sign up SIGN UP

5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Mata Panda

Friska NR | Minggu, 11 Jul 2021 21:15 WIB
5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Mata Panda
caption

Pola hidup tidak sehat, faktor usia hingga genetik dapat menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda. Selain dapat diatasi dengan menggunakan produk-produk perawatan hingga melakukan treatment di klinik kecantikan, kamu juga bisa membuat DIY skincare sendiri dengan bahan-bahan alami untuk mengatasi mata panda.

Tidak perlu mahal dan mudah didapat di rumah, ini dia 5 bahan alami yang bisa kamu coba!

1. Mentimun

mentimun untuk mata panda
Mentimun untuk mengatasi mata panda/Foto: Freepik/Matkubphom

Berbicara soal bahan alami untuk mengatasi mata panda, mentimun menjadi salah satu bahan yang tidak boleh terlewat. Buah ini telah lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan untuk membantu menyegarkan dan menghidrasi mata lelah, karena memiliki kandungan air yang banyak. Selain itu, mentimun juga kaya akan antioksidan dan vitamin C untuk mengatasi mata panda hingga puffy eyes.

Cara menggunakannya, cukup iriskan mentimun dengan ketebalan sedang, kemudian letakkan di atas mata selama 10 - 15 menit. Sebelum digunakan, sebaiknya dinginkan mentimun di dalam lemari es agar terasa lebih segar saat diaplikasikan.

2. Tomat

tomat
Tomat untuk mengatasi mata panda/Foto: Freepik/Atlas Company

Tomat juga menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi mata panda. Pasalnya, buah ini tinggi kandungan asam sitrat yang bersifat pencerah sehingga dapat membantu menyamarkan area lingkar gelap di bawah mata.

Untuk menggunakannya, iriskan tomat dengan ketebalan sedang kemudian letakkan di area bawah mata. Biarkan hingga meresap selama 10 - 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Kentang

kentang
Kentang untuk mengatasi mata panda/Foto: Freepik/Whatwolf

Beauties, tahukah kamu bahwa kentang juga memiliki kandungan pencerah yang dapat mengatasi mata panda? Hal ini karena di dalam kentang terdapat pati, enzim dan vitamin C yang mampu membantu mencerahkan kulit.

Berbeda dengan kedua bahan alami sebelumnya, kamu perlu memarut kentang terlebih dahulu sebelum digunakan, kemudian aplikasikan ke area bawah mata menggunakan kapas. Idealnya, lakukan langkah ini secara rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

4. Kantung Teh

kantung teh
Kantung teh untuk mengatasi mata panda/Foto: Freepik/Freepik

Lebih praktis namun tak kalah efektif, kamu juga bisa memanfaatkan kantung teh sebagai masker untuk mengatasi mata panda. Teh diketahui kaya akan antioksidan dan kafein yang dapat melancarkan kembali pembuluh darah di sekitar mata sehingga lingkaran hitam menjadi lebih tersamarkan.

Sebelum menggunakannya, dinginkan terlebih dahulu kantung teh bekas yang telah diseduh di dalam kulkas. Setelah itu, aplikasikan dengan menempelkannya di atas mata selama 10 - 15 menit. 

5. Minyak Zaitun

minyak zaitun
Minyak zaitun untuk mengatasi mata panda/Foto: Freepik/Freepik

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya, minyak zaitun dapat membantu mengatasi masalah mata panda dengan kandungan antioksidan yang tinggi.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak ini ke area kantong mata sebelum tidur, lalu pijat-pijat perlahan agar meresap dan biarkan hingga pagi. 

Nah, itulah DIY bahan alami untuk mengatasi mata panda yang mudah kamu lakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dan jaga pola hidup tetap sehat ya, Beauties. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id