sign up SIGN UP

Perawatan Tanaman Hias Indoor: Suplemen dan Pupuk yang Diperlukan

Dian Aprilia | Selasa, 13 Jul 2021 11:30 WIB
Perawatan Tanaman Hias Indoor: Suplemen dan Pupuk yang Diperlukan
caption

Prinsip dasar yang perlu kamu pahami sebelum merawat tanaman hias indoor adalah setiap jenis tanaman hias memiliki karakteristik, kebutuhan dan masalah yang berbeda-beda. Jadi penting sekali untuk mencari tahu tentang informasi tersebut sebelum membeli atau merawat tanaman hias.

Namun, dari berbagai jenis tanaman hias ada panduan dasar untuk merawat tanaman hias indoor agar bisa tumbuh subur dan tetap sehat. Berikut beautynesia.id telah merangkum tips perawatan tanaman hias indoor beserta suplemen dan pupuk yang diperlukan:

Penyiraman

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com/Daria Shevtsova

Salah satu kunci merawat tanaman hias indoor adalah penyiraman. Untuk itu, hal pertama yang perlu kamu tahu sebelum merawat tanaman hias adalah kebutuhan air. Apakah tanaman tersebut suka air atau hanya perlu disiram selama 1 kali dalam seminggu dan lainnya?

Kamu juga perlu mengetahui karakteristik tanaman tersebut. Apakah daun dan batangnya mudah membusuk jika air tergenang atau tanaman memerlukan air dalam jumlah banyak? Jadi setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda bergantung dengan jenis tanaman hias dan lingkungannya.

Penempatan

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com/Huy Phan

Hal yang tidak kalah pentingnya saat merawat tanaman hias dan bunga hias adalah penempatannya. Pemilihan penempatan tanaman hias bergantung pada kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari.

Kebutuhan paparan sinar matahari terdiri dari 3 kelompok yakni paparan sinar matahari tidak langsung, paparan sinar matahari langsung dan teduh. Selanjutnya, kamu perlu mengetahui apa kebutuhan tanaman hias dan bunga hias milikmu. Intinya setiap tanaman hias pasti membutuhkan matahari, hanya saja setiap tanaman memiliki kadar kebutuhan yang berbeda terhadap sinar matahari.

Vitamin B1

tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com/Huy Phan

Selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan adalah suplemen untuk tanaman hias dan bunga hias milikmu. Salah satu yang penting untuk dimiliki adalah vitamin B1 Kandungan hormon pertumbuhan auksin dalam cairan vitamin B1 bermanfaat untuk menguatkan akar tanaman hias indoor.

Suplemen ini sangat penting, utamanya untuk pertumbuhan tanaman hias di awal perpindahan pot atau lingkungan yang baru. Cara pemberiannya adalah dengan mencampur satu sendok makan vitamin B1 dengan air sebanyak 5 liter air. Kemudian semprotkan ke media tanam selama 2 minggu sekali.

NPK 16-16-16

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com/cottonbro

Terakhir, perawatan tanaman hias atau bunga hias indoor adalah dengan pemberian pupuk. Sebenarnya pemberian pupuk tidak terlalu ribet seperti yang dibayangkan. Kamu bisa menggunakan jenis pupuk NPK 16-16-16 yang diberikan sebulan sekali atau 2 minggu sekali.  

Cara pemberian pupuk NPK pada tanaman hias dibagi menjadi 2 cara, yakni ditaburkan secara langsung di media tanam dan dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Kamu perlu hati-hati dalam memberikan pupuk NPK, sebab jika terlalu banyak bisa menyebabkan Over Dosis dan bikin tanaman hias mati.

Itulah 4 tips perawatan tanaman hias indoor, suplemen dan pupuk yang diperlukan. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id