sign up SIGN UP

LIFE

Buah yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Liana Dewi | Minggu, 21 Feb 2021 21:43 WIB
Buah yang Efektif untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Semangka Efektif untuk Menurunkan Darah Tinggi/freepik.com

Bisa disebut darah tinggi atau hipertensi jika tekanan darah mencapai lebih dari 140/90 selama dua hari berturut-turut. Kondisi ini umum terjadi pada lansia. Namun kini semakin banyak usia muda yang mengalami darah tinggi karena faktor gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Selain itu, faktor genetik juga berpengaruh pada kondisi satu ini. Jika dibiarkan, hipertensi dalam jangka panjang bisa menyerang organ vital dalam tubuh, seperti jantung, ginjal, mata, hingga dapat mengakibatkan stroke.

Sebagai usaha pencegahan, sebaiknya kita menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan menjaga asupan nutsisi dalam tubuh, termasuk dengan banyak mengonsumsi buah.

Berikut ini adalah buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Delima

buah delima
Buah Delima/freepik.com

Delima kaya akan Vitamin C, Vitamin K, serta Folat dan Potasium. Kandungan Potasium dalam delima ini yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Delima juga sudah dikenal luas sebagai buah yang kaya akan antioksidan karena kandungan vitaminnya. Buah delima pun bagus untuk mengembalikan stamina tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi buah delima secara langsung atau dibuat jus. Namun alangkah baiknya, ketika membuat jus delima tidak perlu lagi menambahkan gula. Karena kandungan gula dalam delima sudah cukup tinggi.

Semangka

buah semangka
Buah Semangka/freepik.com

Buah manis satu ini memang nikmat disantap saat cuaca panas. Disajikan secara langsung, menjadi buah potong, maupun dibuat jus, semangka tetap enak dan menyegarkan.

Tapi ternyata selain menyegarkan, semangka juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah semangka mengandung Vitamin A, Vitamin C, Kalium, dan Magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Kalium dalam semangka ini yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Selain itu, semangka mengandung Asam Amino yang dapat membantu kerja fungsi organ tubuh.

Pisang

buah pisang
Buah Pisang/freepik.com

Buah pisang sering kita temui sebagai pencuci mulut setelah makan besar atau sebagai topping dalam sereal saat sarapan. Tak jarang juga yang menjadikan pisang sebagai camilan sore dengan membuat pisang rebus atau langsung dimakan tanpa diolah.

Konsumsi pisang seperti itu ternyata baik untuk penderita hipertensi. Karena pisang mengandung Potasium yang dapat mengurangi bahaya dari Natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Seperti yang kita tahu, Natrium berlebih merupakan musuh penderita hipertensi. Jadi kalau kamu atau orang terkasihmu ada yang menderita hipertensi, perlu agar berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang tinggi Natrium dan juga tinggi kadar garamnya.

Buah Citrus

Buah citrus
Buah Citrus/freepik.com

Buah citrus yang mudah didapat adalah jeruk, jeruk nipis, dan lemon. Buah citrus identik dengan Vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain Vitamin C, citrus juga mengandung Vitamin B dan kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan.

Citrus juga mengandung mineral seperti Kalium, Fosfor, dan Magnesium. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Kalium baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam citrus juga bagus untuk mengurangi risiko serangan jantung.

Tapi kalau kamu memiliki permasalahan lambung, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah citrus ini. Pasalnya rasa asam dari buah citrus bisa berpengaruh pada lambung kamu.

Buah Beri

Buah beri
Buah Beri/freepik.com

Buah beri seperti stroberi, bluberi, dan rasberi adalah buah yang terkenal karena kaya akan antioksidan. Karena kandungan antioksidan tersebut buah beri juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam antioksidan buah beri, terkandung molekul yang bernama Antosianin yang merupakan pigmen pewarna buah. Antosianin ini mampu meningkatkan Nitrit Oksida sehingga pembuluh darah dapat melebar dan membantu menurunkan tekanan darah.

 

Buah-buahan yang disebutkan di atas memang bisa membantu menurunkan tekanan darah, namun mengonsumsi buah saja tidaklah cukup. Menjaga pola makan rendah gula dan rendah lemak, serta rutin berolahraga dengan pola tidur yang cukup merupakan serangkaian usaha yang perlu dilakukan secara konsisten agar terhindar dari penyakit hipertensi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id