sign up SIGN UP

3 Vitamin Magic di Skincare yang Bikin Kamu Awet Muda dan Terbebas dari Penuaan Dini!

Sri Widiastuti | Sabtu, 20 Nov 2021 16:00 WIB
3 Vitamin Magic di Skincare yang Bikin Kamu Awet Muda dan Terbebas dari Penuaan Dini!
caption
Jakarta -

Proses penuaan alami adalah proses internal di mana seiring waktu jaringan lunak dan organ mulai mengalami penurunan fungsi. Penuaan alami tidak dapat dihindari seiring waktu tetapi penuaan dini dapat dicegah.

Setelah penggunaan tabir surya setiap hari, cara paling efektif untuk mengurangi penuaan dini akibat efek radikal bebas adalah mengurangi stres dengan banyak berolahraga dan makanan seimbang yang penuh dengan makanan kaya antioksidan. Beberapa vitamin termasuk dalam kategori antioksidan dan memberikan manfaat anti-aging dikutip dari Science Becomes Her.

Vitamin A

Vitamin A yang didapatkan dari makanan kemudian diubah menjadi retinol dalam tubuh. Retinol penting untuk produksi sel dan produksi jaringan yang memegang peranan peting dalam menjaga kekencangan kulit. Vitamin A membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dengan mencegah radikal bebas memecah kolagen.

3 Vitamin Penting untuk Anti Aging/ pexels.com/ Engin Akyurt
3 Vitamin Penting untuk Anti Aging/ pexels.com/ Engin Akyurt

Vitamin C

Vitamin C berperan besar dalam produksi kolagen; menjadikannya anti-penuaan antioksidan yang penting. Kekurangan vitamin C yang parah dapat menyebabkan efek buruk pada kulit.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi kombinasi Vitamin C dan Vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ini karena Vitamin C membantu memulihkan dan meningkatkan efek menguntungkan dari Vitamin E.

3 Vitamin Penting untuk Anti Aging/ pexels.com/ Taryn Eliott
3 Vitamin Penting untuk Anti Aging/ pexels.com/ Taryn Eliott

Vitamin E

Vitamin E bekerja sebagai 'pemakan' radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi asam lemak. Vitamin E dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Namun, dua antioksidan yang diambil bersama-sama memiliki efek perlindungan yang jauh lebih maksimal.

Secara keseluruhan, bukti menunjukkan bahwa vitamin A, C dan E semuanya berkontribusi dalam proses kulit yang tampak lebih sehat dan lebih muda, terutama karena sifat antioksidan mereka. Mengkonsumsi vitamin ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerutan mencegah kulit kendur, yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

3 Vitamin Penting untuk Anti Aging/ pexels.com/ Angela Roma
3 Vitamin Penting untuk Anti Aging/ pexels.com/ Angela Roma

Vitamin A, C dan E dapat juga dikonsumsi dalam bentuk suplemen vitamin. Cara ini tetap sehat dan aman untuk menjaga kulit awet muda, terutama karena makanan ini sering mengandung antioksidan bermanfaat lainnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id