sign up SIGN UP

Perbedaan Physical, Chemical dan Hybrid Sunscreen, Mana yang Paling Cocok untuk Kulitmu?

Friska NR | Jumat, 02 Jul 2021 15:00 WIB
Perbedaan Physical, Chemical dan Hybrid Sunscreen, Mana yang Paling Cocok untuk Kulitmu?
caption

Sebelum memulai aktifitas, sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib diaplikasikan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Berbagai brand kecantikan pun berlomba menghadirkan produk-produk sunscreen terbaik dengan jenis dan formula yang berbeda-beda. Belakangan, muncul inovasi jenis sunscreen terbaru yang disebut hybrid sunscreen.

Lantas, apa perbedaannya dengan physical dan chemical sunscreen yang telah lebih dahulu populer?

1. Physical Sunscreen

sunscreen
Produk physical sunscreen/Foto: instagram.com/skinaquaid

Physical sunscreen atau dikenal juga dengan mineral sunscreen adalah jenis sunscreen yang bekerja dengan melapisi permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV menembus ke dalam kulit. Jenis sunscreen ini dapat langsung bekerja setelah diaplikasikan dengan memantulkan sinar UV.

Kandungan yang umum digunakan adalah Titanium Dioxide dan Zinc Oxide. Dengan teksturnya yang cenderung kental dan tidak iritatif di kulit, physical sunscreen menjadi pilihan sunscreen yang aman bagi kulit sensitif. Namun, sunscreen ini biasanya akan meninggalkan noda putih atau whitecast saat diaplikasikan.

2. Chemical Sunscreen

sunscreen
Produk chemical sunscreen/Foto: instagram.com/id.biore

Lain dengan physical sunscreen, chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit dengan menyerap sinar UV sehingga tidak masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Saat memakai sunscreen ini, kamu perlu menunggu 15 - 30 menit hingga sunscreen meresap sempurna dan siap bekerja.

Chemical sunscreen umumnya memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap di kulit, dengan mengandalkan kandungan bahan seperti Oxybenzone, Avobenzone, Octocrylene, Octisalate dan Octinoxate. Meski tidak meninggalkan whitecast, namun jenis sunscreen ini cenderung lebih iritatif dan juga dapat menyumbat pori.

3. Hybrid Sunscreen

sunscreen
Produk hybrid sunscreen/Foto: instagram.com/anessaindonesia

Nah, terakhir ada hybrid sunscreen yang merupakan inovasi jenis sunscreen terbaru yang kini tengah naik daun. Jenis sunscreen ini diformulasikan dengan menggabungkan kelebihan dua sebelumnya, yaitu physical dan chemical sunscreen. Hal ini membuat hybrid sunscreen dinilai mampu memberikan perlindungan yang lebih efektif karena bekerja seperti physical sunscreen, namun memiliki tekstur yang ringan seperti chemical sunscreen. 

Kandungan bahannya pun menggabungkan bahan dari physical dan chemical sunscreen untuk manfaat yang lebih maksimal, serta cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id