sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

4 Cara Mudah Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Mertua

Ruhil Anadiah Sabrina | Jumat, 16 Jul 2021 17:30 WIB
4 Cara Mudah Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Mertua
Foto: 4 Cara Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Mertua/pexels.com

Apa nih yang sering jadi polemik saat berumah tangga? Ya benar sekali salah satunya, hubungan dengan mertua tidak harmonis.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan hal itu terjadi, karena mertua yang hobi ikut campur dalam urusan rumah tangga kalian, terlalu mengatur ini itu, dan sebagainya. Hal inilah yang sering menjadi pemicu komunikasi kalian jadi terganggu. Nah supaya hubungan kalian baik-baik saja, ini empat cara menjalin komunikasi yang baik dengan mertua sendiri. Simak dan ikuti ya, Beauties!

1. Menetapkan Batasan dalam Berkomunikasi

mertua dan anak
mertua dan anak/pexels.com

Tidak semua hal bisa kita bagikan dengan orang lain, termasuk dengan mertua sendiri. Ada beberapa hal yang baiknya cukup disimpan sendiri, nggak usah terlalu digembor-gemborkan.

Menjaga komunikasi dengan mertua itu wajib, namun komunikasi yang sewajarnya saja dan pahami batasannya sampai mana. Jangan menceritakan topik sensitif seperti masalah dalam rumah tangga hingga kehidupan seks dengan pasangan. Karena takutnya mereka jadi ikut campur.  

2. Sesekali Ajak Mertua untuk Ngobrol Bersama

mertua dan mantu perempuan
mertua dan mantu perempuan/pexels.com

Cara selanjutnya untuk menjalin komunikasi baik dengan mertua yaitu, ajak sesekali mertua untuk sekedar ngobrol ringan. Ketika melihat mertua sedang bersantai nonton tv misalnya, datangi dan ajak ngobrol bareng. Kamu bisa membicarakan hal random, topik kesukaan mertua, tentang hidup, mengenai masakan, dan sebagainya.

Jangan malah diam dan cuek saja saat ketemu. Ingat orangtua itu paling suka kalau diajak berbicara, maka jangan sungkan untuk sekedar basa-basi padanya. 

3. Hargai Jika Ada Pendapat yang Berbeda

ibu dan anak
ibu dan anak/pexels.com

Ada banyak tantangan yang harus dihadapi ketika berumah tangga. Apalagi kalau kamu masih tinggal serumah dengan mertua pasangan.

Menyatukan pikiran antara dirimu, pasangan, dan mertua bukan hal yang gampang. Sebab setiap orang itu punya landasan pemikiran, sudut pandang, dan pemahaman yang berbeda satu dengan yang lain.

Apa yang kamu anggap paling tepat, belum tentu mereka punya pemikiran yang sama denganmu. Maka untuk menjaga komunikasi antara kalian, cobalah untuk menghargai segala perbedaan yang ada. 

4. Jangan Lupa untuk Saling Memberi Kabar

mertua dan menantu perempuan
mertua dan menantu perempuan/pexels.com

Cara terakhir menjalin komunikasi yang baik dengan mertua sendiri yaitu, jangan lupa untuk saling memberi kabar. Ketika kamu dan pasangan sudah nggak tinggal serumah, jangan lupa untuk selalu mengabarinya lewat telepon, video call rame-rame, lewat pesan, dan sebagainya.

Selain itu kalian juga bisa rutin berkunjung seminggu atau dua minggu sekali. Jangan sampai hubunganmu dengan mertua jadi renggang karena jarang memberi kabar. 

Beauties, itu dia empat cara menjalin komunikasi yang baik dengan mertua. Semoga tips cinta di atas bisa membantumu ya! 

 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id