sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Hanya Tingkatkan Produktivitas, Rumah yang Bersih Ternyata Bisa Jaga Kesehatan Mental

Rani Mutiara | Minggu, 18 Jul 2021 16:15 WIB
Bukan Hanya Tingkatkan Produktivitas, Rumah yang Bersih Ternyata Bisa Jaga Kesehatan Mental
Foto: Rumah yang Bersih Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental Lho/Freepik.com/prostooleh

Siapa di sini yang masih sering malas-malasan membersihkan rumah? Tau nggak sih, kalau ternyata manfaat membersihkan rumah itu banyak banget. Nggak hanya membuat rumah terasa lebih nyaman dan rapi, tapi juga membuat kamu semakin produktif dan bisa berdampak pada kesehatan mental juga, lho!

Ilustrasi perempuan sedang stresIlustrasi perempuan sedang stres/ Foto: Freepik.com/gpointstudio

Pada tahun 2010, para peneliti di Universitas California mencoba memanfaatkan sebuah perangkat lunak untuk mengamati hubungan tingkat stres dengan keadaan rumah dari 30 pasangan rumah tangga. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa mereka yang tinggal dalam sebuah rumah yang berantakan dan sering mengeluhkan soal tugas-tugas proyek yang belum selesai, cenderung lebih mudah stres dan kelelahan daripada mereka yang tinggal di sebuah rumah yang bersih dan terorganisir.

Selain itu, para peneliti juga mengamati bahwa mereka yang tinggal dalam keadaan rumah berantakan memiliki kadar hormon kortisol yang lebih tinggi. Dimana hormon ini dilepaskan dari kelenjar adrenal ke dalam darah seseorang sebagai respon terhadap suatu tekanan atau stres. Jadi semakin tinggi tingkat stres seseorang makan semakin tinggi juga hormon kortisol dalam pembuluh darahnya.

Membersihkan Rumah | Foto : freepik.com/prostooleh
Membersihkan Rumah | Foto : freepik.com/prostooleh

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kondisi rumah yang berantakan dan tidak terorganisir dengan baik dapat mengakibatkan stres dan kekhawatiran yang lebih tinggi. Hal ini tentu saja dapat berdampak kepada produktivitas kita karena rumah yang berantakan dan pekerjaan yang menumpuk membuat kita menjadi lebih mudah kehilangan fokus. Bahkan rumah yang berantakan juga membuat kita merasa tidak nyaman saat ingin beristirahat.

Oleh karena itu, sisihkanlah sedikit waktu setiap harinya untuk membersihkan rumah sendiri. Jika kamu ingin menghemat waktu dalam membersihkan rumah, maka kamu wajib menerapkan kedisiplinan seperti, langsung mencuci piring begitu selesai makan dan memasak, langsung membereskan kasur setelah bangun tidur, menyiapkan baju dari lemari satu hari sebelum digunakan dan tidak lupa mengembalikan barang-barang yang sudah digunakan ke tempatnya semula. Hal-hal kecil ini jika terus-terusan diabaikan malah akan menjadi pekerjaan yang menumpuk.

Perempuan Bersih-bersihMembersihkan rumah | Foto: Freepik.com/prostooleh

Selain rumah menjadi lebih rapi dan nyaman, membersihkan rumah juga bisa meningkatkan kualitas suasana hati dan tidur. Ketika kualitas tidur terjaga, otomatis suasana hati kita juga ikut membaik. Selain itu, ketika kita membersihkan rumah, maka itu artinya kita sedang melakukan aktivitas fisik sama halnya seperti ketika kita berolahraga. Dimana ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat kita merasa lebih senang. 

Mulai hari ini, jangan sampai malas-malasan membersihkan rumah lagi ya, Beauties! Supaya kamu tetap produktif dan juga sehat secara fisik serta mental. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang mewajibkan kita untuk menjaga kebersihan baik di rumah maupun di luar rumah.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id