sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mudah Membuat Masker Rambut dari Minyak Kelapa, Coba Yuk!

Lulu Lukyani | Minggu, 04 Apr 2021 18:30 WIB
Cara Mudah Membuat Masker Rambut dari Minyak Kelapa, Coba Yuk!
caption
Jakarta -

Minyak kelapa sangat terkenal dengan manfaatnya untuk kecantikan, mulai dari melembapkan kulit hingga menutrisi rambut. Penggunaan minyak kelapa sebagai perawatan rambut sangat cocok untuk kamu yang sering melakukan perawatan kimiawi, menggunakan alat styling, dan kerap terpapar sinar matahari.

Di samping itu, minyak kelapa cocok untuk rambut kering dan ikal. Dengan minyak kelapa, rambut ikal tetap terhidrasi karena minyak alami rambut yang tidak mudah mengalir ke batang rambut. Biasanya, minyak kelapa digunakan sebagai masker rambut untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut.

Untuk menambah manfaat, minyak kelapa bisa dicampur dengan bahan-bahan alami lain sehingga rambut mendapatkan lebih banyak nutrisi. Dilansir dari Healthline, berikut adalah cara dan resep membuat masker rambut dari minyak kelapa:

1. Masker minyak kelapa

Minyak kelapa.
Minyak kelapa/Freepik

Untuk membuat masker, cukup gunakan 2 sendok makan minyak kelapa leleh. Untuk hasil terbaik, gunakan minyak kelapa organik. Basahi terlebih dahulu rambut, kemudian oleskan minyak kelapa secara merata ke seluruh rambut. Oleskan lebih banyak minyak kelapa ke bagian rambut yang kering.

Setelah itu, gunakan shower cap selama 1 hingga 2 jam. Terakhir, bilas dengan air hangat dan bersihkan minyak dengan sampo dan kondisioner.

2. Masker minyak kelapa dan madu

Madu.
Madu/Freepik

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok teh madu mentah organik dan 1 sendok teh minyak kelapa organik. Masukkan madu dan minyak kelapa ke dalam panci untuk dipanaskan dengan api kecil hingga lembut. Aduk selagi memanaskan.

Kemudian, biarkan campuran minyak kelapa dan madu hingga dingin. Basahi rambut dengan air dan oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut. Biarkan masker selama 40 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

3. Masker minyak kelapa dan telur

Telur.
Telur/Freepik

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 2 sendok makan minyak kelapa organik dan satu butir telur yang dikocok. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Basahi rambut degan air dan oleskan campuran minyak kelapa dan telur ke seluruh rambut.

Biarkan masker selama 15 hingga 20 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih. Jangan lupa gunakan sampo dan kondisioner untuk perawatan selanjutnya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id