sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

4 Hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua Saat Anak Kembali Sekolah di New Normal

Esra Dopita | Kamis, 09 Jul 2020 08:00 WIB
4 Hal yang Perlu Dilakukan Orang Tua Saat Anak Kembali Sekolah di New Normal
caption

New normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi virus corona masih terus digodok pemerintah Indonesia untuk bisa diterapkan di seluruh sektor, termasuk pendidikan. Rencananya, bila new normal diterapkan pada sektor pendidikan, artinya sekolah akan kembali dibuka.

Rencana dibukanya kembali sekolah menimbulkan kekhawatiran bagi para orang tua terhadap keselamatan anak. Mengingat, anak-anak termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus COVID-19. Lantas, apa yang harus dilakukan para orang tua agar anak-anak tetap aman bersekolah saat new normal nanti? Simak tips di bawah ini. 

Siapkan Mental Anak 

image
https://www.cnnindonesia.com/

Hal utama yang perlu dilakukan orang tua untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi new normal adalah kesiapan mental. Hampir tiga bulan sudah anak-anak tidak masuk sekolah. Saat memasuki new normal, mama perlu menjelaskan mengapa mereka kembali bersekolah. Beberapa anak mungkin enggan kembali bersekolah lantaran sudah terlalu asyik di rumah atau cemas terinfeksi virus.


Karena itu, orang tua perlu menyiapkan mental anak untuk kembali bersekolah. Katakan kondisi saat ini sudah lebih baik dibanding awal pandemi sehingga tak perlu cemas, tapi tetap berhati-hati. Mama bisa menanyakan hal apa yang dirindukan anak saat kembali ke sekolah, lalu motivasi mereka. Dengan demikian, mental anak kembali siap bersekolah. 

Briefing Anak 

image
https://news.detik.com/

Selanjutnya, para orang tua harus mem-briefing atau mengarahkan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari anak saat nanti kembali bersekolah. Gunakan bahasa yang mudah dipahami serta sesuai dengan usia dan pemahaman anak, apalagi virus COVID-19 tidak terlihat sehingga sulit dimengerti anak.

Untuk memudahkan pemahaman anak, mama bisa memberi contoh video dari sekolah di luar negeri yang sudah kembali aktif lebih dulu daripada sekolah di Indonesia. Video ini bisa menjadi media belajar sekaligus gambaran bagi anak saat bersekolah pada masa new normal nanti. Dengan demikian, anak dapat mengerti juga tidak kaget dengan situasi belajar yang berbeda dari sebelumnya. 

Ajarkan Protokol Kesehatan 

image
https://wolipop.detik.com/

New normal bukan berarti anak melepaskan protokol kesehatan yang sudah di jalan selama hampir tiga bulan ini. Beri tahu mereka sudah bisa bersekolah, tapi keadaannya tidak seperti dulu. Anak-anak tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang sudah dijalankan di rumah selama masa pandemi corona ke lingkup sekolah.

Pertama, mengajarkan anak-anak tetap mengenakan masker saat di sekolah. Kedua, tetap menjaga jarak dengan teman-temannya. Ketiga, mencuci tangan setiap memegang benda atau saat tiba di sekolah maupun di rumah. Sediakan juga hand sanitizer untuk anak. 

Membawa Bekal 

image
https://food.detik.com/

Menyediakan bekal sekolah mungkin sudah menjadi kebiasaan mama. Selama masa new normal ini para orang tua wajib melanjutkan kebiasaan itu. Siapkan makanan dan minuman sendiri bagi anak.

Ajarkan anak untuk memakan bekal di kelas dan hindari berbagi makanan dengan teman, apalagi sampai bertukar alat makan. Selain itu, beri tahu anak agar tetap berada di kelas meski jam istirahat dan ajarkan anak untuk tidak membeli jajanan apa pun di sekolah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id