sign up SIGN UP

Pakai Serum, Tapi Kulitmu Gitu-Gitu Aja? Mungkin Kamu Melakukan 5 Kesalahan Ini

Ramadhani Indah | Kamis, 26 Aug 2021 12:00 WIB
Pakai Serum, Tapi Kulitmu Gitu-Gitu Aja? Mungkin Kamu Melakukan 5 Kesalahan Ini
caption

Serum wajah  jadi satu item skincare yang wajib masuk dalam skincare routine. Serum khusus wajah ini diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi sehingga dapat bekerja maksimal memberi perawatan sesuai jenis dan kebutuhan kulit kamu, Beauties.

Serum mampu masuk ke dalam lapisan kulit terdalam untuk memberi perawatan dan memperbaiki kerusakan kulit. Namun, kesalahan memakai serum wajah mampu mengurangi efektifitas serum sehingga serum wajah terbaik juga tidak membuat kulitmu lebih baik dan justru gitu-gitu aja.

Jadi, simak yuk kesalahan memakai serum wajah yang harus kamu hindari dan ubah agar serum wajahmu nggak sia-sia!

Tidak Memakai Toner dan Pelembap

Toner masuk kedalam rangkaian skincare tahap kedua setelah double cleansing
Memakai toner dan pelembab/foto: pexels.com/Ron Lach

Toner masuk ke dalam rangkaian skincare tahap kedua setelah double cleansing. Toner berfungsi menetralkan dan mengembalikan tingkat keasaman kulit (pH) setelah mencuci muka. Jenis toner sendiri juga disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari melembabkan hingga mengeksfoliasi dan mengangkat sisa makeup serta kotoran di wajah. Pemakaian toner juga dimaksudkan agar kulit siap menerima produk skincare berikutnya.

Selanjutnya pelembab juga wajib diaplikasikan setelah memakai serum ataupun face oil. Pelembab berfungsi mengunci seluruh produk yang sudah dipakai sehingga stay dan bekerja secara maksimal. Meskipun kamu rasa serummu sudah melembabkan kulit, tetap pakai moisturizer ya, Beauties.

Tidak Memakai Jenis Serum Sesuai Kebutuhan Kulit

. Serum wajah terbaik tersedia dalam banyak pilihan bahan aktif dan fungsi yang disesuaikan dengan kondisi kulit
Serum sesuai kebutuhan kulit/foto: pexels.com/Cotton Bro

Kesalahan memakai serum wajah selanjutnya adalah memakai serum yang tidak sesuai kebutuhan kulit. Serum wajah terbaik tersedia dalam banyak pilihan bahan aktif dan fungsi yang disesuaikan dengan kondisi kulit.

Jika ingin mencerahkan flek hitam dan bekas jerawat kamu bisa pilih serum wajah dengan kandungan Vitamin C, niacinamide, atau alpha arbutin. Pilih kandungan salicylic acid (BHA), centella asiatica, atau tea tree untuk mengatasi jerawat. Pemilihan serum wajah yang tepat akan memberikan hasil maksimal karena bekerja secara spesifik.

Tidak Konsisten dan Bolos Pemakaian

Serum wajah seharusnya dipakai rutin setiap hari agar hasilnya tampak lebih cepat.
Konsisten memakai serum/foto: freepik.com/rawpixels

Serum wajah seharusnya dipakai rutin setiap hari agar hasilnya tampak lebih cepat. Namun disesuaikan dengan jenis serum yang dipakai. Misalnya kamu menggunakan serum AHA BHA yang berfungsi mengeksfoliasi, maka gunakan sesuai petunjuk pemakaian yang biasannya hanya 2-3 kali seminggu. Karena jika dipakai setiap hari, bukannya glowing tapi kulitmu akan rusak dan iritasi.

Pastikan rajin dan konsisten memakai serum sesuai anjuran pemakaian ya, Beauties. Kulit kita meregenerasi dan menua setiap harinya meskipun tanpa kita sadari, jadi jangan malas jika tetap ingin terlihat muda dan sehat ya, Beauties.

Tidak Setia dan Gonta-Ganti Serum

Terlalu sering gonta-ganti serum hanya membuatmu mengharapkan hal yang tidak akan kamu dapatkan loh, Beauties
Konsisten pada satu serum/foto: pexels.com/Vie Studio

Terlalu sering gonta-ganti serum hanya membuatmu mengharapkan hal yang tidak akan kamu dapatkan loh, Beauties. Jika 1 botol serum belum berpengaruh pada kondisi muka, tidak ada salahnya kamu coba teruskan membeli serum yang sama ya, selama tidak terjadi iritasi.

Umumnya efek serum akan terlihat pada 2-3 bulan setelah pemakaian, namun tergantung pada jenis serumnya. Vitamin C misalnya, hanya butuh 1-2 minggu pada beberapa orang. Atau serum hyaluronic acid yang langsung terasa pada pemakaian pertama. Berapa lama efek skincare  akan terasa berbeda-beda pada setiap orang, ya Beauties.

Tidak Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari berpengaruh buruk jika terpapar langsung ke kulit dan dalam durasi yang cukup lama
Memakai sunscreen/foto: pexels.com/DA

Sinar matahari berpengaruh buruk jika terpapar langsung ke kulit dan dalam durasi yang cukup lama. Sinar UVA merusak kulit dengan menimbulkan tanda-tanda penuaan dini dan sinar UVB   membuat sensasi perih terbakar a.k.a sunburn, membuat kulit gelap dan belang, dan efek panjangnya bisa memicu kanker kulit.

Karenanya, banyak produk skincare dan makeup mengandung SPF. Namun itu tidak cukup, butuh sunscreen untuk bertarung melawan sinar jahat secara khusus. Analoginya, jika skincare adalah penyembuhan maka sunscreen adalah pencegahan. Bukankah lebih efektif dan efesien jika keduanya dilakukan, Beauties?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id