sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Lakukan! Ini Bahayanya Sering Kelupas Bibir

Intan Dwi | Jumat, 09 Oct 2020 09:30 WIB
Jangan Lakukan! Ini Bahayanya Sering Kelupas Bibir
caption

Pemakaian lipstik yang tidak tepat menjadi salah satu pemicu dari bibir kering dan pecah-pecah. Bukannya diobati agar tetap terhidrasi dan lembap, masih banyak orang yang lebih senang untuk mengelupasi bibir keringnya. Padahal hal tersebut, nantinya akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan bibir. Berikut ini adalah bahaya dari mengelupasi bibir:

Iritasi dan Luka

Ketika bibir dalam kondisi kering dan pecah-pecah, lebih baik hindari kebiasaan mengelupas.
Iritasi dan Luka/freepil.com

Ketika bibir dalam kondisi kering dan pecah-pecah, lebih baik hindari kebiasaan mengelupas. Karena lapisan di bibir tipis dan sensitif saat terkelupas nanti dapat menimbulkan luka bahkan bisa menyebabkan iritasi. Ketika mengalami iritasi dan luka di bibir, lebih baik jangan memaksakan untuk menggunakan lipstik karena proses penyembuhannya akan lebih lama.

Bibir Menghitam

Bibir kering dan pecah-pecah jika dikelupas bisa menyebabkan bibir menghitam dan itu akan mengganggu penampilan kamu.
Bibir Menghitam/freepik.com

Bibir kering dan pecah-pecah jika dikelupas bisa menyebabkan bibir menghitam dan itu akan mengganggu penampilan kamu. Saat kamu mengelupas kulit bibir itu akan menimbulkan luka dan bekas luka itu menjadi faktor utama yang membuat bibir menghitam. Selain menghitam, jika kalian mengelupas hingga berdarah itu juga akan menimbulkan koreng.


Terasa Perih

Luka dan iritasi yang disebabkan dari kebiasaan mengelupas bibir itu nantinya juga akan timbul rasa perih yang menyiksa.
Terasa Perih/pexels.com

Luka dan iritasi yang disebabkan dari kebiasaan mengelupas bibir itu nantinya juga akan timbul rasa perih yang menyiksa. Enggak dalam waktu jam, rasa perih ini akan kamu rasakan selama berhari-hari. Tentu kondisi ini membuat kamu enggak nyaman karena harus menahan rasa perih bahkan bisa menyebabkan timbulnya sariawan.

Lipstik Sulit Menempel

Kondisi bibir yang sering dikelupas akan menimbulkan luka dan menimbulkan koreng. Hal ini yang membuat permukaan bibir menjadi tidak rata.
Lipstik Sulit Menempel/freepik.com

Kondisi bibir yang sering dikelupas akan menimbulkan luka dan menimbulkan koreng. Hal ini yang membuat permukaan bibir menjadi tidak rata. Sehingga saat kamu mengaplikasikan bibir itu akan sulit menempel dengan sempurna.

Selain itu, bekas luka dari pengelupasan itu juga akan membuat lipstik kurang melekat pada bibir. Mengaplikasikan lipstik saat kondisi bibir luka itu juga akan membuat pori-pori tersumbat.

Dikategorikan Tumor

Bagi yang hobi dengan mengelupasi bibir, luka yang timbul enggak hanya menyebabkan rasa perih dan iritasi tapi bisa dikategorikan tumor.
Dikategorikan Tumor/freepik.com

Bagi yang hobi dengan mengelupasi bibir, luka yang timbul enggak hanya menyebabkan rasa perih dan iritasi tapi bisa dikategorikan tumor. Mengelupasi bibir hingga berdarah itu artinya mengenai pembuluh darah yang darahnya sulit dihentikan. Bibir yang luka jika kesenggol sedikit mudah berdarah itu diperlukan operasi kecil untuk menutup pembuluh darah. Hal itu juga bisa membuat bibir menjadi bolong.

Dari bahaya-bahaya yang disebutkan di atas apakah kalian masih mau mengelupasi bibir?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id