sign up SIGN UP

LIFE

Cara Membersihkan Miss V yang Benar

Anggi Putri | Senin, 29 Jun 2020 22:00 WIB
Cara Membersihkan Miss V yang Benar
caption

Miss V yang merupakan organ vital perempuan adalah bagian yang sangat penting. Maka dari itu, kesehatannya perlu dijaga. Miss V yang tidak terjaga kebersihannya bisa menimbulkan banyak masalah, seperti keputihan hingga penyakit berbahaya.

Sebagai area yang sensitif, membersihkan miss V tidak bisa dengan cara sembarangan. Ikuti beberapa tips berikut ini agar miss V tetap bersih dan sehat. Banyak hal harus diperhatikan ketika membersihkan miss V. Mulai dari produk yang digunakan hingga intensitasnya harus tepat. Termasuk bagian-bagian dalam miss V juga perlu diketahui agar tidak salah dalam membersihkan.

Perhatikan Kandungan Pembersih

Sabun khusus itupun harus terlebih dahulu diketahui komposisi dan kandungannya karena akan berkaitan dengan efek yang ditimbulkan.
Sabun daerah kewanitaan/sumber: https://www.detik.com

Membersihkan miss V seharusnya tidak memakai sabun biasa melainkan harus dengan sabun khusus daerah kewanitaan. Sabun khusus itupun harus terlebih dahulu diketahui komposisi dan kandungannya karena akan berkaitan dengan efek yang ditimbulkan.


Hindari memakai sabun kewanitaan dengan kandungan parfum yang cukup tinggi. Sebab sabun dengan parfum bisa merusak keseimbangan pH miss V yang bisa membuatnya jadi gatal bahkan bisa iritasi.

Perhatikan Bagian yang Harus Dibersihkan

Tidak semua bagian miss V wajib dibersihkan. Bersihkan hanya pada bagian vulva, termasuk labira mayora dan minora atau bibir vagina luar dan dalam serta bagian besar dan kecil. Sedangkan bagian miss V yang terlalu dalam tidak perlu dibersihkan karena mampu membersihkan dirinya sendiri. Membersihkan miss V terlalu dalam juga bisa menimbulkan risiko berbahaya.

Bersihkan dengan Lembut

Ada anggapan salah yang selama ini dipercaya banyak perempuan yaitu keharusan menggosok miss V dengan keras agar kuman dan bakteri bisa hilang. Padahal menggosok miss V sama sekali tidak diperlukan. Ingat bahwa kulit di area intim itu sangat sensitif. Cukup basuh miss V dengan air mengalir supaya tidak sakit atau bahkan iritasi.

Perhatikan Frekuensi

Anggapan bahwa membersihkan miss V harus sesering mungkin juga termasuk hal yang salah. Pasalnya produk pembersih bisa mengganggu keseimbangan pH area intim jika terlalu sering dipakai. Sementara, terlalu jarang membersihkan miss V juga bukan hal yang benar. Sisa keringat dan sekresi bisa saja masih tertinggal dan membuat miss V bermasalah. Kesimpulannya, membersihkan miss V sekali atau dua kali sehari saja sudah cukup baik.

Jangan Terlalu Lama

Selain tidak boleh terlalu sering, membersihkan miss V yang benar juga tidak boleh terlalu lama. Membersihkan miss V yang benar hanya dalam waktu kurang lebih 1 menit. Lebih dari itu, kandungan produk pembersih bisa membuat miss V kehilangan kelembaban alaminya serta bisa juga jadi iritasi.

Keringkan dengan Handuk

keringkan miss V dengan handuk setelah selesai dibersihkan. Pilih handuk yang lembut dan tidak basah.
Handuk/sumber: https://www.pixabay.com

Air sisa dari proses pembersihan miss V bisa menjadi sumber masalah lain. Jadi untuk menghindarinya, keringkan miss V dengan handuk setelah selesai dibersihkan. Pilih handuk yang lembut dan tidak basah. Jangan sampai menggosok handuk pada area intim tapi cukup tempelkan saja sampai sisa air terserap.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id