sign up SIGN UP

5 Bahan Alami untuk Mencegah Kerutan di Area Mata

Friska NR | Sabtu, 09 Oct 2021 06:45 WIB
5 Bahan Alami untuk Mencegah Kerutan di Area Mata
caption

Munculnya kerutan di area sekitar mata menjadi tanda penuaan kulit yang kerap terjadi, bahkan di usia 20-an. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan produk eye cream sedari dini agar keremajaan kulit area mata tetap terawat.

Namun selain itu, kamu juga bisa mengandalkan bahan-bahan alami berikut ini yang diketahui dapat membantu mencegah kerutan mata, Beauties. Penasaran apa saja bahannya? Ini dia daftarnya!

1. Aloe Vera

bahan alami untuk melawan keriput
Aloe vera bahan alami untuk melawan kerutan/Foto: Freepik/Maki Stock

Aloe vera dikenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Dikutip dari Healthline, sebuah studi di tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen aloe vera secara rutin bisa mengurangi kerutan secara signifikan dalam 90 hari, lho. 

Dalam studi lain, mengaplikasikan gel aloe vera langsung ke kulit juga diketahui dapat membantu mengurangi kerutan secara efektif, sekaligus mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

2. Minyak Zaitun

bahan alami melawan keriput
Minyak zaitun bahan alami untuk melawan kerutan/Foto: Freepik/Freepik

Minyak zaitun memiliki kandungan linoleic acid dan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Oleh karena itu, minyak zaitun juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencegah munculnya kerutan dan garis halus di area mata.

Kamu bisa mengaplikasikan bahan ini langsung ke area sekitar mata. Atau bisa juga mencampurkannya dengan air lemon, kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat setelahnya.

3. Pisang

bahan alami untuk melawan keriput
Pisang bahan alami untuk melawan kerutan/Foto: Freepik/Freepik

Dengan kandungan fosfor dan potasium yang tinggi, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengencangkan kulit mata.

Untuk membuat eye mask dari buah pisang, kamu cukup menghaluskan buah ini hingga menjadi pasta, kemudian aplikasikan secara tipis-tipis ke kulit. Diamkan selama 15 - 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Yogurt

bahan alami untuk melawan keriput
Yogurt bahan alami untuk melawan kerutan/Foto: Freepik/Nndanko

Sebuah studi yang dikutip dari laman Healthline menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt dapat mengurangi tampilan kerutan, serta meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Selain dikonsumsi, yogurt juga bisa diaplikasikan langsung ke area sekitar mata sebagai masker. Kandungan asam laktat dalam yogurt membuatnya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta menjadikan kulit lebih kencang.

5. Madu

bahan alami untuk melawan keriput
Madu bahan alami untuk melawan keriput/Foto: Freepik/Freepik

Madu tidak hanya mampu menghidrasi dan mencerahkan kulit, namun juga bisa membantu mengencangkan kulit. Seperti yogurt, madu pun mengandung probiotik serta antioksidan sehingga baik untuk perawatan kulit antiaging.

Caranya cukup mudah. Oleskan raw honey langsung ke area sekitar mata secara tipis-tipis, lalu diamkan selama 15 - 20 menit dan bilas hingga bersih.

Nah, itu dia 5 bahan alami yang dapat membantu mencegah kerutan mata. Tertarik mencobanya, Beauties?

--------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id