sign up SIGN UP

Beda dari WhatsApp, 4 Fitur Menarik Ini Cuma Ada di Telegram! Sudah Ikut Mencoba?

Rini Apriliani | Kamis, 14 Oct 2021 09:30 WIB
Beda dari WhatsApp, 4 Fitur Menarik Ini Cuma Ada di Telegram! Sudah Ikut Mencoba?
caption
Jakarta -

Setiap aplikasi memang memiliki keunggulannya masing-masing. Walau memiliki tujuan yang sama, tentu akan selalu ada perbedaan dari produk buatan perusahaan yang satu dengan yang lain. Hal ini tentu saja untuk dapat menarik lebih banyak pengguna.

WhatsApp dan Telegram merupakan aplikasi yang bertujuan sama, yaitu untuk berkirim pesan. Namun keduanya ini memiliki fitur yang berbeda-beda. 

Seperti halnya keempat fitur ini yang hanya bisa kamu temukan di Telegram. Penasaran apa saja fitur menariknya tersebut? Simak di sini yuk!

1. Find People by Location

Meski berjauhan namun dengan ada grup chatting akan membuat hubungan kalian tetap kompak dan akrabFitur Telegram Menarik/ Foto: Freepik.com

Beauties, di Telegram kamu bisa menambah teman atau relasi baru sesuai dengan lokasi di sekitarmu. Namun, untuk menggunakan fitur yang satu ini kamu tentu harus menyalakan atau mengaktifkan fitur ini juga agar kontakmu bisa terdeteksi oleh orang lain. 

Selain menjadikannya sebagai ajang menambah teman, banyak juga dari mereka yang menjadikan fitur ini sebagai ajang cari jodoh. Sebab, jika sama-sama saling mengaktifkan, salah satunya bisa mengirim pesan duluan. 

Kamu yang ingin menggunakan fitur ini, bisa masuk ke tab Contacts dan berikan izin lokasi saat ditanyakan. Bagaimana, mudah dan sangat sederhana bukan?

2. Rekam Video Call

teknologi saat ini semakin memudahkan kita untuk bertemu virtual lebih intens dengan menggunakan video call/Pexels.com/MonsteraFitur Menarik Telegram/Pexels.com/Monstera

Siapa nih yang suka video call-an? Umumnya, setiap aplikasi chatting seperti WhatsApp memang memberikan fitur video call. Namun, belum ada lho aplikasi yang dapat memberikan fitur rekam saat vidcall-an. 

Nah di Telegram, kamu bisa merasakan fitur yang satu ini. Seperti saat menggunakan Zoom dan Google Meet ya, Beauties. Selanjutnya, rekaman tersebut tentu bisa dikirimkan.

Untuk menggunakan fitur ini, caranya adalah klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Tapi jangan lupa untuk memastikan, jika sebelum menggunakan fitur ini, kamu telah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video ya!

3. Private Channel

Tipe Orang di WhatsappFitur Telegram Menarik/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Selanjutnya ada fitur private channel yang ditawarkan oleh Telegram. Ini merupakan fitur yang benar-benar tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya lho!

Pengguna Telegram bisa membuat private channel dan menyebarkan informasinya ke siapa saja, tanpa perlu menerima respon atau pesan balik dari para pengikutnya. Channel ini umumnya bisa diakses oleh siapa saja. 

Di Telegram sendiri banyak yang menjadikan private channel ini sebagai media untuk saling berbagai informasi, hingga dijadikan tempat nonton film ilegal. Namun, kamu jangan memanfaatkan fitur ini dengan salah ya, Beauties! Kamu bisa kok, menjadikannya untuk menyimpan data atau pesan penting apapun sesuai kebutuhan.

4. Fitur Slow Mode

Women's hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home.Fitur Telegram Menarik/ Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa

Jika di WhatsApp kita hanya bisa membuat grup berisikan ratusan anggota saja, berbeda halnya dengan Telegram. Aplikasi yang satu ini bisa menambahkan anggota sampai 200.000 orang.

Tentu saja sangat memudahkan untuk membuat grup besar ya, Beauties! Namun, di balik keuntungan tersebut terselip kekurangan yaitu akan memicu datangnya banyak pesan yang membuat kita jadi kewalahan sendiri. 

Mengatasi hal ini, admin grup dapat memberikan opsi 'Slow Mode', yaitu fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup mengirimkan pesan. Fitur yang disediakan ini akan mempermudah admin grup untuk mengelola grup besar agar terasa nyaman digunakan dan tidak mengganggu banyak orang.

Beauties, seperti yang dilansir dari Detik Inet, itu dia keempat fitur Telegram yang menarik dan sayang banget dilewatkan. Bagaimana, ada yang sudah pernah kamu coba atau justru baru akan mencobanya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id