sign up SIGN UP

Masih Muda Tapi Sering Lupa? 5 Kegiatan Ini Tingkatkan Daya Ingat Supaya Nggak Jadi Pikun di Masa Tua

Zeyra Haya | Selasa, 14 Sep 2021 06:15 WIB
Masih Muda Tapi Sering Lupa? 5 Kegiatan Ini Tingkatkan Daya Ingat Supaya Nggak Jadi Pikun di Masa Tua
Foto: Masih Muda Tapi Sering Lupa? 5 Kegiatan Ini Tingkatkan Daya Ingat Supaya Nggak Jadi Pikun di Masa Tua/Pexels.com/George Milton

Kemampuan daya ingat dan konsentrasi dapat menurun seiring bertambahnya usia. Kondisi mudah lupa juga kerap dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor gaya hidup.

Tapi nggak perlu khawatir, kondisi ini bisa ditangani dengan mengasah kemampuan otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat. Daya ingat dan konsentrasi erat berkaitan dengan fungsi otak.

Oleh karena itu, cara meningkatkan ingatan yang baik adalah menjaga kesehatan otak dan memastikan nutrisinya terpenuhi.

Lakukan 5 Kegiatan ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa faktor lingkungan dan pola hidup dapat mempengaruhi daya ingat seseorang. Tips yang paling ampuh untuk meningkatkan daya ingat adalah menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan 5 kegiatan berikut ini.

Beauties, yuk simak penjelasannya di sini supaya kamu nggak jadi pikun di masa tua!

1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan dan memenuhi nutrisi otak untuk tingkatkan daya ingat/Foto: pexels/Flo Dahm
(Menjaga pola makan dan memenuhi nutrisi otak untuk tingkatkan daya ingat/Foto: pexels/Flo Dahm)

Dengan menjaga pola makan, kita dapat memastikan kebutuhan nutrisi otak terpenuhi dengan baik. Hal ini dilakukan agar mendapatkan fungsi otak yang optimal.

Untuk meningkatkan daya ingat, hindari konsumsi gula berlebih dan perbanyak konsumsi minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Perbanyak pula konsumsi buah dan sayuran hijau serta hindari alkohol karena dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Tidur teratur dapat meningkatkan kemampuan daya ingat/Foto: pexels/Ketut Subiyanto
(Tidur teratur dapat meningkatkan kemampuan daya ingat/Foto: pexels/Ketut Subiyanto)

Cara atasi sering lupa selanjutnya adalah dengan menjaga kualitas dan pola tidur. Tidur berperan penting dalam menjaga kekuatan memori dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Sehingga, semakin baik kualitas tidur kita, akan semakin baik fungsi otak dan ketajaman daya ingat.

3. Menjaga Berat Badan dan Olahraga Rutin

Cara ampuh atasi sering lupa dengan berolahraga/Foto: pexels/Andrea Piaqcuadio
(Cara ampuh atasi sering lupa dengan berolahraga/Foto: pexels/Andrea Piaqcuadio)

Selain baik untuk menjaga kebugaran tubuh, nyatanya menjaga berat badan dan melakukan olahraga rutin juga baik untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang obesitas dapat menyebabkan perubahan negatif pada gen memori di otak, selain itu obesitas juga dapat memicu resiko penyakit Alzheimer.

Olahraga rutin juga baik untuk meningkatkan daya ingat karena dapat melancarkan peredaran darah dan mendorong pertumbuhan sel saraf baru.

4. Rutin Melakukan Kegiatan Organisir

Menyusun barang hingga buat agenda harian, kegiatan ini bisa asah daya ingat/Foto: pexels/SHVETS Production
(Menyusun barang hingga buat agenda harian, kegiatan ini bisa asah daya ingat/Foto: pexels/SHVETS Production)

Kebiasaan menata dan mengorganisir sesuatu ternyata juga dapat berdampak bagi ketajaman ingatan. Mulai dari mengorganisir hal-hal kecil seperti menata barang dan menyusun agenda harian dapat membuat otak lebih fokus dan daya ingat tetap terjaga.

5. Aktif Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi tingkatkan kognitif otak dan kemampuan mengingat/Foto: pexels/Tima Miroshnichenko
(Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi tingkatkan kognitif otak dan kemampuan mengingat/Foto: pexels/Tima Miroshnichenko)

Aktif bersosialisasi dapat melepas stres dan menghilangkan depresi. Dengan begitu, kondisi ini dapat mengurangi resiko penurunan daya ingat. Menjalin komunikasi juga dapat meningkatkan kognitif dan mengasah otak bekerja secara optimal sekaligus mengasah ketajaman daya ingat.

Beauties, itulah kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan daya ingat dan mengatasi kondisi sering lupa. Jangan lupa diterapkan ya, supaya penyakit sering lupa saat muda ini nggak jadi masalah pikun di masa tua nanti.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id