjadi saat menderita diabetes, dan orang dengan kondisi ini memiliki kemungkinan dua hingga empat kali terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Bengkak di kaki bagian bawah

ilustrasi: bengkak di kaki bagian bawah bisa jadi tanda penyakit jantung
Kondisi Kulit Tanda Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com

Edema, istilah medis untuk pembengkakan, adalah penumpukan cairan yang dapat disebabkan oleh sirkulasi yang buruk atau pembekuan darah. Pada kasus penyakit jantung, biasanya kaki bengkak setelah berdiri atau duduk dalam waktu lama.

Saat kulit menunjukkan reaksi seperti kelima tanda ini, ada baiknya memastikan kesehatan jantung dengan memeriksakan diri ke dokter.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id