sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Ujian yang Kerap Dihadapi di Awal Pernikahan, Sudah Siap?

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 10 Jun 2021 12:30 WIB
5 Ujian yang Kerap Dihadapi di Awal Pernikahan, Sudah Siap?
Pasangan Kekasih/foto: freepik.com

Setiap pasangan pasti ingin berakhir di jenjang pernikahan. Namun, pernikahan bukan berarti kamu dan pasangan akan hidup bahagia selamanya. Tentu akan ada cobaan-cobaan yang akan kamu hadapi bersama pasangan. Pastinya, kamu harus kuat menghadapinya agar rumah tangga kalian kelak bisa langgeng.

Berikut ini, Beautynesia.id sudah merangkum 5 konflik yang sering terjadi dalam rumah tangga. Sudah siap menghadapinya?

Masalah Keuangan

Masalah keuangan merupakan konflik yang paling berpotensi menimbulkan pertengkaran.
Bertengkar/freepik.com

Masalah keuangan merupakan konflik yang paling berpotensi menimbulkan pertengkaran. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan harus memikirkan cara yang bijak untuk mengatur keuangan. Sebab, setelah menikah, kamu sudah mulai mengatur dan memikirkan pengeluaran berdua. Jika enggak dibicarakan dan disepakati, lama-lama masalah keuangan bisa memicu keretakan rumah tangga.

Konflik Mertua

Sebuah survey yang diikuti oleh 2000 orang menemukan bahwa mertua khususnya ibu mertua menjadi salah satu penyebab konflik pada pasangan di Inggris. Namun kenyataannya, di Indonesia pun cukup banyak pasangan yang juga mengalaminya. Pemicu dari konflik ini bisa terjadi karena banyak faktor. Misalnya ketidakcocokan sifat dengan mertua.

Kebiasaan Pola Hidup

Sebelum memulai hidup baru bersama pasangan, kamu pasti memiliki kebiasaan tersendiri.
Bertengkar/freepik.com

Sebelum memulai hidup baru bersama pasangan, kamu pasti memiliki kebiasaan tersendiri. Namun saat menikah dan hidup bersama pasangan, kamu harus saling bisa beradaptasi dengan pola hidup satu sama lain. Sayangnya, banyak pasangan yang enggak bisa mengalahkan ego-nya. Misalnya, kamu terbiasa tidur sambil menyalakan televisi, sementara pasanganmu enggak menyukainya. Sehingga, kebiasaan pola hidup pun sering menjadi masalah dalam rumah tangga.

Masalah Seks

Jangan salah! Seks juga kian menjadi masalah dalam rumah tangga lho. Bagi pasangan yang baru menikah, mungkin masa-masa bulan madu masih terasa indah. Namun lambat laun, kesibukan maupun masalah seringkali mengganggu hasrat seksual. Nah untuk mengatasi konflik yang satu ini, cobalah bersikap terbuka pada pasangan. Selain itu, diskusikan apa yang diinginkan oleh satu sama lain dalam hal seks.

Peraturan Dalam Rumah Tangga

Kehidupan setelah berumah tangga tentu enggak akan sama lagi seperti saat kamu berpacaran.
Bertengkar/freepik.com

Kehidupan setelah berumah tangga tentu enggak akan sama lagi seperti saat kamu berpacaran. Saat sudah menikah, kamu bukan lagi hidup seorang diri. Oleh sebab itu, pembagian peran dalam rumah tangga sangat dibutuhkan. Namun sayangnya, hal ini seringkali diremehkan. Sehingga, banyak pasangan yang bertengkar karena berbeda pendapat dalam membuat peraturan bersama.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id