sign up SIGN UP

Kalahkan Gucci, Balenciaga Jadi Label Paling Populer di Kuartal Ketiga 2021! Ini Alasannya

Dimitrie Hardjo | Kamis, 28 Oct 2021 08:15 WIB
Kalahkan Gucci, Balenciaga Jadi Label Paling Populer di Kuartal Ketiga 2021! Ini Alasannya
caption

Balenciaga berhasil menggeser Gucci sebagai brand paling populer di tahun 2021 dalam laporan situs Lyst. Pada kuartal III tahun 2021, The Lyst Index yang juga merupakan sebuah platform shopping global memiliki lebih dari 150 juta users dan 17.000 brand mencatat Balenciaga berada di peringkat pertama sebagai The Hottest Brand, diikuti dengan Gucci brand paling diminati kedua, Dior yang turut bergeser selangkah menjadi peringkat ketiga, serta Prada dan Louis Vuitton masing-masing menduduki peringkat empat dan lima. Urutan ini ditentukan berdasarkan perilaku konsumen The Lyst, termasuk konversi nilai dan penjualan. Selain itu, Google search, statistik social media engagement dan mentions dari seluruh dunia selama 3 bulan terakhir juga menjadi bahan pertimbangan yang menentukan posisi brand dalam daftar ini.

Strategi yang diterapkan Balenciaga dalam kurun waktu Juli-September 2021 berhasil mendongkrak posisi rumah mode asal Spanyol tersebut––berawal dari urutan 6 pada kuartal II 2021 hingga mengalahkan Gucci, juara bertahan The Hottest Brand sejak 2020, pada kuartal III. Sukses menarik perhatian generasi milenial dan gen Z terutama dalam hal street style yang sering dijumpai, inilah yang menjadi kunci utama Balenciaga untuk mencapai puncak.

 

Kembali ke Haute Couture Setelah 53 Tahun

Balenciaga haute couture/
Balenciaga haute couture/ Foto: vogue.com/Anton Corbijn

Sebagai salah satu high end brand, tidak heran jika kembalinya Balenciaga untuk merilis koleksi haute couture menjadi salah satu momen paling ditunggu pada tahun ini. Terakhir rumah mode ini melansir koleksi haute couture adalah pada tahun 1968 lalu.

Direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, unjuk talenta dalam mendesain pakaian couture dengan menciptakan deretan busana dramatis yang diluncurkan pada Juli 2021 lalu. Hal tersebut sekaligus menandai debut koleksi haute couture sang direktur kreatif. 

 

Kolaborasi dengan Fortnite

Balenciaga x Fortnite/
Balenciaga x Fortnite/ Foto: instagram.com/fortnite

Selain dari segi desain haute couture yang berhasil menarik perhatian Rihanna dan Kim Kardashian untuk dikenakan pada MET Gala, langkah marketing yang diambil Balenciaga juga tidak kalah penting, Beauties! Menjamah ranah metaverse yang saat ini mendominasi dunia, ia mengambil langkah brilian dengan kolaborasi bersama Fortnite. Kolaborasi ini memungkinkan para pemain Fortnite mendapatkan busana Balenciaga secara virtual, lengkap dengan aksesorinya.

 

Kolaborasi dengan Kanye West untuk Perilisan Album ‘Donda’

Kanye West Donda merchandise oleh Balenciaga/
Kanye West Donda merchandise oleh Balenciaga/ Foto: pinterest.com/HYPEBEAST

Tidak berhenti di situ, kolaborasi unik yang dilakukan Balenciaga tepat sasaran sesuai dengan pop culture yang diminati saat ini. Selain mengumumkan kerjasama dengan Fortnite, ia turut berkolaborasi dengan Kanye West untuk perilisan album terbarunya, Donda. Kanye West atau Ye, nama barunya, mempercayakan Demna Gvasalia untuk merancang merchandise album Donda, terdiri dari kaus lengan panjang, baseball cap, dan sebuah face mask berwarna hitam.

 

The Simpsons dan Fashion Show Unik

Balenciaga x The Simpsons/
Balenciaga x The Simpsons/ Foto: pinterest.com/Steal The Look

Fashion show Balenciaga dalam Paris Fashion Week bulan Oktober 2021 lalu merupakan salah satu ajang yang paling banyak dibicarakan. Acara tidak terlupakan tersebut dikemas dengan konsep tidak biasa. Bertemakan red carpet, garis batas antara tamu dan model seakan menghilang––para tamu undangan diajak untuk berbaur sebagai model dan model sebagai tamu undangan. Peragaan busana tersebut diakhiri dengan premier Balenciaga x The Simpsons di mana sebuah episode keluarga Simpsons mengenakan koleksi Balenciaga ditayangkan.

Dilansir dari laman The Lyst Index, tidak heran jika Balenciaga merajai daftar The Hottest Brand, bukan? Apakah Balenciaga juga menarik perhatianmu, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id