sign up SIGN UP

5 Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Bau Kaki, agar Kembali Nyaman dan Percaya Diri

Ratih Dewi | Selasa, 12 Oct 2021 22:30 WIB
5 Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Bau Kaki, agar Kembali Nyaman dan Percaya Diri
caption

Walaupun jarang terekspos, bau kaki masih menjadi masalah yang paling sering terjadi dan bisa terjadi pada siapa saja. Bau kaki dapat terjadi karena bakteri atau jamur yang hidup di dalam sepatu, Beauties. 

Bakteri dan jamur diketahui memang menyukai area yang lembap, panas, dan gelap, oleh karena itu sepatu menjadi salah satu tempat yang cocok untuk bakteri dan jamur berkembang biak.

Selain membuat tidak nyaman, bau kaki juga membuat kita menjadi tidak percaya diri jika sedang berkumpul dengan banyak orang, bila mengharuskan tidak menggunakan sepatu atau alas kaki lainnya. 

Berikut cara yang mudah dan alami untuk menghilangkan bau kaki akibat dari bakteri dan jamur yang hidup di dalam sepatu. 

1. Gunakan Essential Oil

Gunakan Essential Oil
Gunakan Essential Oil/Foto : pexels.com/Mareefe

Essential oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membunuh bakteri dan jamur, yang menjadi penyebab bau kaki, demikian dilansir dari laman India.com. Untuk pemakaiannya sangat mudah. Cukup tuangkan 8 - 10 tetes essential oil ke dalam ember yang berisi air hangat, lalu rendam kaki selama kurang lebih 30 menit. Lakukan seminggu 1 - 2 kali untuk hasil yang optimal dan mencegah bau kaki.

2. Lakukan Eksfoliasi Kaki

Lakukan Eksfoliasi Kaki
Lakukan Eksfoliasi Kaki/Foto : pexels.com/cottonbro

Tidak hanya untuk wajah saja, eksfoliasi pada kaki juga dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati pada kaki di mana bakteri dan kuman penyebab bau kaki berkumpul.

Melakukan eksfoliasi pada kaki juga sangat mudah, hanya membutuhkan body scrub dan lakukan seminggu 2 - 3 kali, demikian dilansir dari laman Medical News Today. 

3. Menjaga Sepatu Tetap Kering

Menjaga Sepatu tetap Kering
Menjaga Sepatu tetap Kering/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Pastikan selalu menggunakan sepatu dalam keadaan kering. Jika sepatu kamu basah, segera jemur di bawah sinar matahari, supaya sepatu tidak lembap dan tidak menjadi sarang bakteri atau jamur. 

Pilih jenis sepatu yang bisa membuat kaki kamu bernapas, gunakan kaus kaki yang tidak terlalu tebal supaya kaki tidak mudah basah dan membuat area sepatu lembap. Jika tidak digunakan, rutin jemur sepatu di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam sepatu ya, Beauties.

4. Rendam dengan Soda Kue

Rendam dengan Soda Kue
Rendam dengan Soda Kue/Foto : pexels.com/Kaboompics .com

Alternatif lainnya, bisa merendam kaki menggunakan soda kue untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau kaki. Caranya masih sama dengan menggunakan essential oil, masukan soda kue secukupnya ke dalam ember yang berisi air hangat, rendam kaki kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan. 

5. Disinfeksi Sepatu Sebelum Digunakan

Disinfeksi Sepatu sebelum digunakan
Disinfeksi Sepatu sebelum digunakan/Foto : pexels.com/Artem Podrez

Melansir dari laman Health Essentials, disinfektan ternyata juga bisa membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan bau kaki. Untuk penggunaannya, lepaskan insole dari sepatu dan semprotkan disinfektan secukupnya. 

Diamkan kurang lebih 24 jam sampai mengering, pasang kembali insole, lalu digunakan. Cairan disinfektan mengandung bahan etanol yang mampu membunuh bakteri dan jamur. Cara ini sangat praktis dan cepat, selamat mencoba! 

----------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id