sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Belajar dari Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, Menurut Psikolog Ini Cara Tepat Mengelola Stres untuk Suami-Istri di Tengah Pandemi

Rini Apriliani | Kamis, 15 Jul 2021 10:15 WIB
Belajar dari Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie, Menurut Psikolog Ini Cara Tepat Mengelola Stres untuk Suami-Istri di Tengah Pandemi
Foto: Menurut Psikolog Ini Cara Tepat Mengelola Stres/Pexels.com/katerinaholmes

Publik sempat dihebohkan dengan berita penangkapan Nia Ramadhani akibat kasus narkoba. Tidak hanya Nia yang menjadi tersangka, usai tertangkap Ardi Bakrie turut menyerahkan dirinya ke kepolisian.

Keduanya diketahui telah menggunakan narkoba dengan jenis sabu-sabu selama lima bulan terakhir akibat mengalami stres selama pandemi. Padahal jika dilihat dari layar kaca, pasangan selebritas yang satu ini selalu terlihat bahagia, harmonis, dan bergelimang harta. Lalu dalam hubungan suami-istri, bagaimana sih cara tepat mengelola stres?

Beautynesia menghubungi dua psikolog, yaitu Tara de Thouars dan Zoya Amirin untuk membantu menjawab permasalahan tersebut. Simak penjelannya di sini yuk, Beauties!

Tetap Tenang dan Tidak Mengambil Keputusan Spontan

Tetap TenangTetap Tenang/ Foto: Pexels.com/rodnaeprod

Tenang menjadi salah satu kunci untuk mengatasi stres. Menurut Psikolog, Tara de Thouars, dalam mengelola stres yang tepat tidak dapat dilakukan secara instan dan perlu dibangun secara perlahan-lahan.

"Ketika mengalami stres harus tetap berusaha tenang. Ada beberapa cara yang memang bisa dilakukan untuk mengatasi stres, tapi memang kadang-kadang caranya itu bukan cara yang instan," ujar Tara de Thouars, Selasa (13/7).

Zoya Amirin pun mengatakan, ketika sedang mengalami stres disarankan untuk tidak melakukan sesuatu secara spontan dalam urusan apapun. Karena pandemi adalah masa cukup sulit yang tidak bisa dikontrol, maka berusahalah untuk mengelola yang memang bisa dikelola.

"Jangan melakukan segala sesuatu secara spontan. Dalam urusan seks atau urusan apapun ketika sedang stres. Karena masa pandemi adalah masa dimana segala sesuatunya itu tidak bisa kita kontrol. Jadi untuk membuat keadaan lebih kondusif dan bisa mengelola stress, kita bisa mengontrol sesuatu yang memang bisa kita kelola. Seperti misalnya membuat jadwal untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang ingin dilakukan," kata Zoya Amirin, Selasa (13/7).

Komunikasikan Segala Hal yang Dirasakan

KomunikasiKomunikasikan Segala Hal yang Dirasakan/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Sebagai pasangan, menjaga komunikasi agar tetap baik sangatlah penting. Mulai dari keresahan, kecemasan, atau apapun yang sedang ingin diceritakan bisa diungkapkan kepada suami atau istri. Dengan komunikasi, banyak permasalahan yang bisa diselesaikan bersama.

"Jadi harus saling banyak komunikasi, cerita, terbuka. Yang satu curhat ketika ada masalah, yang satu memberikan support, memahami. Kemudian sharing segala emosi, pikiran yang sedang dirasakan, sama-sama mencari solusi dari masalah yang sedang dialami," jelas Tara.

Memiliki Waktu Me Time Sendiri-sendiri

Melakukan Me TimeMelakukan Me Time/ Foto: Pexels.com/rachelclaire

Setelah menikah, memiliki pasangan, bukan berarti kita harus kehilangan waktu me time. Me time memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dapat menyegarkan kembali pikiran setelah banyaknya hal yang perlu dihadapi. 

Zoya Amirin mengatakan, me time adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres. 

"Selanjutnya untuk mengatasi stres, harus memiliki waktu me time sendiri-sendiri. Cobalah berikan waktu dan dukung pasangan untuk me time, misal selama 2 jam saja. Ini akan sangat membantu untuk mengelola stres khususnya di masa pandemi," 

Ia pun kembali menambahkan, dengan memiliki waktu me time sendiri-sendiri, ini dapat membantu hubungan suami-istri menjadi lebih kuat.

"Me time juga dapat membantu hubungan supaya lebih kuat. Sehingga bisa mengurangi berbagai macam masalah seperti yang terjadi pada saat meningkatnya pada masa pandemi ini," tambah Zoya Amirin.

Melakukan Hal Menyenangkan Bersama

Melakukan Hal Bahagia BersamaMelakukan Hal Menyenangkan Bersama/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Melanjutkan dari apa yang diungkapkan oleh Zoya Amirin, Psikolog Tara de Thouars menyarankan untuk pasangan melakukan hal menyenangkan bersama untuk dapat mengelola stres dengan baik. Seperti ikut menemani suami ikut kegiatan hobinya dan sebaliknya, atau juga menciptakan hobi baru yang lebih menyenangkan dan bisa dilakukan bersama.

"Karena sering kali masing-masing sibuk dengan hobinya. Sehingga meskipun di rumah bersama-sama tapi ada perasaan kesendirian yang dirasakan. Akan lebih baik jika bisa meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama yang menyenangkan. Misalnya, menemani suami ikut kegiatan hobinya, kemudian nanti ada kalanya gantian. Atau mungkin membuat hobi baru yang bisa dilakukan bersama-sama. Sehingga bisa ada sebuah kegiatan yang lebih mendekatkan tapi dilakukan dengan menyenangkan," papar Tara. 

Beauties, menurut psikolog itu dia cara mengelola stres yang tepat. Sesulit apapun keadaan, berusahalah untuk tetap bisa mengontrolnya dengan baik ya. Semangat!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id