sign up SIGN UP

LIFE

7 Penyebab Punggung Bawah Terasa Nyeri

Intan Dwi | Sabtu, 05 Sep 2020 16:00 WIB
7 Penyebab Punggung Bawah Terasa Nyeri
caption

Tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu, karena nyeri yang menyerang bisa memperburuk keadaan. Kondisi ini bisa disebabkan beberapa alasan, mulai dari cara bergerak yang salah hingga penyakit yang lebih serius. Berikut ini yang bisa menjadi alasan kenapa seseorang merasakan nyeri punggung bawah.

Postur Tubuh yang Buruk

ostur tubuh yang buruk bisa menjadi satu alasan yang membuat punggung bagian bawah kamu nyeri atau bahkan memperburuk nyeri punggung yang kamu rasakan.
Postur Tubuh yang Buruk/freepik.com

Postur tubuh yang buruk bisa menjadi satu alasan yang membuat punggung bagian bawah kamu nyeri atau bahkan memperburuk nyeri punggung yang kamu rasakan. Selain sering membungkuk atau merosot di kursi, bersandar menggunakan satu kaki saat berdiri dan terlalu mencondongkan badan ke depan saat berjalan juga menjadi penyebab nyeri punggung. Jika kamu terlalu sering melakukan postur tubuh yang salah itu bisa meningkatkan ketegangan pada otot dan ligamen di sekitar tulang belakang lumbar.

Kelelahan Otot

terlalu sering mengangkat benda berat tanpa istirahat yang cukup bisa menyebabkan nyeri punggung.
Kelelahan Otot/freepik.com

Dalam kasus tertentu, sakit punggung tidak disebabkan karena kurangnya aktivitas. Justru karena melakukan beberapa aktivitas juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Salah satunya adalah terlalu sering mengangkat benda berat tanpa istirahat yang cukup.


Nah dari situ otot yang diperlukan untuk melakukan gerakan mungkin tidak bekerja secara efisien yang bisa menyebabkan kerusakan mekanik bahkan berpotensi cedera. Hal yang sama juga berlaku jika kamu terlalu sering berolahraga dan menempatkan banyak torsi di tulang belakang.

Menerapkan Gaya Hidup Sedentari

gaya hidup sendetari justru bisa meningkatkan resiko nyeri punggung bagian bawah kronis, kecacatan hingga kematian.
Menerapkan Gaya Hidup Sedentari/freepik.com

Banyak orang yang bermalas-malasan setelah melakukan berbagai aktivitas seharian, mulai dari bersantai di tempat duduk hingga tiduran di kasur. Sayangnya gaya hidup seperti ini justru bisa meningkatkan resiko nyeri punggung bagian bawah kronis, kecacatan hingga kematian. Namun, alasan pasti mengapa ini belum terjadi dan belum ada bukti jelas tentang gaya hidup sedentari menjadi penyebab nyeri punggung bawah kronis.

Kondisi Tulang Belakang Degeneratif dan Penyakit Autoimun

Ada penyakit tertentu yang bisa menyebabkan nyeri punggung bawah, seperti osteoporosis dan osteoartritis.
Kondisi Tulang Belakang Degeneratif dan Penyakit Autoimun/freepik.com

Ada penyakit tertentu yang bisa menyebabkan nyeri punggung bawah, seperti osteoporosis dan osteoartritis. Untuk osteoporosis sendiri bisa menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapu yang berpotensi menyebabkan patah tulang belakang.

Sedangkan untuk osteoartritis penyakit sendi progresif yang memecah tulang rawan pelindung. Tak hanya itu, ada sakit punggung yang merupakan bagian dari berbagai penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis dan lupus.

Ketegangan Otot atau Ligamen

memindahkan atau mengangkat barang dengan posisi tidak tepat, itu bisa membuat otot atau ligamen menjadi tegang yang menyebabkan nyeri punggung bawah
Ketegangan Otot atau Ligamen/freepik.com

Saat seseorang memindahkan atau mengangkat barang dengan posisi tidak tepat, itu bisa membuat otot atau ligamen menjadi tegang yang menyebabkan nyeri punggung bawah. Hal ini juga sering terjadi ketika seseorang tidak terlalu aktif secara fisik yang membuat kehilangan kekuatan dan otot kencang.

Herniated Disc (Saraf Terjepit)

Dengan seiring bertambahnya usia, tulang akan mengalami dehidrasi, menjadi kaku hingga bisa mengiritasi akar saraf di sekitarnya.
Herniated Disc (Saraf Terjepit)/freepik.com

Kondisi ini mengacu pada masalah dengan lempeng kenyal di antara tulang-tulang belakang, seperti cedera dan keausan secara keseluruhan. Dengan seiring bertambahnya usia, tulang akan mengalami dehidrasi, menjadi kaku hingga bisa iritasi akar saraf di sekitarnya.

Kecelakaan traumatis dan gerakan tiba-tiba juga bisa memberi tekanan terlalu banyak pada disk dan menyebabkannya pecah, menonjol, dan menimbulkan rasa sakit.

Kanker

seseorang yang memiliki riwayat kanker, seperti kanker payudara atau prostat, kemungkinan besar nyeri punggung bawah juga disebabkan oleh hal tersebut.
Kanker/freepik.com

Selain hal-hal di atas, nyeri punggung bawah juga bisa dikaitkan dengan kanker dalam beberapa kasus disebabkan oleh tumor di area pinggang. Selain itu, jika seseorang memiliki riwayat kanker, seperti kanker payudara atau prostat, kemungkinan besar nyeri punggung bawah juga disebabkan oleh hal tersebut.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id