sign up SIGN UP

Mata Bengkak dan Keriput karena Semalaman Nonton Drakor? Jangan Sampai Kejadian!

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 04 Oct 2021 08:45 WIB
Mata Bengkak dan Keriput karena Semalaman Nonton Drakor? Jangan Sampai Kejadian!
caption

Mata bengkak dan keriput seringkali mengganggu penampilan. Ya, tidak bisa dipungkiri area mata memang  cukup menentukan tampilan wajah secara keseluruhan. Ada berbagai penyebab mata bengkak dan keriput, diantaranya adalah faktor usia dan juga kebiasaan.

Biasanya, kebiasaan begadang hingga larut malam juga bisa menjadi salah satu pemicu mata bengkak atau bahkan mata panda. Alhasil wajah tampak tidak segar dan mungkin saja akan dinilai kurang ideal.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan bahan alami sehingga lebih aman. Dikutip dari Healthline, bahan-bahan alami berikut bisa mengurangi mata bengkak dan keriput.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa/ Foto: Freepik.com
Minyak kelapa/ Foto: Freepik.com

Minyak kelapa atau yang akrab dengan sebutan coconut oil bisa dijadikan salah satu bahan alami untuk meredakan mata bengkak dan mengurangi keriput. Meskipun tidak begitu berdampak pada proses pencerahan lingkar mata panda, minyak kelapa ini bisa menjadi solusi untuk garis-garis halus dan juga kulit kering di bawah mata.

Di dalam minyak kelapa, terkandung asam lemak dan nutrisi yang dapat mengurangi peradangan dan memberikan kelembaban ekstra. Untuk itu, Beauties bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa dengan perlahan hati-hati ke area bawah mata. Diamkan beberapa saat lalu bilas.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun/ Foto: Freepik.com
Minyak zaitun/ Foto: Freepik.com

Berikutnya ada minyak zaitun yang juga tidak kalah ampuh untuk meredakan mata bengkak dan meminimalkan tampilan kerutan pada mata. Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan K serta baik untuk menghidrasi area bawah mata.

Minyak zaitun ini juga dapat mengunci kelembaban sehingga area bawah mata tidak kering. Sebagaimana biasanya, salah satu yang menjadi potensi munculnya garis-garis halus adalah kondisi kulit yang kering. Dengan begitu, mengoleskan minyak zaitun secara perlahan dengan gerakan melingkar di area bawah mata selama beberapa menit bisa dijadikan upaya untuk meminimalkan kemunculan garis-garis halus dan kerutan. 

Lidah Buaya

Lidah buaya/ Foto: Freepik.com
Lidah buaya/ Foto: Freepik.com

Bahan alami yang sudah sangat familiar ini juga bisa digunakan untuk mengurangi mata bengkak dan kerutan. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, silakan ambil bagian gel dari lidah buaya kemudian oleskan pada area bawah mata. Perlu diingat, jangan sampai terkena ke bagian dalam mata.

Sebagaimana dikutip dari Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral, asam lemak, enzim dan sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan mata bengkak. Oleh karenanya jangan ragu-ragu lagi untuk menggunakannya ya, Beauties.

Es Batu Kopi

Es batu/ Foto: Freepik.com
Es batu/ Foto: Freepik.com

Sebagaimana namanya, bahan alami yang satu ini bisa dibuat dengan membekukan cairan berupa kopi menjadi es batu atau ice cubes. Setelah beku, es batu inilah yang bisa digunakan untuk mendinginkan area mata, mengurangi pembengkakan dan mencerahkan kulit area mata yang hitam. Cara menggunakannya dengan membungkus ice cubes dengan plastik yang dilapisi handuk bersih kemudian dikompreskan pada mata selama beberapa saat.

Adapun khasiat yang terkandung di dalam es batu kopi ini berupa kafein. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat merangsang sirkulasi dan mempunyai sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kerutan dan melindungi area mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kantong Teh Hijau

Kantong teh hijau/ Foto: Freepik.com
Kantong teh hijau/ Foto: Freepik.com

Beauties, perlu garis bawahi bawa kopi bukanlah satu-satunya minuman kaya antioksidan yang bisa digunakan untuk perawatan area bawah mata. Ya, selain kopi masih ada teh hijau yang juga kaya akan antioksidan dan kafein yang dapat membantu menenangkan peradangan.

Kandungan tersebut juga membantu melindungi kulit dari stres lingkungan dan membantu mengencangkan kulit. Cara menggunakan kantong teh hijau ini cukup simpel. Tinggal dinginkan kantong teh hijau terlebih dahulu kemudian kompreskan pada mata dalam kondisi tertutup. Sembari kantong teh nya masih menempel, silakan lakukan pijatan ringan di area sekitar mata. Hal ini akan membantu mata menjadi lebih rileks.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id