sign up SIGN UP

LIFE

Warning! Ini 5 Kesalahan yang Bikin Tanaman Gagal Tumbuh di Air

Dian Aprilia | Minggu, 04 Apr 2021 18:00 WIB
Warning! Ini 5 Kesalahan yang Bikin Tanaman Gagal Tumbuh di Air
caption

Salah satu keunggulan media tanam air adalah tumbuhan terlihat lebih cantik dan bersih karena diletakkan di wadah bening sehingga bisa mengekspos akarnya. Selain itu tanaman dengan media tanam air yang diletakkan dalam ruangan bisa tumbuh dengan baik dalam waktu yang relatif lama.

Meski begitu, kamu tidak bisa menanam dengan sembarangan, perlu cara-cara khusus agar tanaman bisa tetap tumbuh dengan subur. Salah satunya adalah dengan menghindari 5 kesalahan yang bisa bikin tanaman gagal tumbuh di air, berikut ini:

Pencahayaan kurang atau berlebihan

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com

Cahaya merupakan aspek yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Oleh sebab itu, hal ini harus benar-benar diperhatikan baik pada tumbuhan dengan media air ataupun tanah.

Pasalnya kekurangan atau kelebihan sinar matahari bisa memberikan dampak negatif pada tanamanmu. Untuk itu sebaiknya kamu mengenali karakteristik tanamanmu dan juga kebutuhan sinar matahari. Dan sesuaikan perawatannya dengan karakteristiknya. Sebaiknya letakkan di tempat dengan cahaya matahari tidak langsung agar tetap bisa tumbuh dengan baik.

Tidak mengganti air secara rutin

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com

Mengganti air adalah rutinitas yang sangat penting bagi kamu yang sedang menanam tumbuhan di air. Kamu perlu mengganti air selama 1 minggu sekali guna menghilangkan penumpukan karbondioksida. Oleh sebab itu agar tidak lupa dan terlewat mengganti air, kamu bisa membuat jadwal rutin atau alarm, misal setiap hari Minggu pagi dan lainnya.

Merendam daun di air

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com

Kesalahan berikutnya adalah membiarkan daun tanaman hias terendam dalam air. Padahal daun yang terendam di air, lama-lama bisa membusuk.

Kamu perlu tahu bahwa tanaman yang dibiakkan dalam air, hanya membutuhkan 1 atau 2 daun dan sebuah node untuk tumbuh akar di dalam media air. Jadi tak perlu menyisakan banyak daun di dalamnya hingga membuatnya tenggelam di dalam air ya.

Tidak membuang jentik nyamuk

Tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com

Kesalahan berikutnya yang tidak kalah penting adalah tidak membuang jentik nyamuk secara rutin. Jentik nyamuk harus dibuang agar kesehatan tanaman dan keluarga tetap terjaga. Cara yang perlu kamu lakukan bukan hanya mengganti air secara rutin, melainkan juga mencuci tanamanmu, dari batang hingga akar. Sebab jentik nyamuk biasanya bersembunyi di akar atau batang tanaman.

Jangan membiakkan tanaman di air sembarangan

tanaman hias
Tanaman hias/pexels.com

Terakhir, kesalahan yang sering dilakukan adalah melakukan propagasi atau membiakkan tanaman di air secara sembarangan. Jangan melakukan propagasi air jika tanamanmu bisa tumbuh dengan mudah dalam tanah. Sebab akar yang tumbuh di air memiliki kondisi yang sangat berbeda dengan akar yang tumbuh di tanah.

Sebaiknya lakukan riset ringan terlebih dahulu untuk tahu mana jenis tanaman yang bisa tumbuh di air dan juga tanah agar tidak keliru. Tanaman yang bisa tumbuh di air diantaranya adalah sirih gading, jade plant, lidah buaya, spider plant, dan juga peace lily.

Itulah 5 kesalahan yang bikin tanamanmu gagal tumbuh di air. Untuk itu, jangan lakukan lagi 5 kesalahan tersebut ya, dan cari informasi dasar sebelum memutuskan untuk merawat tanaman agar bisa tumbuh subur.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id