sign up SIGN UP

3 Hal Paling Penting yang Wajib Disiapkan Saat Belajar ke Luar Negeri, Sudah Dilakukan?

Risma Oktaviani | Beautynesia
Rabu, 01 Dec 2021 06:15 WIB
3 Hal Paling Penting yang Wajib Disiapkan Saat Belajar ke Luar Negeri, Sudah Dilakukan?
caption

Belajar ke luar negeri adalah salah satu impian terbesar bagi hampir semua orang. Tak dapat dipungkiri, belajar ke luar negeri bisa menjadi suatu pengalaman besar dan mengesankan yang bisa kamu kenang seumur hidup.

Kamu bisa bertemu dan menjalin hubungan dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia dengan berbagai keragaman dan keunikannya, menghargai budaya lain, menjalani tantangan hidup di negara lain, dan mendapatkan perspektif lebih besar tentang dunia yang lebih luas. Setelah kamu berhasil diterima untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, terutama jika ini adalah pertama kalinya kamu akan tinggal di negara lain.

Lingkungan dan budaya yang berbeda, biaya hidup yang berbeda, sistem belajar yang juga berbeda, dan berbagai hal lainnya sangat patut untuk kamu pertimbangkan. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan dengan baik selain mandiri dan menguasai bahasa asing.

1. Menyiapkan Anggaran Keuangan

anggaran keuangan
anggaran keuangan / freepik.com / rawpixels

Hal pertama dan yang paling penting saat melakukan persiapan belajar di luar negeri adalah menyiapkan anggaran keuangan. Meskipun kamu mendapatkan beasiswa, kamu pasti akan mengeluarkan uang untuk kepentingan-kepentingan lainnya yang nggak tercover beasiswa itu sendiri. Selain biaya kuliah, pastikan kamu sudah memperkirakan dan menyiapkan anggaran atau biaya hidup selama kamu tinggal di negeri orang.

2. Menyiapkan Dokumen-dokumen Penting

paspor
paspor / freepik.com

Sebagai warga negara asing yang akan melanjutkan studi di luar negeri, kamu akan membutuhkan dokumen-dokumen asli dari negara untuk memenuhi berbagai persyaratan teknis. Dokumen yang harus kamu persiapkan di antaranya adalah passport, visa pelajar, bukti kesanggupan finansial, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Sebagai catatan, karena paspor dan visa pelajar nggak bisa didapatkan secara instan, sebaiknya kamu mengurus kedua dokumen ini segera setelah kamu memutuskan untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

3. Memiliki Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan
asuransi kesehatan / freepik.com / osaba

Nggak ada satupun orang yang luput dari ancaman penyakit kecelakaan yang nggak diduga. Amerika, Australia, Inggris, merupakan contoh beberapa negara yang mengharuskan pelajar internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. Yang harus kamu tahu bahwa perawatan medis di banyak negara itu nggak gratis.

Tanpa asuransi kesehatan yang memadai, kamu berisiko menghadapi tagihan besar jika kamu sakit atau mengalami kecelakaan. Kamu bisa memilih asuransi kesehatan yang direkomendasikan oleh universitas atau kamu juga bisa memilih penyedia asuransi sendiri, asalkan polis asuransi kesehatan yang dibeli sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak universitas.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id