sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips untuk Ibu Baru agar Tidak Mudah Kelelahan Merawat Bayi Baru Lahir

Munjidah Hamsa | Rabu, 08 Jul 2020 07:30 WIB
Tips untuk Ibu Baru agar Tidak Mudah Kelelahan Merawat Bayi Baru Lahir
caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, tubuh ibu akan mudah merasa lelah karena masih dalam masa pemulihan pasca melahirkan. Hal ini juga bisa ditambah dengan jadwal menyusui setiap 2 hingga 3 jam sekali. Dengan kondisi seperti ini, ibu baru melahirkan akan merasa kurang istirahat yang bisa berakibat pada konsentrasi yang terganggu saat mengurus bayi, berkurangnya produksi Air Susu Ibu (ASI), dan meningkatnya risiko stres.

Agar hal ini tidak berakibat kesehatan mental dan fisik ibu baru, kamu bisa simak tips merawat bayi bagi ibu baru melahirkan agar tidak mudah kelelahan pasca melahirkan berikut ini,


Cukupi Kebutuhan Tubuh untuk Beristirahat

Agar tidak mudah kelelahan, ibu baru bisa ikut berbaring ketika si kecil butuh menyusu.
Ibu baru beristirahat dengan si kecil/sumber: freepik.com

Mengurus bayi baru lahir memang menguras waktu dan energi, sehingga waktu istirahat ibu akan berkurang. Agar kebutuhan istirahat ibu baru tercukupi, kamu bisa ikut tidur bersama sang bayi ketika dia tertidur. Cara mengakali waktu istirahat lainnya adalah dengan mengawali tidur di malam hari. Ketika bayi butuh menyusu, kamu bisa ikut berbaring bersamanya agar kebutuhan istirahat terpenuhi.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Air yang Cukup

Ibu baru melahirkan wajib mengonsumsi makanan sehat dan minuman yang cukup agar tubuh memproduksi lebih banyak energi.
Ibu baru melahirkan mengonsumsi makanan sehat/sumber: freepik.com

Masa setelah melahirkan adalah saat tubuh membutuhkan nutrisi dan cairan tubuh yang tercukupi dengan baik. Dengan nutrisi dan asupan air yang tercukupi, tubuh akan lebih banyak memproduksi energi sehingga tidak mudah lelah. Untuk itu, ibu baru melahirkan sangat membutuhkan konsumsi makanan bergizi dan minum air yang cukup agar fisik tetap terjaga kesehatannya.

Aktif Bergerak Namun Hindari Aktivitas Berat

Ibu baru melahirkan tetap harus bergerak aktif namun tidak melakukan aktivitas berat.
Ibu baru menikmati waktu dengan si kecil/sumber: freepik.com

Setelah melahirkan, secara perlahan dan bertahap, pastikan tubuh ibu baru tetap bisa bergerak aktif. Namun, catatan penting juga adalah untuk menghindari aktivitas berat seperti mengangkat benda berat, naik turun tangga, berlari, dan melakukan olahraga dengan gerakan cepat dan berat. Ibu baru melahirkan tetap bisa berolahraga ringan seperti berjalan di sekitar rumah, berjalan sambil berjemur di pagi hari, atau yoga. Dengan melakukan aktivitas ini, ibu juga terbantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Minta Bantuan Keluarga Terdekat atau Tenaga Ahli untuk Mengurus Rumah

Agar tidak mudah kelelahan, ibu baru melahirkan bisa meminta tolong anggota keluarga terdekat untuk membantu mengurus bayi.
Mengurus si kecil bisa dibantu anggota keluarga terdekat/sumber: freepik.com

Dengan banyaknya energi dan waktu yang dibutuhkan untuk mengurus bayi, ibu baru melahirkan jangan sungkan untuk meminta bantuan mengurus si kecil ke suami, keluarga terdekat, atau tenaga ahli seperti asisten rumah tangga untuk mengurus rumah.  Jika si kecil terbangun di malam hari, pastikan untuk meminta jadwal mengurus bayi secara bergantian dengan suami agar ibu baru tidak merasa terlalu lelah. Jangan ragu untuk meminta bantuan ya, Ladies!

Jangan Lupa Lakukan Me Time Agar Tidak Stres

Ibu baru melahirkan wajib melakukan me time di sela mengurus bayi agar stres tidak menumpuk.
Ibu baru melahirkan tetap harus melakukan me time/sumber: freepik.com

Tubuh mudah lelah bisa jadi diakibatkan oleh stres yang menumpuk ketika harus mengurus bayi. Agar ibu baru melahirkan tidak mudah lelah, jangan lewatkan me time untuk diri sendiri agar tetap relaks dengan memanjakan diri. Kamu bisa melakukan perawatan wajah dan tubuh di rumah, menonton film, membaca buku, atau bermesraan dengan suami. Dengan begini, stres tidak semakin menumpuk dan tubuh pun tidak akan mudah lelah.

Itu dia tips merawat bayi yang bisa membantu ibu baru melahirkan agar tidak mudah kelelahan selama mengurusi bayi baru lahir. Pastikan dalam merawat bayi, kamu diawasi dan dalam pantauan orang terdekat agar hal-hal yang bersifat gawat darurat bisa segera diatasi. Semoga membantu, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id