sign up SIGN UP

Jangan Sampai Terlewat! Inilah Manfaat Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

Liana Dewi | Jumat, 16 Apr 2021 03:00 WIB
Jangan Sampai Terlewat! Inilah Manfaat Sahur Bagi Kesehatan Tubuh
caption
Jakarta -

Saat berpuasa, kita dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu. Sahur memiliki banyak keutamaan dan sahur hukumnya sunnah alias kita mendapat pahala saat menjalankannya dan tidak berdosa saat meninggalkannya.

Meski tidak wajib, namun sahur ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi tidak heran jika dokter hingga ahli gizi sangat menganjurkan untuk sahur terlebih dahulu saat dini hari sebelum melakukan puasa.

Nah, apa saja manfaat sahur bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut!

Mencegah Dehidrasi

Sahur Dapat Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa
Sahur Dapat Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa/freepik.com

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan nutrisi selama lebih dari 18 jam. Oleh karena itu, tubuh jadi rentan dehidrasi. Karena hal tersebut, sebelum berpuasa dianjurkan untuk sahur dengan memakan makanan dengan gizi seimbang dan cukup minum air putih. Usahakan minum air putih sebanyak 2 gelas saat sahur agar tidak terkena dehidrasi.

Sumber Energi Selama Berpuasa

Menyantap Makanan Sehat Saat Sahur
Menyantap Makanan Sehat Saat Sahur/freepik.com

Meski berpuasa, bukan berarti boleh bermalas-malasan. Aktivitas sehari-hari harus tetap berjalan seperti biasa. Maka dari itu, sahur menjadi kesempatan terbaik untuk mengisi cadangan energi. Perhatikan asupan protein dan vitamin saat sahur supaya selama puasa tubuhmu tetap segar dan bertenaga.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sahur Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sahur Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan/freepik.com

Perut yang dibiarkan kosong terlalu lama bisa menyebabkan asam lambung naik. Karena itu, jika puasa tidak didahului dengan sahur bisa membuat perut kembung hingga bisa memicu penyakit maag.

Saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak membuat kembung serta memakan makanan yang kaya serat supaya kesehatan pencernaan tetap terjaga. Jika pencernaan sehat, tentu puasa jadi lebih hikmat.

Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh

Sahur untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sahur untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh/freepik.com

Dengan sahur, daya tahan tubuh terhadap penyakit dan radikal bebas jadi meningkat. Dengan catatan, saat sahur kamu perlu mengisi nutrisi yang cukup untuk kebutuhan selama berpuasa hingga waktunya berbuka.

Jika tidak sahur, tubuhmu jadi rentan kekurangan nutrisi dan membuat ketahanan tubuhmu menurun. Maka dari itu, pilihlah buah dan sayur yang memiliki antioksidan tinggi supaya tubuhmu bebas dari serangan penyakit. Jika dirasa perlu, kamu pun bisa minum multivitamin supaya daya tahan tubuhmu semakin terjaga.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id