sign up SIGN UP

Perbedaan Batik Tulis, Cap dan Print, Mana Favoritmu?

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Minggu, 11 Sep 2022 21:00 WIB
Perbedaan Batik Tulis, Cap dan Print, Mana Favoritmu?
caption

Batik merupakan salah satu kain tradisional khas Indonesia yang tak hanya patut untuk dilestarikan, namun juga memberikan kesan elegan pada pemakainya. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan motif batik dengan warna-warna cerah yang tak hanya untuk gaya formal namun juga bisa dipadukan dengan casual outfit.

Batik sendiri dibuat dengan teknik menulis atau menerakan malam atau lilin pada kain lalu mewarnainya. Dan ternyata batik terbagi menjadi tiga jenis. Ada batik tulis, batik cap dan batik print.

Ternyata tidak hanya motifnya yang beraneka ragam namun cara pembuatan batik juga berbeda-beda. Simak yuk!

Batik Tulis

Batik tulis
Batik tulis/Pinterest.com/Hanaagustine

Batik tulis adalah jenis batik yang dibuat secara manual menggunakan tangan dengan bantuan canting. Pembuatan batik tulis ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi karena setiap titik dalam motif akan sangat berpengaruh pada hasil akhirnya.

Motif yang dihasilkan dengan cara ini tidak akan sama persis dan kerumitan tersebut yang menyebabkan harga batik tulis sangat mahal. Tak heran jika batik tulis identik dengan para bangsawan, pembesar Keraton dan raja sebagai simbol kemewahan.

Batik Cap

Batik cap
Batik cap/Pinterest.com/Kaintradisional

Batik cap merupakan batik yang dibuat menggunakan cap atau semacam stempel motif batik yang terbuat dari tembaga. Cap tersebut digunakan untuk menggantikan fungsi canting sehingga bisa lebih mempersingkat waktu pembuatan. Harga batik cap lebih terjangkau dibandingkan dengan batik tulis karena bisa dibuat secara massal.

Batik cap juga sering disebut batik celup karena menggunakan alat yang sudah memiliki pola batik yaitu stempel dan cara pembuatannya dengan menyelupkan stempel tersebut ke dalam lilin kemudian diaplikasikan pada kain.

Batik Print

Batik print adalah salah satu jenis batik paling dominan. Selain harganya lebih murah dibanding jenis batik lainnya, batik print tidak akan tembus ke bagian serat kain karena hanya satu sisi saja yang diwarnai.

Proses pembuatan batik print sendiri dengan cara menyablon. Langkah awalnya adalah pola yang sudah ditentukan akan di-print di atas alat untuk menyablon sehingga cara ini tidak membutuhkan lilin seperti batik celup atau batik tulis.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id