sign up SIGN UP

LIFE

Siapa Sangka, 10 Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun!

Ayuliy Lestari | Senin, 11 Jan 2021 10:30 WIB
Siapa Sangka, 10 Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun!
Foto: Tanaman Hias Beracun/Freepik.com

Rumah yang dipenuhi dengan tanaman hijau, memang terlihat asri dan sejuk. Bahkan beberapa tanaman hias bisa ditaruh di dalam ruangan dan memiliki fungsi yang baik, seperti mengurangi debu, menetralisir bau, mengusir serangga hingga menurunkan tingkat kebisingan.

Namun jangan salah Ladies, ada pula beberapa tanaman hias yang ternyata mengandung racun dan berbahaya, apalagi jika tertelan oleh makhluk hidup. Jadi, sebaiknya taruhlah tanaman tersebut di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.

Dilansir dari HaiBunda.com berikut daftar tanaman hias yang perlu kamu waspadai karena mengandung senyawa yang bisa saja berbahaya untuk penghuninya.

1. LZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

Tanaman hias berbahaya
Tanaman hias/Freepik.com

ZZ plant atau tanaman dolar merupakan tanaman hias yang sempat populer beberapa waktu lalu. Bentuknya kokoh dan memiliki daun yang berwarna hijau pekat, tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, mengandung banyak air, dan tampak mengkilap. Bahkan saat di malam hari, ketika sorot lampu menerpa, daun-daun ini seolah menampilkan kilau yang sangat indah, Ladies.

Meski indah, sayangnya tanaman yang mirip dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

2. Peace lily

Tanaman hias berbahaya
Tanaman hias/Freepik.com

Tanaman hias asal Amerika Selatan ini memiliki karakteristik yang cantik, yaitu daun yang mengkilap dan bunga berwarna putih. Peace lily sering dijadikan tanaman hias di dalam ruangan atau indoor karena tanaman ini hanya membutuhkan sedikit sinar matahari.

Selain cantik jika dijadikan dekorasi ruangan, peace lily juga berfungsi sebagai pembersih sirkulasi udara rumah. Namun kamu juga belum berhati-hati karena tanaman ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan muntah jika sampai tertelan.

3. Lidah Mertua

Tanaman hias berbahaya
Tanaman hias/Freepik.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tanaman dengan nama ilmiah sansevieria ini. Memiliki corak daun dan warna yang indah, lidah mertua sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Selain itu juga memiliki banyak manfaat, salah satunya digunakan sebagai penyuplai udara bersih.

Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, namun tetap bisa menyebabkan muntah dan diare.

4. Wisteria

Tanaman hias berbahaya
Tanaman hias/Freepik.com

Wisteria adalah tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah, tak heran jika tanaman ini sangat populer di China dan Jepang. Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Zat saponin yang terkandung dalam biji tanaman hias wisteria, bisa menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan jika tertelan oleh makhluk hidup termasuk manusia.

5. Daffodil

Tanaman hias berbahaya
Tanaman hias/Freepik.com

Daffodil berbentuk seperti terompet kecil dengan bunga berwarna kuning cerah. Namun dibalik tanaman hias cantik dengan balutan bunganya yang indah ini, ternyata daffodil mengandung racun. Jika bagian umbi atau akarnya termakan maka akan mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung dan tremor.

6. Foxgloves

Tanaman hias berbahaya
Tanaman hias/Freepik.com

Tanaman hias berbentuk lonceng yang unik ini juga berbahaya untuk manusia bahkan bisa menyebabkan kematian. Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian balita untuk memainkannya, jadi kamu harus berhati-hati jika memiliki tanaman hias yang satu ini.

Jika sampai tertelan, gejala yang dialami berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung. Hati-hati ya..

7. Rhododendron dan Azalea

Tanaman hias beracun
Tanaman hias/Freepik.com

Kamu pasti akan terkesima melihat keindahan warna yang dihasilkan tanaman hias yang satu ini. Tapi jangan sampai tertipu, Ladies karena rhododendron dan azalea masuk ke dalam kategori tanaman hias berbahaya bagi makhluk hidup.

Jika kamu tetap ingin merawat tanaman hias ini, pastikan untuk menaruhnya di tempat yang sulit dijangkau. Karena jika sampai tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.

8. Philodendron

Tanaman hias beracun
Tanaman hias/Freepik.com

Tanaman hias philodendron cukup populer dan kerap dijadikan sebagai interior ruangan karena daunnya yang indah dan perawatannya yang cukup mudah. Meskipun bisa diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman hias ini aman untuk makhluk hidup ya, Ladies.

Tanaman hias philodendron justru berbahaya karena mengandung racun di dalamnya. Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

9. Belladonna

Tanaman hias beracun
Tanaman hias/Freepik.com

Sekilas tanaman hias ini mirip dengan buah berry yang menggiurkan untuk disantap sehingga jika ada balita di dalam rumah, kamu harus benar-benar meletakkannya di tempat yang lebih tinggi agar tidak bisa dijangkau. Belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi. Ada beragam efek yang terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur dan halusinasi.

10. Sri Rejeki

Tanaman hias beracun
Tanaman hias/Freepik.com

Sri rejeki atau nama ilmiahnya adalah aglaonema, tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau araceaeini yang ternyata juga berbahaya bagi manusia maupun hewan peliharaan. Karena tanaman hias ini mengandung getah kalsium oksalat pada batang dan daunnya.

Jika sampai tersentuh, bisa menyebabkan gatal-gatal pada lidah dan bibir. Bahkan bisa menyebabkan kejang-kejang, pembengkakan mulut, air liur berlebihan, muntah, hingga kesulitan bernapas.

Nah, itulah beberapa tanaman hias yang ternyata sangat berbahaya jika tidak sengaja tertelan atau terkena getahnya. Jadi cek terlebih dahulu ada unsur apa di dalam tanaman sebelum kamu membelinya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id