sign up SIGN UP

MAKE-UP

Viral di TikTok, Ini Bahaya Lakukan Lash Lift Sendiri di Rumah

Esra Dopita | Kamis, 06 Aug 2020 11:00 WIB
Viral di TikTok, Ini Bahaya Lakukan Lash Lift Sendiri di Rumah
caption

Platform TikTok tak hanya dimanfaatkan untuk membuat konten dance, tapi juga belakangan untuk kecantikan. Terbaru, beredar video lash lift atau membuat tampilan bulu mata tampak lentik yang dilakukan sendiri di rumah. Video itu pun viral.

Meski tak sepopuler eyelash extension, lash lift diklaim lebih baik dan praktis daripada eyelash extension. Lash lift merupakan metode perawatan bulu mata menggunakan cairan khusus dengan membuat bulu mata lentik, tebal, panjang sehingga hasilnya tampak natural dan ringan.  

Lash lift merupakan metode perawatan bulu mata menggunakan cairan khusus dengan membuat bulu mata lentik, tebal, serta tampak natural dan ringan.
https://unsplash.com/@luxdamore

Sedangkan eyelash extension menanamkan bulu mata tambahan pada kelopak mata agar terlihat tebal, penuh, juga lentik walau kurang terlihat alami dan berat.

Lash lift dapat menjadi alternatif bagi wanita yang ingin tampil simpel dan praktis tanpa perlu menggunakan maskara atau bulu mata palsu terus-menerus. Untuk menerapkannya, lash lift menggunakan cairan kimia. 

Meski tak sepopuler eyelash extension, lash lift diklaim lebih baik dan praktis dibanding eyelash extension.
https://unsplash.com/@wellcabral

Cairan itu mengandung bahan kimia, yakni keratin. Kandungan ini bermanfaat membuat volume pada bulu mata. Prosedur lash lift memakan waktu kurang-lebih 45 menit, tapi hasilnya baru terlihat setelah enam sampai delapan minggu.

Sebelum menerapkannya, bersihkan terlebih dulu kelopak mata dan bulu mata dari keringat, minyak, serta makeup. Namun, dalam 24 jam pertama usai lash lift dilakukan, disarankan area mata tidak terkena air, uap, juga maskara agar mendapat hasil maksimal serta ikal bulu mata dapat bertahan lama. 

Lash lift dapat menjadi alternatif bagi wanita yang ingin tampil simpel dan praktis tanpa menggunakan maskara atau bulu mata palsu terus-menerus.
https://unsplash.com/@kaleajerielle

Dengan perawatan lash lift, bulu mata akan tampak lentik, tebal, dan panjang selama satu hingga dua bulan tanpa perlu menggunakan alat penjepit bulu. Demi tetap menjaga kelentikan, perawatan ini dapat dilakukan kembali beberapa bulan kemudian.

Walau lebih praktis, lash lift memiliki efek samping, apalagi bila tidak dilakukan oleh ahli kecantikan profesional. Efek samping itu meliputi kerusakan bulu mata, iritasi kulit, ruam, mata iritasi, mata kering, hingga lecet pada kornea mata. 

Dengan perawatan lash lift, bulu mata akan tampak lentik, tebal, dan panjang selama satu hingga dua bulan.
https://unsplash.com/@hayleykimdesign

Sebelum diberi cairan, area bulu mata akan diberi silikon dan bantalan di sepanjang garis bulu mata demi mencegah cair keratin terkena kulit. Namun, hal ini tidak dapat berhasil 100 persen. Cairan keratin akan bercecer ke area mata dan kulit wajah.

Akibatnya, akan mengalami iritasi jika memiliki riwayat alergi, mata kering, juga kondisi hipersensitif pada mata dan kulit. Lebih bahaya apabila cairan masuk ke mata.

Mata akan mengalami luka, terasa seperti terbakar, parahnya kornea mata akan lecet. Karena itu, lash lift tidak dianjurkan dilakukan sendiri di rumah. Lakukan perawatan di klinik kecantikan tepercaya dengan ahli kecantikan profesional. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id