sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Buru-buru Minum Obat, Coba Rutin Konsumsi Air Hangat Untuk Mengobati 3 Penyakit Ini!

Neysa Alicia | Selasa, 24 Nov 2020 11:15 WIB
Jangan Buru-buru Minum Obat, Coba Rutin Konsumsi Air Hangat Untuk Mengobati 3 Penyakit Ini!
caption

Jakarta - Hai Beautynesian! pastinya kamu sudah tahu dong, betapa pentingnya minum air putih bagi kesehatan? Ternyata, air putih hangat memiliki manfaat yang lebih besar dari air putih biasa lho.

Usut punya usut, warga China dan India sudah lebih dulu menjadikan rutin minum air hangat sebagai metode pengobatan tradisional. Kira-kira apa saja penyakit yang dapat diredakan dengan mengonsumsi air hangat?

Gejala flu dan radang dapat diredakan dengan minum air hangat
Ilustrasi sakit flu dan radang tenggorokan. / Foto: pexels.com

Yang pertama adalah flu dan radang tenggorokan. Penyakit yang sering datang di saat pergantian musim ini, biasanya ditandai dengan gejala hidung tersumbat dan tenggorokan gatal.

Tentu saja kedua gejala tersebut terasa sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk meredakan kedua gejala tersebut, Beautynesian bisa menggunakan air hangat.

Minum air hangat dapat mengobati iritasi pada tenggorokan dan juga meredakan hidung tersumbat. Kamu juga bisa menggunakan uap air hangat untuk membantu mengencerkan lendir hidung, lho! 

Air hangat dapat bantu mengurangi nyeri datang bulan
Ilustrasi kram menstruasi. / Foto: pexels.com

Yang kedua, air hangat dapat membantu meredakan nyeri datang bulan lho. Efek menenangkan yang dimiliki oleh air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Bagi para Ladies yang sering mengalami kram atau nyeri ketika periode datang bulan berlangsung, coba deh mulai rutin mengkonsumsi air hangat setiap hari nya.

Selain diminum, air hangat juga bisa digunakan untuk mengompres perut agar jaringan otot di sekitar perut bisa menjadi lebih rileks.

Minum air putih dapat bantu mengurangi sakit kepala akibat stress
Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit kepala akibat stress berlebih. / Foto: pexels.com

Selain kedua penyakit di atas, manfaat minum air hangat selanjutnya adalah untuk mengurangi stress. Setiap orang bisa mengalami stress karena beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor pekerjaan atau tugas yang menumpuk.

Untuk meredakan stress, minum air hangat dapat menjadi salah satu alternatifnya. Air hangat memiliki efek yang dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks, sehingga rasa cemas perlahan-lahan dapat berkurang.

Agar tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, dianjurkan juga untuk mandi menggunakan air hangat sebelum tidur.

Nah, itu tadi manfaat air hangat yang bisa dicoba sebagai alternatif pengobatan. Selain mudah didapat, cara tradisional ini juga bisa bantu Beautynesian dalam mengurangi konsumsi obat-obatan.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id