sign up SIGN UP

LIFE

Mager Olahraga? Ini Cara Praktis Menurunkan Berat Badan

Putri Arya | Senin, 14 Sep 2020 09:15 WIB
Mager Olahraga? Ini Cara Praktis Menurunkan Berat Badan
caption

Punya berat badan ideal jadi idaman setiap wanita. Namun butuh perjuangan dan usaha keras ya, Ladies agar punya tubuh langsing.

Jika kamu tipe yang males gerak alias mager, apalagi untuk berolahraga, ternyata ada lho cara praktis menurunkan berat badan! Penasaran? Simak di bawah ini ya!

Mengunyah Pelan dan Lebih Lama

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, kunyah makanan pelan-pelan
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/pixabay.com/

Mengunyah makanan pelan-pelan akan membuat durasi makan jadi lebih lama. Mengunyah makanan secara perlahan juga bisa membuat kamu merasa kenyang. Makanan yang dikunyah lebih lama di dalam mulut membuat makanan lebih mudah dicerna. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berat badan lebih mudah naik saat kamu memakan makanan lebih cepat.

Makan dengan Piring Kecil

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, makan dengan piring kecil
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/freepik.com/

Gunakan piring kecil saat kamu ingin menyantap makanan tidak sehat. Piring kecil membuat makanan terlihat lebih besar dan ini bisa menjadi trik untuk otak kamu. Jadi, porsi makanan tak sehat kamu ini akan menjadi lebih sedikit. Namun lakukan trik sebaliknya saat kamu memakan makanan sehat.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, konsumsi lebih banyak protein
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/pixabay.com/

Protein berfungsi meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Protein bisa jadi menu makanan diet kamu tanpa harus olahraga. Makanan kaya protein seperti telur, daging, ikan, dada ayam, greek yogurt dan almond.

Makan Makanan Kaya Serat

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, makan makanan kaya serat
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/freepik.com/

Jika kamu malas berolahraga, maka harus lebih banyak mengonsumsi makanan kaya serat. Tak hanya protein, serat juga dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori dan melancarkan pencernaan. Coba perbanyak makan sayur ya!

Makan dalam Porsi Kecil

Lakukan kebiasaan makan dalam porsi kecil. Walau awalnya terlihat sulit, namun jika sudah terbiasa akan membantu kamu menurunkan berat badan lebih cepat. Terbiasa makan dalam porsi besar malah akan menimbulkan risiko obesitas.

Banyak Minum Air Putih

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, banyak minum air putih
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/freepik.com/

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga lainnya yaitu dengan perbanyak minum air putih. Minumlah segelas air putih setengah jam sebelum makan, hal ini dapat mengurangi rasa lapar. Sehingga kamu akan makan dalam porsi sedikit dan tak terlalu kenyang. Kamu juga bisa menjadikan air putih sebagai pengganti minuman berkalori seperti soda atau jus.

Sembunyikan Makanan Tak Sehat

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/pixabay.com/

Letakkan makanan tak sehat di tempat yang tak terlihat atau jarang disentuh. Menaruh makanan tak sehat di tempat yang mudah dijangkau malah mendorong kamu mengkonsumsinya terlebih saat sedang lapar.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, kurangi konsumsi makanan pedas
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/freepik.com/

Mengurangi kebiasaan makan makanan pedas bisa membantu kamu menurunkan berat badan lebih cepat. Makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan yang justru bisa menambah berat badan.

Aktif Bergerak

Walau sedang di rumah aja dan malas berolahraga, bukan berarti kamu malas gerak dan rebahan seharian. Cobalah aktif bergerak seperti naik-turun tangga, membersihkan rumah atau berkebun.

Bisa juga dengan jalan santai mengelilingi rumah atau lingkungan sekitar rumah selama 30 menit. selain menyehatkan, jalan santai sambil berjemur di pagi hari bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu dari serangan virus dan penyakit.

Minum Perasan Jeruk Nipis di Pagi Hari

cara praktis menurunkan berat badan tanpa olahraga, minum air jeruk nipis
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga/freepik.com/

Cara cepat turunkan berat badan tanpa olahraga lainnya yaitu dengan rutin minum air jeruk nipis di pagi hari. Meminum air jeruk nipis dan segelas air hangat jadi cara cepat menurunkan berat badan secara alami.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id