sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! Ternyata Ini Perbedaan Covid-19 Varian Kappa, Lambda, dan Delta

Dimitrie Hardjo | Senin, 19 Jul 2021 07:30 WIB
Waspada! Ternyata Ini Perbedaan Covid-19 Varian Kappa, Lambda, dan Delta
Foto: Covid Varian Kappa, Lambda, Delta, Apa Bedanya?/Pexels.com/Nandhu Kumar

Virus corona bermutasi dari beberapa negara, membentuk varian-varian baru selain dari varian Alpha, Beta, dan Gamma. Masing-masing varian virus corona menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada pasiennya. Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui varian virus apa saja yang menyebar saat ini, agar kita bisa lebih waspada.

Varian virus corona.Varian virus corona./ Foto: Dimitrie Hardjo

Varian tersebut diantaranya adalah varian kappa, varian lambda, dan varian delta. Nama-nama ini digunakan untuk menghindari diskriminasi terhadap negara tempat virus ini bermutasi. Namun, apakah kamu masih bingung perbedaan dari varian virus covid tersebut? Dilansir dari detikHealth, ini di informasi selengkapnya tentang ketiga varian virus tersebut. Simak yuk!

POsterIlustrasi varian Covid/ Foto: Edi Wahyono

Varian Kappa

Penularan varian Kappa, B.1617.1, yang merupakan turunan dari varian virus yang ditemukan di India pada Oktober 2020 lalu (B.1617) tergolong cepat. Mereka yang mengidap komorbid juga perlu lebih waspada, karena gejala yang dirasakan saat terpapar COVID-19 varian ini bisa lebih serius. Oleh karena varian ini memiliki mutasi yang memengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, dan kemampuan virus untuk menghindari imun, maka varian ini masuk dalam variant of interest (VoI).

Varian Lambda

Pertama ditemukan di Peru pada bulan Agustus 2020 lalu, varian lambda atau C.37 tidak memiliki karakteristik yang melebihi keagresifan varian lain. Walaupun virus ini belum ditemukan penyebarannya di Indonesia, penyebaran varian Lambda sudah terjadi di 29 negara, seperti Inggris, Argentina, Brasil, Ekuador, dan lain-lain. Varian Lambda ini juga termasuk variant of interest (VoI) berdasarkan WHO.

Varian Delta

Varian Delta kembali membuat kenaikan kasus Covid-19 di beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia. Selain menimbulkan gejala yang cukup bervariasi, penyebaran varian Delta atau B.1617.2 ini begitu cepat lho, Beauties! Jadi, dibutuhkan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi untuk menghindari terpapar virus varian ini. Sudah terdapat 382 kasus Covid-19 dengan varian Delta yang tersebar di Indonesia dan DKI Jakarta menjadi provinsi terbanyak dengan 173 kasus.

Lalu, Bagaimana Pencegahannya?

Vaksinasi sebagai pencegahan penularan virus.
Vaksinasi sebagai salah satu pencegahan penularan virus. Foto: pexels.com/nataliyavaitkevich/

Pencegahan terbaik yang bisa dilakukan saat ini untuk menghindari terpapar COVID-19, yaitu dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan selalu memakai masker saat ke luar. Sebaiknya tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak di luar untuk mengurangi risiko penularan. Namun, jika terpaksa harus pergi, maka persingkat waktu di luar, selalu menjaga jarak, dan memakai masker ganda juga dianjurkan saat pergi.

Jangan lupa untuk segera vaksinasi agar tubuh membentuk antibodi sendiri terhadap virus. Walaupun tidak sepenuhnya mencegah kemungkinan penularan, tapi vaksinasi dapat mengurangi keparahan gejala yang dirasakan.

Itu dia tiga varian baru dari COVID-19 yang perlu kamu waspadai. Tetap jaga kesehatan ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id