sign up SIGN UP

4 Kiat Mengatasi Planning Fallacy, Cocok Buat Kamu yang Suka Meremehkan Waktu Saat Menyelesaikan Pekerjaan!

Retno Wulandari | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 20:15 WIB
4 Kiat Mengatasi Planning Fallacy, Cocok Buat Kamu yang Suka Meremehkan Waktu Saat Menyelesaikan Pekerjaan!
Kiat mengatasi planning fallacy / Foto: Freepik @wayhomestudio

Planning fallacy adalah konsep yang diperkenalkan oleh psikolog dan ahli ekonomi, Daniel Kahneman dan rekannya yang bernama Amos Tversky pada tahun 1977. Konsep ini diartikan sebagai kecenderungan seseorang yang suka meremehkan waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menurut American Psychological Association, planning fallacy disebabkan oleh kebiasaan yang tidak pernah mau belajar dari masa lalu, sehingga mengulangi kesalahan yang sama. Jika kamu pernah mengalami kondisi satu ini, sebaiknya segera dihentikan, Beauties. Bagaimana caranya? Berikut empat kiat yang harus kamu coba!

1. Buat Deadline yang Realistis

Kiat mengatasi planning fallacy
Kiat mengatasi planning fallacy / Foto: Freepik @pressfoto

Kiat pertama kamu harus menentukan tugas prioritas dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Sebab, planning fallacy terjadi karena perkiraan waktu yang salah atau tidak sesuai dengan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Sebelum mengatur deadline, kamu harus memperhatikan tingkat kesulitan pekerjaan dan hal-hal lainnya. Dengan menentukan tenggat waktu yang realistis, kamu tidak akan merasa kewalahan dikejar deadline lagi, lho.

2. Membagi Tugas Besar Menjadi Tugas Kecil

Kiat mengatasi planning fallacy
Kiat mengatasi planning fallacy / Foto: Freepik @katemangostar

Tugas atau pekerjaan yang sifatnya besar otomatis kesulitannya lebih tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Selain itu, kemungkinan terjadinya kesalahan juga akan meningkat sehingga risiko terjadinya planning fallacy pun lebih besar.

Nah, untuk menghindari hal ini, kamu perlu membagi pekerjaan atau tugas besar tersebut menjadi tugas-tugas kecil. Caranya adalah dengan membuat to do list. Hal ini akan memudahkan kamu menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Membuat Rencana yang Spesifik

Kiat mengatasi planning fallacy
Kiat mengatasi planning fallacy / Foto: Freepik @dcstudio

Kiat mengatasi planning fallacy berikutnya adalah membuat perencanaan yang lebih spesifik. Dimulai dari penjadwalan dengan mencantumkan waktu yang jelas. Perkirakan waktu yang dibutuhkan sebaik mungkin agar pekerjaan tersebut selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

4. Menjauhi Sumber Distraksi

Kiat mengatasi planning fallacy
Kiat mengatasi planning fallacy / Foto: Freepik @wayhomestudio

Kiat yang terakhir adalah menjauhi sumber distraksi seperti notifikasi WhatsApp, email, atau sumber lainnya yang bisa mengganggu fokus kamu. Selain membuat pekerjaan kamu tidak kunjung selesai, sumber distraksi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan pekerjaan, lho.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id