4 Hal Menarik dalam Budaya Kerja di India, Kamu Sudah Tahu?
India memiliki budaya kerja yang merangkul keberagaman, juga sangat menghargai kebersamaan dan budaya. Inilah mengapa budaya kerja dan hubungan antara karyawan dengan sesama rekan atau atasan di perusahaan India begitu penuh kekerabatan tanpa mengesampingkan urusan profesionalitas.
Yuk intip seperti apa menariknya budaya kerja di India atau perusahaan milik orang India. Siapa tahu bisa jadi referensimu untuk mengenal budaya di tempat kerjamu.
1. Sangat Menghargai Pendidikan
Sangat menghargai pendidikan/Foto: Pexels/Magdalena Petrescu
Mengutip dari NN Road, prestasi akademis staf perusahaan sangat dihargai dan dianggap penting untuk kemajuan karier dan perlu untuk dihormati bagi profesional India. Pendidikan pun berfungsi sebagai batu loncatan yang signifikan dalam pasar kerja yang kompetitif di India.
Maka dari itu, mengejar pendidikan tinggi, memperoleh gelar, dan memperoleh sertifikasi khusus dipandang sebagai investasi penting dalam pengembangan profesional seseorang. Latar belakang pendidikan yang kuat tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seseorang, tetapi juga menandakan komitmen, ketekunan, dan dedikasi mereka terhadap bidang yang dipilihnya.
Para profesional India sering memprioritaskan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berkelanjutan untuk tetap unggul dalam karier mereka. Mereka secara aktif mencari peluang untuk memperoleh pengetahuan baru, menghadiri lokakarya, berpartisipasi dalam program pelatihan, dan mengejar gelar lanjutan atau sertifikasi profesional.
Pemberi kerja juga menghargai karyawan yang menunjukkan komitmen terhadap pendidikan berkelanjutan dan sering kali lebih cenderung memberikan peluang untuk tumbuh dan maju bagi mereka yang memiliki kualifikasi lebih tinggi.
Lebih jauh lagi, lembaga pendidikan memegang posisi yang dihormati dalam masyarakat India, dan reputasi mereka secara signifikan memengaruhi prospek seseorang di pasar kerja. Universitas dan perguruan tinggi bergengsi sering kali lebih disukai oleh para pemberi kerja, dan gelar dari lembaga-lembaga ini memiliki tingkat prestise dan kredibilitas tertentu. Mirip dengan di Indonesia, bukan?
Meskipun demikian, keterampilan dan pengalaman praktis bukanlah hal yang patut dikesampingkan. Kombinasi pengetahuan teoritis dan keahlian sangatlah dicari oleh rekruter dari calon karyawannya.
2. Hierarki
Hierarki/Foto: Pexels/RDNE
Di organisasi dan perusahaan di India, ada kecenderungan alami untuk mencari bimbingan dan pendapat dari karyawan senior. Keahlian dan kekayaan pengalaman mereka dihargai, dan nasihat mereka sering dicari ketika membuat keputusan penting atau menghadapi tantangan yang rumit.
Penghormatan terhadap orang yang lebih tua ini melampaui lingkungan profesional dan mencerminkan nilai-nilai budaya yang lebih luas, yakni rasa hormat dan penghormatan terhadap generasi yang lebih tua. Praktik memanggil karyawan senior dengan gelar kehormatan menandakan pengakuan atas senioritas dan keahlian mereka yang menduduki posisi yang lebih tinggi.
3. Menghargai Keberagaman Budaya
Keberagaman budaya/Foto: Pexels/A Darmel
Budaya kerja India diperkaya oleh multikulturalisme dan keberagamannya, yang mencerminkan beragamnya bahasa, agama, tradisi, dan praktik regional di negara tersebut. Keberagaman ini merupakan sumber kekuatan dan inovasi, yang berkontribusi pada lingkungan profesional yang dinamis dan inklusif.
India merupakan tempat peleburan berbagai budaya, dengan setiap wilayah menawarkan perspektif dan tradisinya yang unik. Hal ini juga terbukti oleh budaya kerja India yang memberikan kebutuhan ritual dan perayaan. Acara ini memberikan kesempatan karyawannya untuk semakin mempererat hubungan tim, menumbuhkan rasa kebersamaan, dan mempromosikan lingkungan kerja yang positif.
Di India, tempat kerja sering kali memperingati berbagai festival dan acara budaya sepanjang tahun. Festival seperti Diwali, Idul Fitri, Holi, Navratri, Natal, dan banyak lainnya dirayakan dengan sangat antusias. Selama perayaan ini, rekan kerja berkumpul untuk bertukar ucapan, berbagi manisan dan makanan lezat tradisional, dan berpartisipasi dalam kegiatan budaya.
Suasana semarak yang tercipta dari perayaan ini tidak hanya menghadirkan kegembiraan dan kegembiraan, tetapi juga memperkuat hubungan interpersonal dan membangun keakraban di antara rekan kerja.
Ritual juga memainkan peran penting dalam budaya kerja di India. Ritual dapat berupa doa pagi dan sesi meditasi hingga perayaan hari-hari baik. Ritual ini sering dilakukan secara kolektif, menumbuhkan rasa persatuan dan tujuan bersama di tempat kerja. Ritual ini memberi karyawan momen refleksi, inspirasi, dan hubungan spiritual, membantu menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.
4. Aturan Berpakaian
Aturan berpakaian/Foto: Pexels/ Manekaperera
Jangan kaget kalau mendapati orang-orang kantor di India tidak mengenakan pakaian formal melainkan semacam pakaian tradisional. Sebab, aturan berpakaian orang India relatif kasual.
Karyawan pria akan mengenakan celana panjang dan kemeja berkerah saat bekerja. Jaket dan dasi dapat ditambahkan bila diperlukan atau untuk manajer yang lebih senior.Â
Sementara itu, karyawati biasanya mengenakan salwar kameez yang berwarna-warni. Juga pada level manajemen, manajer perempuan kebanyakan mengenakan sari. Seperti itulah yang dilansir dari CareerProfessor.works.
Beauties yang punya ketertarikan di bidang budaya, berminat bekerja di India?
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Â